SOSIALISASI PENGGUNAAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) PADA PELAKU USAHA UMKM

Authors

  • Eri Mardiani Universitas Nasional
  • Saida Zainurossalamia ZA Universitas Mulawarman
  • Djoko Setyadi Universitas Mulawarman
  • Syarifah Hudayah Universitas Mulawarman
  • Irwansyah Irwansyah Universitas Mulawarman

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27088

Keywords:

Pembayaran digital, QRIS, Preferensi Konsumen, UMKM, Sosialisasi

Abstract

Banyak konsumen beralih ke pembayaran digital karena adanya sejumlah faktor yang memengaruhi preferensi dan perilaku konsumen terkait teknologi pembayaran digital. Salah satu faktor utama adalah kenyamanan dan kemudahan. Quick Response Indonesian Standard (QRIS) telah menjadi standar pembayaran digital di Indonesia yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran melalui platform apapun, termasuk aplikasi perbankan, dompet digital, atau mesin EDC.Tujuan pengabdian ini menjadi salah satu metode efektif untuk menyampaikan informasi tentang QRIS kepada pelaku usaha UMKM. Dalam workshop tersebut,  dapat belajar secara langsung tentang langkah-langkah praktis dalam mengimplementasikan QRIS dalam operasi harian .Metode pengabdian ini bersifat hybrid yaitu pemberian materi melalui via zoom meeting dan kunjungan langsung kepada pelaku usaha UMKM di Pusat Souvenir dan Kuliner UMKM Kota Tua (Souvenir and Culinary). Hasil pengabdian ini memberikan solusi dengan luaran diantaranya Peningkatan pengetahuan dan keterampilan teknologi pelaku usaha UMKM terkait QRIS, Penyediaan solusi keamanan dan privasi data yang memadai untuk mitra, terakhir Meningkatnya tingkat penerimaan konsumen terhadap pembayaran digital menggunakan QRIS dengan strategi yang telah diberikan.

References

Alshurideh, M. T. (2021). The moderation effect of gender on accepting electronic payment technology: A study on United Arab Emirates consumers. Review of International Business and Strategy, 31(3).

Anggarini, D. (2022). Application of Quick Response Code Indonesian as a Payment Tool in Digitizing MSMEs. Sentralisasi, 11(1), 1-14. doi: 10.33506/sl.v11i1.1504

Anandha, V. and Mukhlis, I. (2022). Peran Financial Technology Linkaja Pada Mahasiswa di Kota Malang. Akuntabel, 19(2), 459-467. doi: 10.30872/jakt.v19i2.11100

Awinja, N. and Fatoki, O. (2022). Effects of Workload on Teacher Burnout in Public Secondary Schools in Tharaka Nithi Country, Kenya. African Journal of Empirical Research, 3(1), 189-207. doi: 10.51867/ajer.v2i1.16

Balakrishnan, V., & Shuib, M. L. M. (2021). Drivers and inhibitors for digital payment adoption using the Cashless Society Readiness-Adoption model in Malaysia. Technology in Society, 65. Doi: 10.1016/j.techsoc.2021.101554

Demirgüç-Kunt, A., Klapper, L., Singer, D., & Oudheusden, P. (2015). The global findex database 2014: Measuring financial inclusion around the world. doi: 10.1596/1813-9450-7255

Fan, A., Wu, L., & Liu, Y. (2022). To display tip suggestion or not? Examining tip suggestion’s impact in technology-facilitated preservice tipping encounters. Journal of Hospitality & Tourism Research, 48(1), 32-57. doi: 10.1177/10963480221076467

Goel, N. and Nath, V. (2020). An exploratory study on digital payment systems and its impact on trust and continuance intention in newly remonetized and digitized era. SSRN Electronic Journal. doi: 10.2139/ssrn.3562948

Hiswati, M., Wanda, P., Ordiyasa, I., & Utami, L. (2022). Model Digital Marketing Terintegrasi UMKM Melalui Aplikasi untuk Optimalisasi Pemasaran Produk Tanaman Biofarmaka. Seminar Nasional Teknik Elektro Informatika Dan Sistem Informasi, 1(1). doi: 10.35842/sintaks.v1i1.27

Khan, M. (2021). Netizens’ perspective towards electronic money and its essence in the virtual economy: an empirical analysis with special reference to Delhi-ncr, India. Complexity, 2021, 1-18. doi: 10.1155/2021/7772929

Mahastanti, L. and Utoyo, D. (2022). Pengaruh Payment Gateway (Go-pay) terhadap Kinerja Finansial UMKM di Kota Salatiga. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 10(2), 105-116. doi: 10.26740/jepk.v10n2.p105-116

Majid, N., K.W, N., & Fitriyah, Z. (2022). Analisis Kluster Usaha dalam Membangun Ekonomi Berbasis Digitas pada UMKM di Kawasan Surabaya Timur. Jurnal Keuangan Dan Bisnis, 20(2), 46-55. doi: 10.32524/jkb.v20i2.570

Marisa, F., Silviana, S., Sahbana, M., & Rofii, F. (2022). Peningkatan Strategi Pemasaran Melalui Workshop Digital Marketing dan Kolaborasi Pada Asosiasi UMKM “Akukarlos” Kota Malang. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks Soliditas (J-Solid), 5(2), 307. doi: 10.31328/js.v5i2.4061

Mayanti, R. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penerimaan User terhadap Penerapan Quick Response Indonesia Standard sebagai Teknologi Pembayaran pada Dompet Digital. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 25(2), 123-135. doi: 10.35760/eb.2020.v25i2.2413

Park, J., Amendah, E., Lee, Y., & Hyun, H. (2018). M?payment service: Interplay of perceived risk, benefit, and trust in service adoption. Human Factors and Ergonomics in Manufacturing & Service Industries, 29(1), 31-43. doi: 10.1002/hfm.20750

Peral, B., Ramos, Á., & Arenas-Gaitán, J. (2019). Self-efficacy and anxiety as determinants of older adults’ use of internet banking services. Universal Access in the Information Society, 19(4), 825-840. doi: 10.1007/s10209-019-00691-w

Poetro, B. and Haviana, S. (2022). Pendampingan Pengembangan Teknologi Informasi pada UMKM Rangkul Semarang. Indonesian Journal of Community Services, 4(1), 66. doi: 10.30659/ijocs.4.1.66-73

Prakoso, S., Amalina, N., Erikawati, N., Aisah, N., & Danuari, A. (2023). Manajemen Pengetahuan Bisnis dalam Transformasi Digital sebagai Sinergi Internal Process Collaboration. Remik (Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer), 7(1), 775-783. doi: 10.33395/remik.v7i1.12156

Rosita, R. (2020). Pengaruh pandemi covid-19 terhadap umkm di indonesia. Jurnal Lentera Bisnis, 9(2), 109. doi: 10.34127/jrlab.v9i2.380

Sari, A. and Adinugraha, H. (2022). Implementation of QRIS-based payments towards the digitalization of Indonesian MSMEs. Ekonomika Syariah Journal of Economic Studies, 5(2). doi: 10.30983/es.v5i2.5027

Sari, N. (2022). Kolaborasi Fintech Perbankan dan Implikasi Pada UMKM Halal di Indonesia. Jurnal Syarikah Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 1-10. doi: 10.30997/jsei.v8i1.4087

Sholihah, E., & Nurhapsari, R. (2022). Determinants of QRIS Adoption Intention for MSMEs: Identification During Covid-19. Proceeding of The International Conference on Economics and Business, 1(2).

Singh, N., Srivastava, S., & Sinha, N. (2017). Consumer preference and satisfaction of M-wallets: a study on North Indian consumers. The International Journal of Bank Marketing, 35(6), 944-965. doi: 10.1108/ijbm-06-2016-0086

Sihaloho, J., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM di Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 287. doi: 10.38043/jmb.v17i2.2384

Sivathanu, B. (2019). Adoption of digital payment systems in the era of demonetization in India. Journal of Science and Technology Policy Management, 10(1), 143-171. doi: 10.1108/jstpm-07-2017-0033

Surya, H., Andung, P., & Tuhana, V. (2021). Komunikasi Korporasi dalam Kampanye Digital Program Qris Lembaga Bank Indonesia NTT. Jurnal Digital Media Dan Relationship, 3(2), 52-61. doi: 10.51977/jdigital.v3i2.485

Downloads

Published

2024-03-29

How to Cite

Mardiani, E., ZA, S. Z., Setyadi, D. ., Hudayah, S. ., & Irwansyah, I. (2024). SOSIALISASI PENGGUNAAN QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) PADA PELAKU USAHA UMKM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3380–3388. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27088