PENYULUHAN DAN PELATIHAN PENANGANAN CHOKING DI LINGKUNGAN SEKOLAH SDN 31 PASIE KANDANG KOTA PADANG

Authors

  • Irwadi Irwadi Universitas Baiturrahmah
  • Andre Utama Saputra Universitas Kader Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.26769

Keywords:

Choking, Gawatdarurat, Guru, Pengetahuan

Abstract

Kejadian Kegawatdaruratan ini dapat terjadi dimana saja, kapan saja, dan menimpa siapa saja termaksuk di sekolahan. Angka kejadian cedera di sekolah secara nasional sebesar 6,5% sedangkan cedera usia 5-14 tahun sebesar 1,2%. Sedangkan menurut World Health Organization (WHO) sekitar 1.737 anak berusia sekolah dirawat karena tersedak (Choking) sebesar 59,5% terkait makanan, 31,4% benda asing. Guru adalah orang yang terdekat sebagai pendidik, pendamping anak disekolah menjadi bagian penolong pertama bagi mereka. Sehingga penting untuk guru mengetahui dan mampu melakukan cara penanganan jika terjadi Choking pada anak di sekolah. Metode yang dilakukan pada kegiatan ini adalah penyuluhan dan pelatihan dilakukan agar para guru memiliki dasar pengetahuan yang cukup serta mampu dalam melakukan penanganan. Untuk membantu dan sebagai pengingat guru akan diberikan modul panduan dalam melakukan penaganan Choking pada anak. Evaluasi yang dilakukan untuk menilai keberhasilan kegiatan ini terdiri dari evaluasi awal, evaluasi proses, dan evaluasi akhir dengan menggunakan pre-test dan post-test. Berdasarkan data hasil pengamatan pre-test, sebagian besar guru cukup paham akan cara penaganan Choking sebesar 53,2%. Dari hasil post-test menunjukan adanya peningkatan guru memiliki pengetahuan dan paham tentang penaganan Choking sebesar 69,3%. Simpulan, terdapat peningkatan pengetahuan dan pemahaman guru cara penaganan awal kejadian Choking di lingkungan sekolah SDN 31 Pasie Kandang Kelurahan Pasie Nantigo Kota Padang.

References

Academy, A. and Pediatrics, O. F. (2010) ‘Policy Statement — Prevention of Choking Among’, 125(3), pp. 601–607. doi: 10.1542/peds.2009-2862.

Bandyopadhyay, L. et al. (2017) ‘Effectiveness of first-aid training on school students in Singur Block of Hooghly District, West Bengal’, Journal of Family Medicine and Primary Care, 6(1), p. 39. doi: 10.4103/2249-4863.214960.

Dasgupta, A. and Das, L. B. M. (2014) ‘Effectiveness of health education in terms of knowledge acquisition on first-aid measures among school students of a rural area of West Bengal’, Med Res Chron, (2394).

Ganfure, G. et al. (2018) ‘First aid knowledge, attitude, practice, and associated factors among kindergarten teachers of Lideta sub-city Addis Ababa, Ethiopia’, PLoS ONE, 13(3), pp. 1–15. doi: 10.1371/journal.pone.0194263.

Irwadi, I., Murni, A. W. and Oktarina, E. (2021) ‘Karakteristik dan Perilaku Caregiver Lansia dengan Comorbid dalam Pencegahan Infeksi Covid-19’, Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(2), p. 780. doi: 10.33087/jiubj.v21i2.1541.

Irwadi and Elfira, Y. (2022) ‘Peningkatan pengetahuan tentang pengobatan pada penderita tuberkulosis sebagai upayah pencegahan dan pemberantasan TB paru di Puskesmas Silaping Pasaman Barat’, Bhakti Sabha Nusantara, 1(2), pp. 39–44. doi: 10.58439/bsn.v1i2.37.

Irwadi and Saputra, A. U. (2023) ‘Implications of Whatsapp Group-Based Health Education on the Behavior of Elderly Caregivers in Preventing Covid-19 Infection in Palembang City’, 1(1), pp. 21–32.

Kemenkes RI (2018) ‘Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018’, Kementrian Kesehatan RI, 53(9), pp. 1689–1699.

Kusumaningrum, B. R. et al. (2018) ‘Pelatihan Pertolongan Pertama pada Kegawatdaruratan di Sekolah Children Centre Brawijaya Smart School Malang’, International Journal of Community Service Learning, 2(4). doi: 10.23887/ijcsl.v2i4.14366.

Notoatmodjo, S. (2011) Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Seni: Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Ilmu & Seni.Edisi Revisi. Penerbit Rineka Cipta.

Saedi, S., Oraii, S. and Hajsheikholeslami, F. (2013) ‘A cross sectional study on prevalence and etiology of syncope in Tehran’, Acta Medica Iranica, 51(10), pp. 715–719.

Stasya, D. (2019) ‘Pemahaman Mahasiswa Kedokteran Universitas Sebelas Maret Angkatan 2018 terhadap Penanganan Epistaksis Anterior’, Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, pp. 1–6.

Downloads

Published

2024-08-04

How to Cite

Irwadi, I., & Saputra, A. U. . (2024). PENYULUHAN DAN PELATIHAN PENANGANAN CHOKING DI LINGKUNGAN SEKOLAH SDN 31 PASIE KANDANG KOTA PADANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7197–7201. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.26769