PENDAMPINGAN MANAJEMEN ARSIP DINAMIS BAGI GURU DAN SISWA SMK NEGERI 1 KABANJAHE

Authors

  • Sri Mutmainnah Universitas Negeri Medan
  • Rotua Sahat Pardamean Simanullang Universitas Negeri Medan
  • Ellys Siregar Universitas Negeri Medan
  • Gartima Sitanggang Universitas Negeri Medan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27220

Keywords:

Manajemen, Arsip, Dinamis

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatakan kompetensi guru- guru dan siswa SMK Negeri 1 Kabanjahe dalam mengatasi beberapa masalah yang sedang dihadapi. Masalah yang dihadapi guru-guru kearsipan ini meliputi kompetensi profesional dan pedagogi yaitu penguasaan materi ajar Kearsipan Perkantoran serta melaksanakan pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menyenangkan dalam setiap pembelajaran yang dilakukan. Untuk itu dipandang perlu melakukan pelatihan Pembelajaran Manajemen Arsip Dinamis bagi guru dan siswa di SMK Negeri 1 Kabanjahe. Adapun target khusus dari kegiatan pengabdian ini, dihasilkannya; 1) Semakin meningkatnya kompetensi profesional bidang kearsipan bagi guru-guru Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Kabanjahe; 2) Semakin meningkatnya kompetensi pedagogi guru-guru SMK Negeri 1 Kabanjahe terutama kemampuan memilih dan menggunakan model-model pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan karakteristik materi ajar. Untuk mencapai target tersebut rencana kegiatan PKM yang akan dilakukan antara lain; 1) Pelatihan dan pendampingan Manajemen arsip dinamis; 2) Pelatihan dan pendampingan implementasi model-model pembelajaran dalam pembelajaran Kearsipan. Kegiatan ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Kabanjahe. Pemilihan lokasi kegiatan ini    didasarkan atas sarana dan prasarana yang mendukung SMK mitra untuk melakukan pelatihan dan pendampingan.

References

A. Fakaubun, “Manajemen Kearsipan Dalam Menunjang Kegiatan Administrasi Pelayanan Publik Pada Sekolah Usaha Perikanan Menengah Sorong di Lingkungan Kementerian Kelautan dan Perikanan,” J. Pari, vol. 6, no. 1, 2020.

A. N. Ramadhan and M. Muhyadi, “Tuntutan Profesionalisme Bidang Administrasi Perkantoran Di Era Digital,” J. Sekr. dan Adm. Bisnis, vol. 5, no. 1, pp. 29–38, 2021.

J. Nugraha, T. Pahlevi, and S. Wulandari, “Pelatihan E-Filing Aplikasi Arsip Digital bagi Guru-guru SMK,” Abimanyu J. Community Engagem., vol. 3, no. 2, pp. 40–44, 2022.

N. Armayanti, A. Mardhiyah, D. Pramana, and S. D. N. Siahaan, “Pelatihan Dan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring Bagi Guru-Guru SMK Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran,” in Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat: Kontribusi Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Masa Pandemi, 2021, pp. 91–95.

N. Febriana, “Prosedur Penyelenggaraan Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Dinamis Sebagai Wujud Nyata Pembinaan Kearsipan di Kabupaten Kebumen,” Dipl. J. Kearsipan Terap., vol. 3, no. 2, pp. 126–136, 2020.

N. Kusumawati and E. S. Maruti, Strategi belajar mengajar di sekolah dasar. Cv. Ae Media Grafika, 2019.

P. L. Dwi, “PENGARUH METODE FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS XI DI MAN 1 LAMPUNG SELATAN.” UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2023.

R. Simanullang, “Peningkatan Kompetensi Kearsipan Bagi Guru dan Siswa SMK Marisi Medan,” JUBDIMAS (Jurnal Pengabdi. Masyarakat), vol. 2, no. 1, pp. 7–11, 2023.

S. Mutmainnah and G. Sitanggang, “Peningkatan Kompetensi Pengelolaan Arsip Melalui Praktek Pemberkasan Arsip Di SMK Swasta PAB 3 Medan,” in Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat: Kontribusi Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Masa Pandemi, 2020, pp. 26–29.

W. Rusdiyanto, Y. A. Respati, and C. Yoviantyas, “Pelatihan Pengelolaan Arsip Bagi Perangkat Desa Sinduharjo Ngaglik Sleman,” Int. J. Community Serv. Learn., vol. 6, no. 4, 2022.

Downloads

Published

2024-04-04

How to Cite

Mutmainnah, S. ., Simanullang, R. S. P. ., Siregar, E. ., & Sitanggang, G. . (2024). PENDAMPINGAN MANAJEMEN ARSIP DINAMIS BAGI GURU DAN SISWA SMK NEGERI 1 KABANJAHE. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3446–3450. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27220