PELATIHAN DIGITAL MARKETING DAN INOVASI RESEP SAMBEL GEPREK KEPADA PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SAMBAL MAMAH DI DESA POCANGAN

Authors

  • Syarif Hidayatullah Universitas Muhammadiyah Jember
  • Mochamad Alfan Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.27998

Keywords:

Sambal Mamah, Digital Marketing, Sambal Geprek

Abstract

Digital marketing memiliki keunggulan dalam hal pengukuran yang lebih baik, targeting yang lebih tepat, dan interaksi yang lebih langsung dengan audiens. Ini juga memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan strategi pemasaran mereka secara real-time berdasarkan data dan respons yang diperoleh dari kampanye digital mereka.Inovasi resep memiliki berbagai kegunaan dan manfaat yang dapat memengaruhi berbagai aspek kehidupan, terutama di bidang kuliner dan makanan. Salah satunya adalah untuk meningkatan rasa dan kreativitas produk: Inovasi resep dapat menghasilkan kombinasi rasa dan tekstur yang baru dan menarik, menciptakan pengalaman kuliner yang lebih kaya dan memuaskan. Ini memberikan kesempatan bagi koki dan pecinta masakan untuk mengeksplorasi kreativitas mereka dalam menciptakan hidangan yang unik. Sambal adalah saus berbahan dasar cabai yang dihancurkan sampai keluar kandungan airnya sehingga muncul rasa pedas. Setelah ditambah bumbu, rasa pedas itu akan menjadi penggugah selera makan yang nikmat. Ada bermacam-macam variasi sambal. Setiap variasi menuntut bahan dan bumbu yang beragam. Sambal merupakan bagian dari kehidupan dalam budaya makan bangsa Indonesia. Hal ini disebabkan karena sambal berperan sebagai penambah dan perangsang selera makan, sehingga mutlak untuk beberapa hidangan selalu didampingi dengan sambal yang sesuai. Dalam kegiatan ini kami melakukan pelatihan Digital marketing dan Inovasi resep baru yaitu Resep Sambal Geprek untuk meningkatkan omset dan menambahkan varian rasa agar konsumen lebih tertarik.

References

Belfo, F., & Trigo, A. (2013). Accounting Information Systems : Tradition and Future Directions. International Conference on Health and Social Care Information Systems and Technologies (pp. 536 – 546). Procedia.

Dennis, A. d. (2013). Systems Analysis and Design with UML, Edisi 4. New York: John Wiley and Sons.

Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Jember. (2017). Perubahan Rencana Strategis Tahun 2016-2021. Jember: Pemerintah Kabupaten Jember.

Hall, J. A. (2009). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Indonesia, I. A. (2009). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Kieso, K. W. (2011). Financial Accounting IFRS Edition. John Wiley & Sons, Inc.

Lin, C. Y.-Y. (1998). Success Factors of Small- and Medium-Sized Enterprises in Taiwan An Analysis of Cases. Journal of Small Business Management, XXXVI, 43-56.

Lubis, T. A., & Junaidi. (2016). Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Jambi. Jurnal Perspektif Pembiayaan dan Pembangunan Daerah, 163-174.

Nurfriani, V., Paramu, H., & Utami, E. S. (2014). Analisis Kinerja Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Dengan dan Tanpa Pinjaman Di Kabupaten Jember. Jember, Jawa Timur, Indonesia.

Pressman, R. (2010). Software Engineering: A Practitioner's Approach. New York: McGraw-Hill.

Shagari, S. L., Abdullah, A., & Saat, R. M. (2017). Accounting Information Systems Effectiveness : Evidence From The Nigerian Banking Sector. Interdisciplinary Journal of Information, Knowledge, and Management, 309-335.

Downloads

Published

2024-05-08

How to Cite

Hidayatullah, S. ., & Alfan, M. . (2024). PELATIHAN DIGITAL MARKETING DAN INOVASI RESEP SAMBEL GEPREK KEPADA PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) SAMBAL MAMAH DI DESA POCANGAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 4073–4077. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.27998