PENERAPAN PROGRAM LITERASI DAN NUMERASI KAMPUS MENGAJAR 5 DI SD NEGERI 1 TURPUK LIMBONG KABUPATEN SAMOSIR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28487Keywords:
Penerapan, Literasi, Numerasi, Pembelajaran, MediaAbstract
Kegiatan Pengabdian ini dilaksanakan di sekolah SD Negeri 1 Turpuk Limbong Kabupaten SAMOSIR Sumatera Utara dipimpin oleh Ibu Rosdiana Tamba, S.Pd dan sekolah tersebut memiliki 6 guru, dan 144 peserta didik.. Adapun kegiatan ini meliputi persiapan, pelaksanaan dan refleksi kegiatan sebagai evaluasi. (1) Perencanaan dilakukan dengan melakukan konfirmasi ke bagian LPPM Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar untuk mendapatkan surat penugasan dari pihak universitas yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidkan, (2) Kordinasi dan sosialisasi kepada pihak kepala sekolah SD Negeri 1 Turpuk Limbong Kabupaten SAMOSIR Sumatera Utara, (3) Mengadakan sosialisasi kegiatan pengabdian masyarakat dosen kepada pihak sekolah untuk mengundang stakeholders terkait, (4) Menyusun program kegiatan workshop pegembangan pembelajaran media bahasa inggris berbasis sistem informasi dan teknologi berdasarkan analisis situasi, kebutuhan dan media yang diperlukan disekolah, (5) Menyusun jadwal workshop yang sesuai dengan waktu dan tempat6.Pelaksanaan tindakan. Tujuan dari kegiatan Pengabdian ini adalah untuk melatih dan mengimplementasikan hasil dari kegiatan Kampus Mengajar angkatan 5 pada tahun 2023 yaitu pelatihan kegiatan literasi dan numerasi kepada guru-guru SD Negeri 1Turpuk Limbong kabupaten Samosir Sumatera Utara dalam menerapkan program literasi dan numerasi di kelas. Dari Observasi dilaksanakan secara langsung oleh mahasiswa yang melaksanakan Kampus Mengajar dibutuhkan sekolah meningkatkan literasi dan numerasi di sekolah baik dalam aspek pembelajaran, adaptasi teknologi, dan sebagainya. Sekolah yang menjadi sasaran tempat penugasan mahasiswa kampus mengajar adalah sekolah-sekolah yang berada di daerah 3T dengan akreditas B maupun C tetapi sekolah sasaran di kampus mengajar 5 ini hanya sebatas SD dan juga SMP. Pada penugasan kampus mengajar kali ini, mahasiswa berkesempatan untuk melakukan observasi di SDN 4 Singkam. Metode yang dilaksanakan dalam kegiatan pengabdian ini terdiri dari observasi, perencanaan, persiapan, tindakan, refleksi dan evaluasi terhadap workshop pengembangan pembelajaran media belajar. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yang dilaksanakan oleh dosen-dosen adalah bahwa guru-guru mampu menguasai teknoogi seta dapat mengaplikasikannya dalam penyampaian materi-materi pembelajara dikelas. Kemudian meningkatakan wawasan tenta pentingnya media pembelajaran yang berbasis sisteminformasi dan teknologi. Guru-guru mampu mendesain materi-materi, tugas peserta didik melalui media.References
Hutasoit,dkk Improving Students' Literacy and Numeracy Skills and Assisting Administrative Activities through The Kampus Mengajar Batch 3 Program at SD Negeri 071169 Ombolata Alasa ,Vol 9 No 1 (2022)
Hutauruk, et.al workshop pengembanganmediapembelajaran bahasa inggris berbasisinformasi dan teknologi di sma negeri 1 sidamanik, Vol.4,No.2Juni 2023,Hal.3967-3970P-ISSN 2721-4990| E-ISSN 2721-50083867
Hutauruk, et.al meningkatkan kemampuan siswa dengan metode ceramah dan tanya jawab di sd negeri 094099 sirube-rube, Vol 5, No 5 (2022)
Sahid. (2016). Pengembangan Media pembelajaran Berbasis ICT. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY, Yogyakarta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bertaria Sohnata Hutauruk
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.