PELATIHAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS IX SMP N 1 BATANG ANAI

Authors

  • Trisna Helda Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Rahayu Fitri Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Upit Yulianti DN Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.27045

Keywords:

Menulis Cerpen, Audio Visual, Literasi

Abstract

Berdasarkan analisis situasi, permasalahan mitra adalah siswa kelas IX di SMP N 1 Batang Anai cenderung kesulitan dalam menuangkan ide serta gagasan kreatif dalam bentuk cerita pendek. Hal ini tentu bukan semata-mata menjadi kesulitan utama melainkan terdapat hal lain yang menjadi kesulitannya yaitu tahapan-tahapan dalam menulis cerita pendek, proses pengembangan ide cerita, pengembangan konflik, pengembangan karakter tokoh, dan penggunaaan bahasa yang tepat dalam mengembangkan isi cerita tersebut. Untuk memecahkan permasalahan tersebut, siswa kelas IX yang ada di SMP N 1 Batang Anai memerlukan pengetahuan yang lebih lengkap mengenai materi teks cerpen. Untuk memotivasi siswa agar mampu dan bersemangat dalam menulis teks cerpen, dalam pengabdian ini digunakan sebuah media, yaitu media audio visual. Tujuan yang hendak dicapai melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Batang Anai memperoleh pengetahuan yang lebih mengenai cerpen sehingga memudahkan mereka dalam menulis cerpen. Berdasarkan masalah mitra, maka solusi yang ditawarkan akan dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu tahapan pertama dengan memberikan materi mengenai teks cerpen secara lengkap. Pada tahapan kedua, setelah siswa menguasai materi hakikat cerpen, kepada siswa diputarkan sebuah film pendek yang bertujuan untuk memberikan inspirasi ide bagi siswa dalam menulis cerpen. Tahapan ketiga, siswa menulis sebuah cerpen sesuai dengan film pendek yang telah diputarkan. Setelah cerpen ditulis siswa, hasil tulisan tersebut dikoreksi bersama-sama dengan seluruh siswa dan anggota tim pengabdian.

References

Alfiani, E. (2022). Persepsi Guru Tentang Pembelajaran Berbasis Multimedia. Journal of Instructional and Development Researches, 2(3), 115–125. https://doi.org/10.53621/jider.v2i3.95

Aksan, H. (2015). Proses Kreatif Menulis Puisi. Bandung: Nuansa.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Ati, A. P., Widiyarto, S., & Suyana, N. (2018). Penerapan Metode Picture And Picture Untuk Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Al Ihsan dan SMP Tashfia Kota Bekasi. Adimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 30-36.

Djamarah, S., B. & Zain, A.. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Isnaeni, R., & Radia, E. H. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 304–313. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.281

Limbong, J. L., & Suparman. (2016). Kemampuan Menentukan Unsur Intrinsik Cerpen Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas Viii Smp Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra PBSI FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo, 2(1), 12–26.

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230

Permatasari, A. (2015). Membangun Kualitas bangsa dengan Budaya Literasi. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB 2015, 146–156.

Siti Faridah, Maria Ulfah, & Muhammad Ihsan Ramadhani. (2022). Pelatihan Menulis Cerpen sebagai Penguatan Program Literasi Siswa. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 1(3), 169–173. https://doi.org/10.59025/js.v1i3.38

Alfiani, E. (2022). Persepsi Guru Tentang Pembelajaran Berbasis Multimedia. Journal of Instructional and Development Researches, 2(3), 115–125. https://doi.org/10.53621/jider.v2i3.95

Isnaeni, R., & Radia, E. H. (2021). Meta-Analisis Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif?: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 304–313. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.281

Limbong, J. L., & Suparman. (2016). Kemampuan Menentukan Unsur Intrinsik Cerpen Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Siswa Kelas Viii Smp Negeri 10 Kota Palopo. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra PBSI FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo, 2(1), 12–26.

Nomleni, F. T., & Manu, T. S. N. (2018). Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 219–230. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p219-230

Nurgiyantoro, B. (2018). Teori pengkajian fiksi. UGM press.

Permatasari, A. (2015). Membangun Kualitas bangsa dengan Budaya Literasi. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB 2015, 146–156.

Siti Faridah, Maria Ulfah, & Muhammad Ihsan Ramadhani. (2022). Pelatihan Menulis Cerpen sebagai Penguatan Program Literasi Siswa. Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 1(3), 169–173. https://doi.org/10.59025/js.v1i3.38

Wiyatmi. (2009). Pengantar Kajian Sastra.Yogyakarta: Pustaka Book Publisher

Downloads

Published

2024-07-22

How to Cite

Helda, T. ., Fitri, R., & Yulianti DN, U. (2024). PELATIHAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA KELAS IX SMP N 1 BATANG ANAI . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6776–6782. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.27045