DINAMIKA PERSAINGAN DI ERA E-COMMERCE: MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING

Authors

  • Alfan Bachtiar Institut Bisnis dan Informatika Kosgoro 1957
  • Resista Vikaliana Universitas Pertamina
  • Wetri Efita STMIK Dharmapala Riau
  • Hendra Kasman STMIK Dharmapala Riau
  • Christ Windreis STMIK Dharmapala Riau
  • Aat Ruchiat Nugraha Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27179

Keywords:

Pelatihan, E-Commerce, Era Digital, UMKM

Abstract

Proyek pengabdian kepada masyarakat ini, berjudul "Dinamika Persaingan Di Era E-Commerce: Meningkatkan Keunggulan Bersaing," bertujuan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam lanskap e-commerce yang terus berkembang. Dilaksanakan melalui metode daring menggunakan Zoom Cloud Meeting, proyek ini melibatkan enam dosen dari tiga universitas di Indonesia dan pemilik bisnis UMKM yang menggunakan Shopee, TikTokShop, dan Tokopedia di Jakarta Selatan, Riau, dan Jawa Barat. Kolaborasi ini difokuskan pada pemberdayaan UMKM melalui peningkatan keterampilan digital, strategi inovatif, dan adaptasi pasar lokal. Hasilnya menegaskan pentingnya pendidikan, kolaborasi lintas disiplin, dan strategi pemasaran lokal dalam menghadapi persaingan e-commerce.

References

Asikin, M. Z., & Fadilah, M. O. (2024). Masa Depan Kewirausahaan dan Inovasi: Tantangan dan Dinamika dalam Era Digital. Jurnal Syntax Admiration, 5(1), 303-310.

Lesmana, A. S. (2023). Dinamika Persaingan di Era Digital: Strategi Manajemen untuk Menghadapi Disrupsi Bagi Mahasiswa STIE Ganesha. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen, 2(3), 201-212.

Sari, M. N., & Ningsih, P. E. A. (2023). Pengajaran Bahasa Inggris Terhadap Siswa Sekolah Dasar dengan Menggunakan Video Animasi. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 4(3), 628-636.

Sari, M., Ningsih, P. E. A., Saswandi, T., & Ihsan, R. (2022). Penulisan Abstrak Berbahasa Inggris untuk Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Abdimas Adpi Sosial dan Humaniora, 3(4), 435-441.

Soeratin, B. S. (2024). Penerapan Strategi Manajemen Inovasi Untuk Daya Saing Perusahaan Dalam Industri E-Commerce. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(1), 1186-1193.

Yadnya, I. P., & Santika, W. (2017). Pengaruh Inovasi, Adopsi E-commerce, dan Keunggulan Kompetitif Terhadap Kinerja Pemasaran. In Forum Keuang. dan Bisnis Indones (Vol. 6, pp. 347-358).

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Bachtiar, A. ., Vikaliana, R. ., Efita, W. ., Kasman, H. ., Windreis, C. ., & Nugraha, A. R. . (2024). DINAMIKA PERSAINGAN DI ERA E-COMMERCE: MENINGKATKAN KEUNGGULAN BERSAING. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3423–3428. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27179