WORKSHOP PENINGKATAN KUALITAS KERJA DAN PENGGUNAAN BAHASA PADA KOMITE SEKOLAH DALAM PROGRAM SMK PUSAT KEUNGGULAN LANJUTAN

Authors

  • Udur Delima Sibatuara Universitas Widya Dharma Pontianak
  • Deasy Rinayanti Pelealu Universitas Widya Dharma Pontianak
  • Vitha Ama Matuate Universitas Widya Dharma Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28079

Keywords:

Kualitas Kerja, SMK, Pusat Keunggulan

Abstract

Pendidikan vokasional di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki peran yang sangat penting dalam persiapan siswa untuk memasuki dunia kerja. Workshop berfokus pada Peningkatan Kualitas Kerja dan Penggunaan Bahasa  pada Komite Sekolah dalam Program SMK Pusat Keunggulan Lanjuta di SMK Santa Maria Jl. KS Tubun No.3 Pontianak. Untuk itu, metode yang digunakan dalam workshhop ini  adalah persentasi, diskusi dan tanya jawab.  Hasilnya antusiasme yang luar biasa dari para peserta komite sekolah saling berinteraksi dengan Tim pengabdian dan para penggajar yang terjun langsung dalam pembinaan dan pengarahan terhadap para siswa vokasi untuk mendapatkan masukan dalam menggali dan mengembangkan potensi yang siswa menjadi lebih baik lagi ke depannya mengingat saat ini sudah memasuki era revolusi industri 4.0, di mana sudah saatnya untuk berani bersaing agar tidak tertinggal mengikuti perkembangan zaman, yang menuntut ilmu pengetahuan dan wawasan yang tinggi sehingga bila tidak dipersiapkan maka akan menjadi kalah bersaing dan tertinggal dengan SDM lainnya.

References

Azizah, Murniati, Khoiruddin. 2015. Strategi Kerjasama Sekolah Dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI) dalam Meningkatkan Kompetensi Lulusan Pada SMK Negeri 3 Banda Aceh.Jurnal Administrasi Pendidikan, 3 (2): 149.

Dewi & Ulfatin, N. 2014. Strategi Pemasaran Lulusan SMK untuk Mempercepat Penyerapan Tenaga Kerja, (Online), ( http://ap.fip.um.ac.id/wpcontent/uploads/2015/05/volume-24-no.-426-31.pdf), diakses 4 Mei 2024.

Djojonegoro, W. 1998. Pengembangan Sumber Daya Manusia: Melalui Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: PT Balai Pustaka.

Gunawan, I., & Benty, D. N. N. 2007.Musyawarah Guru Mata Pelajaran dan Kemampuan Mengelola Kelas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.Jurnal Administrasi Pendidikan, 20 (1): 24.

Minarti, S. 2012. Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Mulyono, 2010. Manajemen Administrasi & Organisasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Rachmawati, I.K., 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi Offset.

Downloads

Published

2024-06-06

How to Cite

Sibatuara, U. D., Pelealu, D. R. ., & Matuate, V. A. . (2024). WORKSHOP PENINGKATAN KUALITAS KERJA DAN PENGGUNAAN BAHASA PADA KOMITE SEKOLAH DALAM PROGRAM SMK PUSAT KEUNGGULAN LANJUTAN . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4671–4677. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.28079