MEMANFAATKAN SISA LIMBAH KULIT SAPI UNTUK MENCIPTAKAN PRODUK MAKANAN YANG DIOLAH DENGAN MELIBATKAN PARTISIPASI AKTIF MASYARAKAT DI WILAYAH KECAMATAN BESUKI, KABUPATEN SITUBONDO

Authors

  • Indria Dwi Hapsari Universitas Dr. Soebandi
  • Stivaniyanti Atmanegara Universitas Dr. Soebandi
  • Anggun Putri Gianti Universitas Dr. Soebandi
  • Adi Rama Universitas Dr. Soebandi

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.27292

Keywords:

Kulit Sapi, Limbah,Pengganti Panas Matahari,Makanan Olahan

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan bersama TIM, kami mengidentifikasi bahwa salah satu masalah yang paling mendesak dihadapi oleh mitra kami di Kelurahan Belimbing, Kecamatan Besuki, Kabupaten Situbondo adalah rendahnya tingkat produktivitas, yang menyebabkan belum optimalnya pemanfaatan pasar. Hasil dari kegiatan pengabdian ini diharapkan mampu mempertahankan keberlanjutan usaha dalam pemanfaatan limbah kulit sapi untuk produk makanan olahan, memperkuat kepercayaan pasar, dan memfasilitasi lahirnya wirausahawan baru. Salah satu tanggung jawab utama dari kegiatan ini adalah menyediakan pelatihan dan pendampingan dalam hal inovasi produk dan pengembangan usaha, dengan menggunakan metode yang telah kami susun bersama tim kami. Sebagai hasil akhir, kami sebagai tim akan melakukan evaluasi terhadap efektivitas bantuan peralatan produksi, proses produksi, dan volume hasil produksi yang dicapai.

References

Al., J. et. (2014). proses pengeringan yang lakukan tidak mencapai batas, dapat berakibat pada kerusakan kandungan protein pada bahan pangan tersebut.

Al, B. et. (2004). Pengeringan merupakan proses pengurangan kadar air bahan hingga mencapai kadar air tertentu sehingga menghambat laju kerusakan bahan akibat aktifitas biologis dan kimia.

Amertaningtyas. (2011). Kerupuk kulit sapi adalah produk makanan ringan yang dibuat dari kulit sapi melalui tahap proses perendaman dalam larutan kapur, pembuangan bulu, perebusan, pengeringan, dan perendaman dengan bumbu untuk kerupuk kulit mentah atau dilanjutkan penggorengan .

Hasnudi. (n.d.). No Title. Pengelolaan Ternak Sapi, Iklim Yang Ada Sehigga Indonesia Yang Mempunyai Jenis Sapi Dan Memiliki Bobot Yang Besar.

Tang, M. (2021). home industri pembutan roti di desa salodua. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Hapsari, I. D. ., Atmanegara, S. ., Gianti, A. P. ., & Rama, A. . (2023). MEMANFAATKAN SISA LIMBAH KULIT SAPI UNTUK MENCIPTAKAN PRODUK MAKANAN YANG DIOLAH DENGAN MELIBATKAN PARTISIPASI AKTIF MASYARAKAT DI WILAYAH KECAMATAN BESUKI, KABUPATEN SITUBONDO. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13772–13776. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.27292