PEMBERIAN PEMAHAMAN TENTANG SEGMENTING, TERGETING, DAN POSITIONING DALAM UMKM BISNIS TENUN IKAT DI DESA BOLOK,KECAMATAN KUPANG BARAT KABUPATEN KUPANG

Authors

  • Vebriana Funan Universitas Katholik Widya Mandira Kupang
  • Maria Bunga Koten Universitas Katholik Widya Mandira Kupang
  • Serlinda Yulmias Ngguwa Universitas Katholik Widya Mandira Kupang
  • Maria Dorciana Seuk Universitas Katholik Widya Mandira Kupang
  • Abraham Bary Nomleni Universitas Katholik Widya Mandira Kupang
  • Yolinda Yanti Sonbay Universitas Katholik Widya Mandira Kupang
  • Beatrix Yunarti Manehat Universitas Katholik Widya Mandira Kupang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27262

Keywords:

Segmenting, Targeting, Positioning, UMKM

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pengetahuan tambahan tentang pentingnya dukungan STP bagi pelaku UMKM tenun ikat di Desa Bolok. Pemahaman (STP) memiliki peran krusial dalam meningkatkan daya saing bisnis UMKM di Desa Bolok.  Isu utama yang di hadapi adalah kurangnya pemahaman dan penerapan konsep STP oleh pelaku UMKM bisnis lokal. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang konsep STP kepada pelaku UMKM di Desa Bolok melalui pendekatan perdampingan. Metode pengabdian yang digunakan melibatkan penyuluhan langsung dan sesi diskusi interaktif. Hasil pendampingan menunjukkan peningkatan pemahaman yang signifikan tentang konsep STP di antara pelaku UMKM, serta peningkatan kemampuan mereka dalam menerapkan strategi segmentasi yang lebih tepat, targeting yang lebih efektif, dan positioning yang lebih kuat.

References

Wijaya. "Strategi Segmentnting, targeting, dan positioning, serta strategi pemasaran pada tenun ikat Cilacap,." Asian Journal Of Innovation and Enterpreneurship,, 2016: Vol. 01, No. 3.

Nong, Y. "Tenun Ikat NTT,." http://yustinusnong.blogspot.com/, 2012/01/tenun-ikatntt.html,.

Santoso, Wijaya Hari. "Strategi Segmenting, Targeting, dan Positioning, serta strategi pemasaran pada tenun ikat Cilacap,." Asian jounal of innovation and enterpreneurship,, 2016: 1.

Sholihin, Ustadus. "Analisis Strategi Pemasaran dalam Menghadapi Persaingan Usaha pada Perusahaan Kain dan Sarung Tenun Ikat Cap Sinar Barokah Kediri." Jurnal Cendekia, 2014.

Elwisam and R. Lestary. "Pengertian UMKM,Mamfaat UMKM, dan jenis-jenis UMKM." Journal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, , 2019.

Downloads

Published

2024-04-06

How to Cite

Funan, V. ., Koten, M. B. ., Ngguwa, S. Y. ., Seuk, M. D. ., Nomleni, A. B. ., Sonbay, Y. Y. ., & Manehat, B. Y. . (2024). PEMBERIAN PEMAHAMAN TENTANG SEGMENTING, TERGETING, DAN POSITIONING DALAM UMKM BISNIS TENUN IKAT DI DESA BOLOK,KECAMATAN KUPANG BARAT KABUPATEN KUPANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3475–3481. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27262