PEMBENAHAN LINGKUNGAN SEKOLAH DI SMK NEGERI 4 BARRU

Authors

  • Herman H Universitas Negeri Makassar
  • Muhammad Reyvaldhi Nurfebri Dewantara Universitas Negeri Makassar
  • Agus Sutriawan Universitas Negeri Makassar
  • M Imran Hasanuddin Universitas Negeri Makassar
  • Muh. Arifai Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27312

Keywords:

Pembenahan, Lingkungan Sekolah, SMKN 4 Barru

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) telah dilaksanakan di SMK Negeri 4 Barru sejak tanggal 10 Oktober 2023 sampai tanggal 22 Desember 2023 . Sekolah yang menjadi tujuan PPL yang beralamat di Doi-Doi, Kec. Pujananting, Kab. Barru. Berbagai program PPL yang telah dilaksanakan yaitu mulai dari tahap persiapan, praktik mengajar, dan pelaksaan. Hasil yang dicapai dari pelaksaan program tersebut adalah memberikan perubahan proses siswa dalam belajar, khususnya dalam pembenahan lingkungan sekolah. Secara garis besar program-program dalam pembenahan lingkungan sekolah dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan manfaat bagi sekolah kemajuan penyusun, siswa, guru dan utamanya sekolah. Program PPL selain sebagai wahana untuk pelatihan dan pembelajaran bagi mahasiswa, juga menjadi usaha Universitas Negeri Makassar untuk turut berkotribusi dalam mentransformasikan nilai-nilai kependidikan kepada sekolah tersebut. Harapannya, bukan hanya transfer of knowledge yang diberikan mahasiswa, tetapi juga transfer of value. Keberadaan mahasiswa PPL UNM XXVII diharapkan dapat membuat perubahan pada sekolah utamanya dalam pembenahan lingkungan sekolah, sebagai upaya memajukan program yang telah dilaksanakan.

References

Ismail, M.J. (2021) ‘Pendidikan karakter peduli lingkungan dan menjaga kebersihan di sekolah’, Guru Tua: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), pp. 59–68.

Julhadi, M.A. (2021) PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DI PERGURUAN TINGGI: Teori dan Praktik. EDU PUBLISHER.

Kadir, A. (2013) ‘Signifikansi Strategi Pembelajaran Pendidikan Lingkungan dalam Membentuk Prilaku Siswa Berwawasan Lingkungan’, Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(2), pp. 1–18.

Downloads

Published

2024-04-13

How to Cite

H, H. ., Dewantara, M. R. N. ., Sutriawan, A. ., Hasanuddin, M. I. ., & Arifai, M. . (2024). PEMBENAHAN LINGKUNGAN SEKOLAH DI SMK NEGERI 4 BARRU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3546–3549. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27312