PENGARUH STRES KERJA DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT MANDIRI TUNAS FINANCE PALEMBANG

Authors

  • Meisa Salsabila Universitas Indo Global Mandiri
  • Roswaty Roswaty Universitas Indo Global Mandiri
  • Shafiera Lazuarni Universitas Indo Global Mandiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27071

Keywords:

Stres Kerja, Pengembangan Karir, Kinerja

Abstract

PT Mandiri Tunas Finance yang lebih dikenal dengan sebutan MTF merupakan salah satu anak perusahaan BUMN. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh stres kerja dan pengembangan karir terhadap kinerja karyawan pada PT Mandiri Tunas Finance Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah 48 orang karyawan PT Mandiri Tunas Finance Palembang yang merupakan total sampling jenuh. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui penyebaran kuesioner dengan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis dan pengujian hipotesis secara parsial menunjukkan bahwa stres kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT Mandiri Tunas Finance Palembang serta pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan PT Mandiri Tunas Finance Palembang. Sementara secara simultan variabel stres kerja dan pengembangan karir berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan PT Mandiri Tunas Finance Palembang. Nilai R Square (R2) juga menunjukkan nilai sebesar 66,6% yang artinya adanya hubungan yang sangat kuat antara variabel stres kerja dan pengembangan karir terhadap kinerja karyawan PT Mandiri Tunas Finance

References

Amalinda, R., & Nasution, A. P. (2020). Pengaruh Stres Kerja dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Pegawai Kantor Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kabupaten Labuhan Batu. Ekonomi Bisnis Manajemen Dan Akuntansi (EBMA), 1(1), 10–16.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26 (10th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasibuan, M. S. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Hotiana, N., & Febriansyah. (2018). Pengaruh Motivasi dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Bagian Kepegawaian dan Organisasi, Biro Umum, Kepegawaian dan Organisasi Kementerian Pariwisata RI). Riset Manajemen Dan Bisnis Fakultas UNIAT, 3(1), 27–36.

Kreitner, R., & Kinicki, A. (2014). Perilaku Organisasi (Organizational Behavior). Jakarta: Salemba Empat.

Noe, R. A., Hollenbeck, J. R., Gerhart, B., & Wright, P. M. (2019). Human Resource Management: Gaining a Competitive Advantage (11th ed.). Boston: McGraw-Hill.

Pusparani, M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumber Daya Manusia). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(4), 534–543.

Riniwati, H. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia (Aktivitas Utama dan Pengembangan SDM). Malang: UB Press.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2024-04-14

How to Cite

Salsabila, M. ., Roswaty, R., & Lazuarni, S. (2024). PENGARUH STRES KERJA DAN PENGEMBANGAN KARIR TERHADAP KINERJA KARYAWAN PT MANDIRI TUNAS FINANCE PALEMBANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3569–3576. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.27071