PENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISIS DATA MENGGUNAKAN SPSS UNTUK MAHASISWA CILACAP

Authors

  • Eka Susilowati Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Riski Aspriyani Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27589

Keywords:

SPSS, Olah Data, Workshop, Mahasiswa, Penelitian

Abstract

Salah satu aplikasi yang sangat berguna untuk mengolah data penelitian adalah SPSS. Namun mahasiswa masih banyak yang belum memiliki kemampuan dalam mengolah data yang diperoleh menggunakan SPSS. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menjalankan program SPSS dalam menganalisis data secara tepat yaitu meliputi pemahaman mengidentifikasi variable, memilih uji statistic dan mengintepretasikan hasil yang diperoleh dalam SPSS. Metode pelatihan yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah metode ceramah, tanya jawab dan simulasi/praktek. Ketercapaian tujuan kegiatan PkM sudah baik, hal ini dapat diihat dari pemahaman peserta mengenai kesesuaian alat statistik dengan permasalahan penelitian dengan persentase ketercapaiannya lebih dari 60%, dan kemampuan peserta menganalisis data dilihat hasil latihan yang diberikan oleh pelaksana kegiatan tergolong kategori cukup baik. Peserta antusias dengan kegiatan yang ditunjukkan dengan keaktifan peserta dalam proses kegiatan dan keinginan peserta untuk diadakan pelatihan/workshop SPSS ini secara periodik dan lebih lanjut lagi. Pelatihan ini membuat mahasiswa merasa terbantu.

References

Liana D, Devianti R, Masriani M, Mardiah M, Munawaroh F, Napratilora M, et al. Pelatihan Pengolahan Data Statistik Menggunakan SPSS untuk Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa. ABDIMASY J Pengabdi dan Pemberdaya Masy. 2022;3(2):81–7.

Pakpahan E, Manalu SPR, Lubis H, Harun E. Pelatihan Pengolahan Data Dengan Spss Bagi Dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Tjut Nyak Dihen. J Pengabdi Masy Tjut Nyak Dhien. 2022;1(2):14–20.

Rusmayadi G, Waoma S, Malasari CA, Syah SP, Sappaile BI, Marpaung P. Pelatihan Penggunaan Aplikasi Spss Dalam Pengolahan Data Penelitian. Community Dev J. 2023;4(2):3242–8.

Fauziah F, Karhab RS. Pelatihan Pengolahan Data Menggunakan Aplikasi SPSS Pada Mahasiswa. J Pesut Pengabdi Untuk Kesejaht Umat. 2019;1(2):129–36.

Downloads

Published

2024-04-29

How to Cite

Susilowati, E., & Aspriyani, R. . (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN ANALISIS DATA MENGGUNAKAN SPSS UNTUK MAHASISWA CILACAP. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 4010–4014. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27589