PENYULUHAN PENERAPAN SELF MANAGEMENT DALAM MENGURANGI KECANDUAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA DI PKBM YABES MEDAN

Authors

  • A.  Mahendra Universitas Katolik Santo Thomas
  • Witya Shalini STIE Professional Manajemen College Indonesia
  • Tohap Parulian Universitas Medan Area
  • Bagus Pambudi Universitas Wahid Hasyim Semarang
  • Nur Wahida Yusuf Universitas Muhammadiyah Kupang
  • Edison Sagala Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28947

Keywords:

Self Management, Media Sosial, Feedback

Abstract

Program penyuluhan penerapan Self Management dalam mengurangi kecanduan Media Sosial pada Siswa di PKBM Yabes Medan dilaksanakan sebagai bentuk wujud tri dharma perguruan tinggi. Pengabdian dilaksanakan Di PKBM Yabes Medan pada tanggal 13 Mei 2024. Media Sosial sebagai internet yang memungkinkan pengguna menampilkan dirinya maupun berinteraksi, bekerjasama, berbagi, berkomunikasi dengan pengguna lain, dan membentuk ikatan sosial secara lebih mudah dan menyenangkan. Media sosial mengajak siapa saja yang tertarik untuk berpartisipasi dengan memberi kontribusi dan feedback secara terbuka, memberi komentar serta membagi informasi dalam waktu yang cepat dan tidak terbatas. Tujuan kegiatan penyuluhan yaitu agar siswa dapat menerapkan self management sebagai suatu strategi yang dapat digunakan individu untuk secara mandiri menyelesaikan masalahnya, menentukan secara mandiri solusi yang ingin mereka lakukan untuk menyelesaikan masalahnya. Metode workshop dilakukan dalam bentuk pelatihan dan pendampingan yang dimulai dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman terlebih dahulu mengenai bagaimana implementasi teknik self managemenet sehingga peserta dapat memahami bagaimana penerapannya dengan tepat. Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah mendapatkan respon yang positif serta peserta antusias dan sangat proaktif dalam implementasi teknik self management

References

Aprilia, Riski dkk. 2020. Tingkat Kecanduan Media Sosial Remaja. Jurnal JNC Vol 3.

Imran, Nur Azizah. 2020. Penerapan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kecanduan Media Sosial Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Sinjai. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Negeri Makassar.

Khoiratun, Alfiyana. 2014. Pengaruh Penggunaan Jejaring Sosial Facebook Terhadap Perilaku Siswa. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Jakarta : Simbiosa Rekatama Media.

Nurmala, Fadila Mulya; Zannah, Mu’minatul; Saepulrohim, Asep. 2021. Bimbingan Pribadi Sosial Melalui Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kecanduan Penggunaan Media Sosial Pada Siswa. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling dan Psikoterapi Islam Vol 9 (1).

Rofiana, Meta; Yarni, Linda; Rahmi, Alfi; Syam, Hidayani. 2023. Penerapan Strategi Self Management Melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Kecanduan Media Sosial Pada Siswa di MAN 4 Agam. Journal on Education Vol 5 (3).

Simanjuntak, Edriyani Yonlafado; Aryani, Novita.2023. Edukasi Self Management Penggunaan Gedget Pada Anak Sekolah. Journal Abdimas Mutiara Vol 4 (1)

Downloads

Published

2024-06-03

How to Cite

Mahendra, A., Shalini, W. ., Parulian, T. ., Pambudi, B. ., Yusuf, N. W. ., & Sagala, E. . (2024). PENYULUHAN PENERAPAN SELF MANAGEMENT DALAM MENGURANGI KECANDUAN MEDIA SOSIAL PADA SISWA DI PKBM YABES MEDAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4597–4601. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28947