SOSIALISASI PENGUATAN LITERASI NUMERASI MATEMATIKA MENGGUNAKAN DOMINO MATEMATIKA (DOMAT) DI RUMAH BACA RAMBUTAN

Authors

  • Abdul Latif Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Rosalia Rusline Simanjuntak Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Safnal Zeryo Sitepu Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Disna Anum Siregar Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Nurhafni Siregar Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Desniarti Desniarti Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28451

Keywords:

Literasi Numerasi, Domat, Anak-anak

Abstract

Berdasarkan hasil PISA 2018, kemampuan siswa Indonesia memperoleh skor di bawah rata-rata OECD dalam membaca, matematika dan sains. Berarti kemampuan membaca dan matematika siswa di Indonesia masih rendah. Sehingga diperlukan strategi penguatan literasi dan numerasi. Tujuan dari peneliti ini adalah mensosialisasikan penguatan literasi numerasi matematika menggunakan domino matematika (DOMAT), dengan media pembelajaran ini dapat menambah pemahaman dan pengetahuan bagi anak-anak belajar di Rumah Baca Rambutan menggunakan alat peraga.Pengumpulan data diperoleh melalui perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi. Analisis data pada penelitian ini memakai model Miles & Huberman. Terlihat dari responsif anak-anak  terlihat dari hari survey yang diberikan, 63% anak-anak setuju dan 37% sangat setuju bahwa isi materi sosialisasi menarik, 56% anak-anak setuju dan 44% sangat setuju dengan antusiasme anak-anak dalam mengikuti kegiatan, 33% anak-anak setuju dan 67% sangat setuju bahwa kegiatan sosialisasi bermanfaat bagi mereka, kemudian 41% responden setuju dan 59% sangat setuju dengan hubungan baik antara penyelenggara dan anak-anak.

References

Adyani, M. N., Andrea, N., Tsamarah, D. T., Putri, S. A., Ramdhani, A. N., Rahmawati, W., & Hidayaturahmah, R. (2024). Sosialisasi Pemanfaatan Pangan Lokal dalam Upaya Pencegahan Stunting di Desa Way Galih Kecamatan Lampung Selatan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(2), 301-306.

Apipatunnisa. I., Hamdu. G., Giyartini. R., (2022). Eksplorasi Kemampuan Literasi Dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar Dengan Pemodelan Rasch. Journal of Elementary Education. Vol. 05, No. 04.

Fatimah, A. T. (2021). Kartu Domino Matematika Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Sma/Smk.

Hendriani. M., Suryani. A. I., Parwines. Z., Apfani. S., Jannah. R., (2022). Pelatihan Mendesain Kelas Literasi Numerasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 6, No. 2.

Ulfah, U. (2023). Analisis Teori Taksonomi Bloom Pada Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen dan Pendidikan, 4(1), 13–22.

Kleden, M. A., Atti, A., & Lobo, M. (2021). Pembuatan Dan Pendampingan Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika Bagi Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 10-19.

Marian, F., & Yansyah, M. (2021). Pengaruh penerapan permainan domino terhadap hasil belajar matematika anak - anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 14-23.

Mardhiah, A., & Akbar, S. A. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kimia Anak - anak SMA Negeri 16 Banda Aceh. Lantanida Journal, 6(1).

Nasrullah., Ainol., Waluyo. E., (2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas Vii Dalam Menyelesaikan Soal Akm (Asesmen Kompetensi Minimum) Kelas. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics). Vol. 7, No.1. URL: http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th

Natsir. S. R., Manaf. A., (2023). Penguatan Numerasi dalam Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Siswa Sekolah Dasar di Era Digital. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan). Vol. 6, No. 2. http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id

Nurhayati., Asrin., Dewi. N. Kemala., ( 2022). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa Kelas Tinggi dalam Penyelesaian Soal Pada Materi Geometri di SDN 1 Teniga. Jurnal llmiah Profesi Pendidikan. Vol. 7, No. 2b.

Rahmawati, D., & Ariani, T. (2019). Efektivitas Pembelajaran Matematika Menggunakan Media Kartu Domino Matematika (DOMIKA) pada Materi Bilangan Bulat. Jurnal Didaktika Matematika, 6(1), 20-29.

Setiawan, Y. U., Yandari, I. A. V., & Pamungkas, A. S. (2020). Pengembangan Kartu Domino Pecahan Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Kelas Iv Sekolah Dasar. Primary : Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 12(1), 1.

Sugiarto, S. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Opersai Bilangan Bulat Melalui Media Domino Matematika (Domika) Pada Anak - anak Kelas Vii.1 Smp Negeri 17 Batanghari. Journal Education of Batanghari, 4(1), 001-011.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kuantitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2024-05-18

How to Cite

Latif, A. ., Simanjuntak, R. R. ., Sitepu, S. Z. ., Siregar, D. A. ., Siregar, N. ., & Desniarti, D. (2024). SOSIALISASI PENGUATAN LITERASI NUMERASI MATEMATIKA MENGGUNAKAN DOMINO MATEMATIKA (DOMAT) DI RUMAH BACA RAMBUTAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4269–4278. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28451