PENDAMPINGAN SEKOLAH INKLUSI: INTEGRASI INOVASI MODEL DESAIN UNIVERSAL DI SEKOLAH KABUPATEN MAGELANG

Authors

  • Astuty Astuty Universitas Tidar
  • Herpindo Herpindo Universitas Tidar
  • Farikah Farikah Universitas Tidar
  • Miftahula Rizkqin Nikmatullah Universitas Tidar
  • Rizal Muh Sofi Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28514

Keywords:

Sekolah Inklusi, Inovasi, Model Desain Universal

Abstract

Keragaman peserta didik di kelas inklusif merupakan keniscayaan. Keragaman dapat terjadi karena berbagai sebab, salah satunya keragaman karena siswa memiliki kebutuhan khusus. Pada konteks ini harus dilakukan proses adaptasi kurikulum agar dapat memenuhi keragaman peserta didik. Naskah ini menawarkan rujukan bagi guru dalam melakukan proses adaptasi kurikulum di kelas inklusif. Kerangka kerja adaptasi kurikulum didasarkan pada tiga prinsip pendidikan inklusif yaitu kehadiran, partisipasi dan prestasi. Ketiganya harus secara seimbang menjadi landasan kerja adaptasi kurikulum. Pelaksanaan adaptasi kurikulum dilakukan pada tiga dimensi yaitu kurikuler, instruksional dan lingkungan pembelajaran. Pada bagian akhir dijelaskan secara singkat strategi pengembangan rencana pembelajaran dari kurikulum yang diadaptasi dari integrasi model desain universal

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

Astuty, A., Herpindo, H., Farikah, F., Nikmatullah, M. R., & Sofi, R. M. (2024). PENDAMPINGAN SEKOLAH INKLUSI: INTEGRASI INOVASI MODEL DESAIN UNIVERSAL DI SEKOLAH KABUPATEN MAGELANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5276–5281. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28514