SOSIALISASI, PELATIHAN PEMBUATAN DAN PENGGUNAAN KIP KULIAH DI DESA AIR ANYIR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2778Keywords:
Sosialisasi dan Pelatihan, KIP Kuliah, Desa Air AnyirAbstract
Beasiswa merupakan bantuan subsidi yang diberikan pemerintah kepada  warga negara Indonesia yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi , baik pada Universitas Negeri Maupun Swasta, dengan syarat keadaan ekonomi orang tuanya lemah atau tidak mampu menyekolahkan anaknya. Pemerintah Indonesia mengeluarkan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) sejak tahun 2020 sebagai salah satu bentuk bantuan pendidikan yang diberikan kepada lulusan SMA, SMK atau sederajat. Desa Air Anyir merupakan salah satu desa yang berada di kecamatan merawang, kabupaten Bangka. Kurangnya motivasi untuk kuliah dan mahalnya biaya pendidikan merupakan salah satu factor yang menghambat masyarakat untuk menyekolahkan anak anaknya ketingkat pendidikan yang lebih tinggi, serta minimnya informasi dan ketidaktahuan informasi masyarakat tentang adanya bantuan biaya pendiidkan berupa beasiswa yang disediakan oleh pemerintah. . Berdasarkan permasalahn permasalahn tersebut, maka penulis melakukan Pengabdian Masyarakat di Desa Air Anyir, tentang sosialiasi dan pelatihan  pembuatan serta penggunaan KIP Kuliah. Metode yang digunakan penulis yaitu sosialisai,(penyuluhan) memberikan informasi tentang KIP kuliah, Pelatihan dilakukan dengan cara ceramah,tanya jawab ,praktek langsung. Tujuan dilakukannya pengabdian masyarakat ini, memberikan informasi, pengetahuan dan pemahaman tentang KIP kuliah kepada masyarakat di Desa Air Anyir. Dari hasil sosialiasasi dan pelatihan ini, hampir semua peserta memahami tentang KIP kuiah, peserta yang sudah peserta yang sudah berhasil membuat akun, mengupload file, sampai tahap akhir ada sekitar 35% yang sudah berhasil untuk membuat akun KIP nya ada sekitar 40%References
Amalia, V., Yanto, R., & Hamidani, S. (2020). Komparasi Metode SAW dan SMART Penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP). Jurnal Teknologi Informasi Mura, 12(01), 90–98. http://jurnal.univbinainsan.ac.id/index.php/jti/article/view/848
Dimmera, B. G., & Purnasari, P. D. (2018). Permasalahan Dan Solusi Program Indonesia Pintar Dalam. SEBATIK, 307–314. https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/1137
Kemendikbud. (2021). Pedoman Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K). In Puslapdik (Vol. 1, Issue 1). https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/uploads/BsImnu09yFOxop5dfJAwkaRleMTUqP_tgl20200412205459.pdf
Laia, A. (2021). Mekanisme Dan Persyaratan Beasiswa Daerah. Jurnal Abdimas Mutiara, 2(1), 226–236.
Nawawi, H. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia untuk bisnis yang kompetitif (delapan). Gadjah Mada University Press.
Republik, & Indonesia. (2003). : Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidika Nasional. Peraturan BPK. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
Rorlen, R., Tjokrosaputro, M., & Henny, H. (2021). Motivasi Untuk Meningkatkan Minat Kuliah Bagi Siswa Sma Binaan Asak Sathora Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 4(1), 182–191.
Sari, L. I., Probonegoro, W. A., Supardi, S., & Romadiana, P. (2021). Peningkatan Kualitas SDM Melalui Pelatihan Penggunaan Teknologi Informasi di Desa Air Anyir. JURNAL ABDIDAS, 2(3), 597–602. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i3.322