MELATIH KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG MELALUI METODE STORYTELLING PADAPESERTA DIDIK TK AL-HIDAYAH

Authors

  • Tuti Herawati Universitas Asahan
  • Nila Sudarti Universitas Asahan
  • Tarida Ilham Manurung Universitas Asahan
  • Fikri Ihsan Universitas Asahan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26968

Keywords:

Data, Penyajian, Observasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyimak dongeng yang diperdengarkan. Penelitian ini dilakukan di TK Al-Hidayah Desa Banjar Kecamatan Air Joman pada tahun ajaran 20223/2024. Subjek penelitian ini adalah peserta didik TK Al-Hidayah Desa Banjar Kecamatan Air Joman yang berjumlah 46 siswa, yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 26 siswa perempuan. Waktu penelitian ini dilakukan selama empat bulan, yaitu pada bulan Juli sampai bulan Oktober 2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dengan empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

References

Andayani. (2009). Bahasa Indonesia. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13 FKIP UNS Surakarta.

Asfandiyar, A. Y. (2007). Cara Pintar Mendongeng. Jakarta: Mizan. Danandjaja, James. (2002). Foklor Indonesia: Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-lain. Jakarta: Pustaka Utama Grafiti

Dhieni, Nurbiana. (2008). Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka Hermawan, H. (2012). Menyimak Keterampilan Berkomunikasi Yang Terbaik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Musfiroh, Tadkiroatun. (2008). Memilih, Menyusun, dan Menyajikan Cerita untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Mianawati, Rena, Tuti Hayati, and Aam Kurnia. 2019. “Keterampilan Menyimak Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita.” (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA) 2(1). doi: 10.15575/japra.v2i1.5308.

Nurhayani, and Nurhafizah Nurhafizah. 2022. “Media Dan Metode Pengembangan Literasi Anak Usia Dini Di Kuttab Al Huffazh Payakumbuh.” Jurnal Basicedu 6(6). doi: 10.31004/basicedu.v6i6.3598.

Prasiwi, Agni Ayu. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia Dini.” Paedagogie 13(2). doi: 10.31603/paedagogie.v13i2.2363.

Santoso, Eko. (2013). Peningkatan Keterampilan Berbicara melalui Metode Storytelling (Bercerita) dengan Menggunakan Boneka Tangan pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri Teloyo 3 Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tarigan, H.G. (2008). Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Tehupeiory, Marlen, Ign I. Wayan Suwatra, and Luh Ayu Tirtayani. 2014. “Penerapan Metode Bercerita Menggunakan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Kelompok B Semester II.” E-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini 2(1

Wildawati, Syamsuardi, and Rusmayadi. 2022. “Pengaruh Metode Bercerita Menggunakan Media.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 03(01).

Downloads

Published

2024-03-26

How to Cite

Herawati, T. ., Sudarti, N. ., Manurung, T. I. ., & Ihsan, F. . (2024). MELATIH KETERAMPILAN MENYIMAK DONGENG MELALUI METODE STORYTELLING PADAPESERTA DIDIK TK AL-HIDAYAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3212–3214. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26968