PEMANFAATAN MEDIA LAGU BAHASA INGGRIS DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN VOCABULARY

Authors

  • Yulia Wiji Astika Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo
  • Nanang Al- Hidayat Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo
  • Siti Rahmiati Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo
  • Teta Wismar Institut Administrasi dan Kesehatan Setih Setio Muara Bungo

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28100

Keywords:

Pemanfaatan, Media, Vocabulary

Abstract

Pembelajaran Bahasa Inggris ditingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sama dengan konsep pembelajaran Bahasa Inggris dalam bidang apapun. Yang membedakan yaitu karakteristik dari siswa nya sehingga diperlukan metode pembelajaran yang menarik, interaktif, dan menyenangkan sehingga tercipta suasana kelas yang aktif dan kondusif. Berdasarkan Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Maka untuk itu diperlukan metode belajar yang menarik dari seorang guru guna menciptakan komunikasi antara siswa dan guru yang baik. Metode pengabdian ini berupa a) Sosialisai yang bertujuan meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, b) proses pembelajaran dengan memanfaatkan lagu untuk meningkatkan penguasaan kosa kata Bahasa Inggris. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam pengabdian ini menggunakan beberapa instrumen seperti obsevasi, proses belajar mengajar, penugasan, dan pelaksanaan tes, serta dokumentasi kegiatan. Target sasaran yaitu siswa kelas XI jurusan Administrasi. Pengabdian Masyarakat dengan judul Pemanfaatan Media Lagu Bahasa Inggris dalam Peningkatan Penguasaan Vocabulary Siswa di SMK N 3 Bungo berjalan dengan baik. Hal ini terlihat dari hasil kemampuan siswa dalam penugasan kelompok yang mana motivasi belajar sudah meningkat dan proses belajar pun semakin baik ditunjukkan dengan nilai penugasan yang mengalami kemajuan. Keaktifan siswa juga meningkat, hal ini ditumjukkan dengan partisipasi siswa dalam belajar yang tidak lagi merasa ketakutan dalam proses belajar mengajar. Mereka juga mampu menyanyikan lagu Bahasa Inggris dengan pelafalan yang baik serta menguasai kosakata yang ada dalam lirik lagu tersebut sehingga suasana kelas lebih hidup.

References

Brewster,J., Ellis, G., Girard,,D. 2002. The Primary English Teacher’s Guide. England: Penguin English.

Fauziati, Endang. 2010. Teaching English as a Forign Lnguang. Surakarta: Era Pustaka Utama.

Iskandarwassit, 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda Karya.

Langenscheidt. 2009. Langenscheidt Power Worterbuch. Wurzburg: Sturtz GmbH.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Downloads

Published

2024-06-11

How to Cite

Astika, Y. W. ., Hidayat, N. A.-., Rahmiati , S. ., & Wismar, T. . (2024). PEMANFAATAN MEDIA LAGU BAHASA INGGRIS DALAM PENINGKATAN PENGUASAAN VOCABULARY. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4920–4923. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28100