PELATIHAN MEMBUAT MEDIA FLASH CARD UNTUK MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK DI TK SANTA YOHANA ANTIDA 2
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2798Keywords:
Media flash card, Perkembangan kognitif, PelatihanAbstract
Anak usia dini mengalami perkembangan kognitif yang signifikan apabila diberikan media pembelajaran yang menarik di kelas. Salah satu media pembelajaran adalah media flash card yaitu kartu yang berulang kali ditunjukkan pada anak disertai bunyi bacaannya. Bila anak sudah bisa membaca satu set kartu kata maka dilanjutkan dengan satu set lain dengan ukuran yang lebih kecil, demikian seterusnya hingga anak dapat memahami huruf normal.Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertolak dari permasalahan bahwa guru TK mengalami kendala dalam membuat media yang sebenarnya mudah didapat ketika melakukan pembelajaran di sekolah. Tujuan pengabdian masyarakat  adalah untuk mengembangkan kognitif anak di TK Santa Yohana Antida 2 Sintang melalui pelatihan membuat media flash card.Kegiatan pengabdian kepada masyarakat menggunakan metode ceramah, tanyajawab dan demonstrasi dengan bentuk pelatihan. Hasil pengabdian masyarakat yaitu guru memahami manfaat, fungsi dan pentingnya media flash card, guru dapat membuat media flash card untuk mengembangkan kognitif anak dan guru memahami bahwa penggunaan flash card untuk mengembangkan kognitif anak harus sesuai dengan tema pembelajaran dan tahap tumbuh kembang anak.References
Indriana, Dina. (2011).Ragam Alat Bantu Media Pengajaran.Yogyakarta: Diva Press
Menteri Pendidikan Nasional.(2010). Pedoman Pengembangan Program Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.
Pusat Kurikulum dan Balitbang Pendidikan Nasional tahun 1999
Sujiono, Y.N (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Cetakan ke-7.Jakarta : Indek
Susanto, Ahmad. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.
Suyanto, S. (2003).Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Yogyakarta : UNJ