INOVASI PRODUK PUPUK DOMBA UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI DI MT FARM DESA TEGAL WARU FARM LAND

Authors

  • Bayu Purnama Putra IAI Sahid
  • Azizah Mursyidah IAI Sahid

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27392

Keywords:

Pupuk Domba, Inovasi, Ekonomi

Abstract

Pertanian masih menjadi pemeran utama sebagai penyedia bahan pangan, bahan baku industri, dan penghasil devisa. Penggunaan pupuk kimia yang dilakukan secara terus menerus berdampak pada menurunnya kualitas tanah dan daya dukung lahan pertanian.Saat ini dibutuhkan sebuah gerakan inovasi dan edukasi kepada masyarakat petani akan pentingnya menjaga kualitas tanah dengan pemberian bahan organik untuk mengembalikan kesuburan tanah. Salah satu alternatif yang dapat diaplikasikan adalah Inovasi Pupuk Domba: Penelitian tersebut bertujuan untuk mengembangkan inovasi dalam produk pupuk domba di MT Farm untuk meningkatkan ekonomi di Desa Tegal Waru Farm Land.  Metode yang digunakan  adalah metode  Observasi lapangan yang dilakukan sebelum melakukan kegiatan pengabdian masyarakat, tujuannya untuk mengetahui permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat. kegiatan ini melibatkan peternak dan mitra MT Farm Ciampea Bogor, Tahapan pelaksanaan meliputi: sosialisasi, praktek dan evaluasi:  Hasil dari  pembahasan ini adalah bahwasanya Inovasi produk pupuk domba dapat digunakan sebagai alternatif dari penggunaan pupuk kimia diharapkan mampu menghemat biaya produksi usaha tani sekaligus mengedukasi petani tentang pentingnya menjaga produktifitas lahan. Kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk demonstrasi dan pendampingan langsung kepada kelompok tani mulai dari proses penyiapan, pembuatan pupuk, proses pembuatan pupuk sampai menjadi pupuk domba yang dapat digunakan. Diharapkan pupuk domba ini dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik pada lahan pertanian atau dapat dijadikan sebagai produk komersil.

References

Arief, F., Yahya, S., & Suwarto. Pengaruh Pupuk Anorganik dan Organik terhadap Pertumbuhan, Produksi, dan Kualitas Umbi serta Ketahanan terhadap Hama pada Bawang Merah., Jurnal Agronomi Indonesia, 9(1). Institut Pertanian Bogor. 2021.

Maryam, A., et al. . Pengaruh Jenis Pupuk Organik terhadap Pertumbuhan dan Hasil Panen Tanaman Sayuran di dalam Nethouse. Bul. Agrohorti, . Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor, 2015, Vol.3(2): Hal: 263–275

Mayasari, N., et al. Sosialisasi strategi peningkatan produktivitas domba garut melalui penerapan animal welfare. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, Tahun2023, Vol, 12(1): Hal 104-107.

Rusdiana & Praharani, L. (2015). Peningkatan usaha ternak domba melalui diversifikasi tanaman pangan: Ekonomi pendapatan petani. Agriekonomika, 4(1). ISSN 2301-9948. MT Farm. (n.d.). Diperoleh dari https://mtfarm.co.id.

Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian. (n.d.). Belajar dari kesuksesan MT Farm. Diperoleh dari https://ditjenpkh.pertanian.go.id/berita/83-belajar-dari-kesuksesan-mt-farm.

Arief Fidiansyah1, Sudirman Yahya2, dan Suwarto2,Pengaruh Pupuk Anorganik dan Organik terhadap Pertumbuhan, Produksi dan Kualitas Umbi serta Ketahanan terhadap Hama pada Bawang Merah, Jurnal Agronomi Indonesia IPB, Vol.9 no 1, April 2021.

Anita Maryam, dkk. Pengaruh Jenis Pupuk Organik terhadap Pertumbuhan dan Hasil, Panen Tanaman Sayuran di dalam Nethouse, Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor,Bul. Agrohorti 3 (2) : 263 – 275 .2015.

Novi Mayasari, dkk. Sosialisasi strategi peningkatan produktivitas domba garut melalui penerapan animal welfare, l. 12, No. 1, Maret 2023 104 - 107 Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat I

S. Rusdiana dan L. Praharani, peningkatan usaha ternak domba melalui diversifikasitanaman pangan: Ekonomi pendapatan petani, Agriekonomika, ISSN 2301-9948,Volume 4, Nomor 1, April 2015.

Muhammad Tahrir, et.all Pemberdayaan Kelompok Tani Desa Loa Duri Ulu Melalui Pemanfaatan Serbuk Kayu Untuk Pembuatan Pupuk Bokashi Pemberdayaan Kelompok Tani Desa Loa Duri Ulu Melalui Pemanfaatan Serbuk Kayu Untuk Pembuatan Pupuk Bokash, Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) Vol. 4 No.3, Agustus 2023

Downloads

Published

2024-04-15

How to Cite

Putra, B. P. ., & Mursyidah, A. . (2024). INOVASI PRODUK PUPUK DOMBA UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI DI MT FARM DESA TEGAL WARU FARM LAND. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3653–3659. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27392