SOSIALISASI GERAKAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) BAGI CALON GURU MI/SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.28289Keywords:
Pendidikan Karakter, Guru SD, SosialisasiAbstract
Berdasakan permasalahan yang banyak dijumpai dilapangan pada dunia pendidikan, bahwa kurangnya keteladanan karakter guru kepada siswa, masih rendahnya pemaahaman guru tentang pendidikan karakter, serta kurangnya implementasi pendidikan karakter dikarenakan guru masih belum memahami pentingnya pendidikan karakter. Hal tersebut mendorong Tim PKM dosen PGMI melakukan sosialisasi dengan tujuan untuk memberikan pengetahuan kepada calon guru, bahwa pentingnya penanaman karakter pada peserta didik. Sehingga calon guru memiliki kesiapan dalam mengimplementasi gerakan penguatan pendidikan karakter (PPK) pada peserta didiknya. Karena guru adalah sauri tauladan yang akan di tiru semua tindak dan tanduknya oleh peserta didiknya. PKM ini dilakakukan pada mahasiswa PGMI semester II. IV dan VI Universitas Muhammadiya Sumatera Barat. Metodologi yang digunakan untuk pengebdian ini adalah dalam bentuk sosialisasi dan focus grup discussion. Hasil kegiatan ini tergambar dari hasil pengisian angket terlihat bahwa mahasiswa PGMI dinyatakan memahami penguatan pendidikan karakter bagi calon guru MI/SDReferences
Aisyah M, A. (2018). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasinya. Kencana.
Al Kadri, H., & Widiawati, W. (2020). Strategic Planning in Developing the Quality of Educators and Education Personnel. Indonesian Research Journal in Education |IRJE|, 4(2), 324–346. https://doi.org/10.22437/irje.v4i2.9410
Doni Koesoema. (2010). Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman. Global.Jakarta: Grasindo
Fitria Wulandari, Rugaya Meis Andhiarini. 2018. Pkm Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Kecamatan Tulangan Sidoarjo. urnal ABDINUS vol 2 no 1 halaman 40-50 http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/PPM
Hidayatullah, M. Furqon. 2010. Pendidikan Karakter; Membangun Peradapan Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka
Istianah, A., Mazid, S., Hakim, S., & Susanti, R. P. (2021). “Integrasi Nilai-Nilai Pancasila untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila di Lingkungan Kampus.” Jurnal Politik, Hukum, Sosial Budaya Dan Pendidikan, 19(1), 59–68.
Karmedi, M. I., Firman, F., & Rusdinal, R. (2021). Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah Selama Pandemi Covid-19. Journal of Education Research, 2(1), 44–46. https://doi.org/10.37985/jer.v2i1.45
Khan Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publishing.
Khusniati, M. (2012). Jurnal Pendidikan IPA Indonesia PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN IPA. JPII. https://doi.org/10.15294/jpii.v1i1.2
Masnur Muslih. 2011. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara
Muslih, Mansur. 2011. Pendidikan Karakter Menjamin Tantangan Krisis. Multidimensional. Jakarta : Bumi Aksara
Nugraha, D. W. P., Firman, & Rusdinal. (2021). Pembentukan Karakter Siswa Dalam pembelajaran Sejarah Melalui Nilai Kearifan Lokal Tradisi Kenduri SKO Kabupaten Kerinci. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 92–94
Nuri Ramadhan. (2017). Tugas, peran kompetensi dan tanggungjawab menjadi guru profesional. Http://Semnasfis.Unimed.Ac.Id.
Sulastri Sulastri, Syahril Syahril, Nelfia Adi, Ermita Ermita. 2022. Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru Di Sekolah Dasar. JRTI(Jurnal Riset Tindakan Indonesia). Vol.7, No.3, 2022, pp. 413-420 DOI: https://doi.org/10.29210/30032075000
Wulandari, F., & Andhiarini, R. M. (2018). Pkm Pemberdayaan Guru Sekolah Dasar dalam Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Di Kecamatan Tulangan Sidoarjo. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 2(1), 40. https://doi.org/10.29407/ja.v2i1.11
Syofyan Harlinda , Ratnawati Susanto , Ritta Setiyati , Vebryanti. 2020. PKM Pemberdayaan Kompetensi Sosial dan Kepribadian Guru dalam Penguatan Pendidikan Karakter Siswa. IKRAITH-ABDIMAS Vol 3 No 3 Bulan November 2020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ridania Ekawati, Dini Susanti, Lili Rahmayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.