PENDAMPINGAN SEKOLAH INKLUSI: INTEGRASI INOVASI MODEL DESAIN UNIVERSAL DI SEKOLAH KABUPATEN MAGELANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28514Keywords:
Sekolah Inklusi, Inovasi, Model Desain UniversalAbstract
Keragaman peserta didik di kelas inklusif merupakan keniscayaan. Keragaman dapat terjadi karena berbagai sebab, salah satunya keragaman karena siswa memiliki kebutuhan khusus. Pada konteks ini harus dilakukan proses adaptasi kurikulum agar dapat memenuhi keragaman peserta didik. Naskah ini menawarkan rujukan bagi guru dalam melakukan proses adaptasi kurikulum di kelas inklusif. Kerangka kerja adaptasi kurikulum didasarkan pada tiga prinsip pendidikan inklusif yaitu kehadiran, partisipasi dan prestasi. Ketiganya harus secara seimbang menjadi landasan kerja adaptasi kurikulum. Pelaksanaan adaptasi kurikulum dilakukan pada tiga dimensi yaitu kurikuler, instruksional dan lingkungan pembelajaran. Pada bagian akhir dijelaskan secara singkat strategi pengembangan rencana pembelajaran dari kurikulum yang diadaptasi dari integrasi model desain universalDownloads
Published
2024-06-19
How to Cite
Astuty, A., Herpindo, H., Farikah, F., Nikmatullah, M. R., & Sofi, R. M. (2024). PENDAMPINGAN SEKOLAH INKLUSI: INTEGRASI INOVASI MODEL DESAIN UNIVERSAL DI SEKOLAH KABUPATEN MAGELANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5276–5281. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28514
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Astuty Astuty, Herpindo Herpindo, Farikah Farikah, Miftahula Rizkqin Nikmatullah, Rizal Muh Sofi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.