SARASEHAN DALAM RANGKA PEMBENTUKAN PUSAT INFORMASI DAN KONSELING REMAJA (PIK R)
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.28158Keywords:
Sarasehan; Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R); Kesehatan Reproduksi RemajaAbstract
Remaja memerlukan informasi yang tepat dalam mengatasi perilaku remaja yang berkaitan dengan resiko TRIAD KRR yaitu seksualitas, HIV/AIDS, dan NAPZA. Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK R) menjadi salah satu solusi bagi remaja untuk mengatasi permasalahan kesehatan reproduksi remaja. Sarasehan mengenai PIK R penting dilakukan sebagai langkah awal memperkenalkan PIK R kepada Remaja. Tujuan : Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat adalah mengedukasi remaja untuk meningkatkan pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi remaja dan mengenalkan PIK R kepada remaja di wilayah RW 09. Metode : Pengabdian melalui tahap perizinan dan tahap pelaksanaan. Hasil : Pengabdian masyarakat ini mendapatkan ada peningkatan pengetahuan peserta mengenai kesehatan reproduksi remaja pada kategori pengetahuan baik yaitu dari 12,1 % meningkat menjadi 15,2 % dan semua peserta mengikuti sarasehan tentang PIK R dengan antusias. Kesimpulan : Kegiatan sarasehan PIK KRR diikuti dengan sangat antusias oleh remaja dan didukung sepenuhnya oleh pimpinan wilayah di RW 09 Kelurahan Kelapa Dua Wetan Kecamatan Ciracas. Ada peningkatan pengetahuan dan wawasan mengenai Kesehatan Reproduksi Remaja setelah remaja mengikuti kegiatan sarasehan.References
Anjani, A. D., & Triana, B. (2021). Sikap Remaja dengan Pemanfaatan PIK-R Pada Remaja. Jurnal Kebidanan Malahayati, 7(2), 340–346.
BKKBN. (2012). Pedoman Pengelolaan Pusat Informasi dan Konseling Remaja dan Mahasiswa (PIK Remaja/Mahasiswa). Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.
Budiyono, A., & Faishol, L. (2020). Peran Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK R) dalam meningkatkan Kemampuan Kontrol Diri Perilaku Menyimpang Remaja. Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Coution Journal, 1(2).
Dewi, U., Aini, N., & Jayanti, V. (2022). Kumpulan Artikel Pengabdian kepada Masyarakat. Penerbit Mitra Cendekia Media.
Kusumaningrum, T., Yarnita, Y., Chairil, Isnaniar, Widiyanto, J., Maswarni, Gasril, P., & Norlita, W. (2018). Peningkatan Kualitas Kespro Remaja Melalui Sosialisasi PIK-R Di Sekolah Madrasah Aliyah Muhammadiyah Pekan Baru. Jurnal Pengabdian Untuk Mu NegeRI, 2(2), 73–76.
Longgupa, L. W., Nurfatimah, Kasmawati, Nadia, F., & Ramadhan, K. (2021). Inisiasi Pembentukan Pusat Informasi Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 5(6), 3612–3621.
Mayyasya, T., Akbar, N. S., & Safitri, J. (2018). Pengungkapan Diri Remaja Pelaku Aborsi. Jurnal Kognisia, 1(2).
Nurochim. (2021). Analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-Remaja). Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 9(1), 11–16.
SDKI. (2018). Laporan Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2017. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional.
Sihite, P. J., Nugroho, D., & Dharmawan, Y. (2017). Pengaruh Edukasi Kesehatan Reproduksi Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Triad KRR (Seksualitas, HIV/AIDS, dan NAPZA) Di SMK Swadaya Kota Semarang Tri Wulan II Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(4), 237–246.
Wibowo, Marsiana, Hastuti, S. K. W., Gustina, & Erni. (2019). Inisiasi PIK R di Desa Argorejo Kecamatan Sedayu Kabupaten Bantul Yogyakarta. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Nadirahilah Nadirahilah, Farahul Jannah, Ella Agustin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.