PELATIHAN PENYUSUNAN BUKU BER-ISBN: KUNCI SUKSES KARIER DOSEN

Authors

  • Ulfani Ikhwana Purba Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia
  • Nofirman Nofirman Universitas Prof Dr Hazairin, SH,. Bengkulu
  • Akhmad Dahlan Universitas Amikom Yogyakarta
  • Budi Witjaksana Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Lendra Lendra Universitas Palangka Raya
  • Mekar Meilisa Amalia Universitas Dharmawangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28594

Keywords:

ISBN, Pelatihan Dosen, Publikasi Ilmiah

Abstract

Pelatihan Penyusunan Buku ber-ISBN: Kunci Sukses Karier Dosen dilaksanakan untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi dosen dalam menyusun dan menerbitkan buku ber-ISBN, yang penting untuk peningkatan karier akademik dan kontribusi ilmiah. Kegiatan ini diikuti oleh 28 peserta dari berbagai kalangan dan dilaksanakan melalui aplikasi Zoom pada 19 Februari 2024. Metode pelatihan meliputi sesi pembukaan, materi inti, praktik, dan diskusi interaktif. Hasilnya menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam menyusun naskah buku, serta kesadaran akan standar penulisan dan prosedur penerbitan. Evaluasi pasca-pelatihan menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan peserta dan kepercayaan diri untuk menerbitkan buku ber-ISBN. Pelatihan ini juga memperkuat jaringan antara dosen, membuka peluang kolaborasi, dan memberikan wawasan tentang tren penerbitan digital. Kesimpulannya, pelatihan ini efektif dalam membekali dosen dengan keterampilan praktis dan pengetahuan mendalam, yang penting untuk pengembangan karier dan kontribusi terhadap pendidikan tinggi di Indonesia.

References

Arifianto, T., Syafii, M., Febrian, W. D., Sani, I., Wajnah, W., & Nainggolan, H. (2024). PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH TERINDEKS SCOPUS BERBANTU APLIKASI MENDELEY. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 121–128.

Fatkhuri, F., & Nurdin, N. (2022). PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BEBAS PLAGIARISME UNTUK MAHASISWA FAKULTAS HUKUM UPN VETERAN JAKARTA. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 375–383.

Halim, A., Noor, L. S., Hita, I. P. A. D., Cahyo, A. D., Risdwiyanto, A., & Utomo, J. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bidang Pendidikan Jasmani. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1601–1606.

Karomah, B., & Rukmana, R. M. (2022). PELATIHAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME MAHASISWA DALAM MENYUSUN ARTIKEL ILMIAH DAN PUBLIKASI DI JURNAL NASIONAL TERAKREDITASI SINTA. Journal of Social Outreach, 1(2), 1–9.

Lian, Y. P., Amaral, M. A. L., Goetha, S., Watu, E. G. C., & Manafe, D. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dan Pemanfaatan Software Mendeley Pada Anggota PMKRI Kupang. Jurnal Abdimas PHB Vol, 5(4).

Ma’ruf, M. I., Astuty, S., Samsir, A., Basra, A., & Albi, M. F. (2019). Pelatihan penggunaan aplikasi Mendeley bagi mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pembangunan Indonesia (STIE-PI) Makassar dalam penulisan karya ilmiah. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 6.

Rahim, A., Malik, A., Hastuti, D. R. D., Syam, U., & Sabar, W. (2020). Pelatihan Teknik Penulisan Artikel Ilmiah Internasional Bereputasi dan Nasional Terakreditasi Mahasiswa Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Ruru, Y., Hutabarat, I. M., & Turua, U. (2019). Pelatihan Pengolahan Data Statistik dengan Menggunakan Aplikasi SPSS Bagi Guru-Guru SMP untuk Menunjang Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Pengabdian Papua, 3(3), 96–99.

Sitompul, P., Tarigan, M. I., & Tarigan, I. (2024). PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN DOSEN MELALUI PELATIHAN PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN DOSEN BERSAMA. KAIZEN: JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT, 44–54.

Sobri, A. Y., Juharyanto, J., Prestiadi, D., & Miftachul’Ilmi, A. (2023). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Sekolah Dasar Negeri. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 59–67.

Wahyuanto, E. (2024). Menakar Kinerja dan Profesi Dosen. Arta Media Nusantara.

Wahyuanto, E., Heriyanto, H., & Hastuti, S. (2024). Study of the Use of Augmented Reality Technology in Improving the Learning Experience in the Classroom. West Science Social and Humanities Studies, 2(05), 700–705.

Wahyuli, Y. H., Sari, D. N. F., & Haryani, D. (2022). Pelatihan Training Of Trainer (Tot) Penulisan Artikel Ilmiah Bereputasi Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Artikel Ilmiah Dosen. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1652–1658.

Wiryotinoyo, M., Budiyono, H., Akhyaruddin, A., Setyonegoro, A., & Priyanto, P. (2021). Optimalisasi Peningkatan Profesionalisme Guru Bahasa Indonesia Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah dan Tata Cara Publikasi di Open Jurnal

Downloads

Published

2024-05-23

How to Cite

Purba, U. I. ., Nofirman, N. ., Dahlan, A. ., Witjaksana, B. ., Lendra, L., & Amalia, M. M. . (2024). PELATIHAN PENYUSUNAN BUKU BER-ISBN: KUNCI SUKSES KARIER DOSEN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4452–4457. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28594