PENERAPAN DIGITAL MARKETING DALAM MENDUKUNG KEGIATAN PEMASARAN PRODUK UMKM MEBEL DESA KUNTI PONOROGO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26759Keywords:
Digital Marketing, UMKM Mebel, Desa KuntiAbstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menerapkan strategi pemasaran digital guna mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Desa Kunti, Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo, khususnya dalam sektor mebel. Topik ini dipilih karena UMKM mebel memiliki potensi besar untuk meningkatkan ekonomi lokal, tetapi sering kali kesulitan dalam memasarkan produk mereka secara efektif. Metode penelitian yang digunakan melibatkan pelatihan langsung kepada para pelaku UMKM mengenai konsep dasar digital marketing, strategi pemasaran online, serta penggunaan platform digital seperti media sosial dan marketplace. Selain itu, dilakukan juga pendampingan dan monitoring terhadap implementasi strategi pemasaran yang telah diajarkan. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan dalam jumlah pesanan dan jangkauan pasar bagi UMKM mebel Desa Kunti setelah menerapkan strategi pemasaran digital. Kegiatan ini juga memberikan dampak positif dalam peningkatan keterampilan digital dan pengetahuan bisnis para pelaku UMKM. Secara keseluruhan, penerapan digital marketing telah membantu meningkatkan daya saing UMKM mebel Desa Kunti, sehingga memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi lokal.References
Anggraini, Y., Rodhi Mustofa Anshori, & Sindy Vebri Permatasari. (2023). Penerapan Digital Marketing Pada Pelaku UMKM Di Desa Maguwan Ponorogo. Proceedings of Annual Conference on Community Engagement, 2, 1–11. https://proceedings.uinsby.ac.id/index.php/ACCE/about
Banjarnahor, A., Hariningsih, E., Mathory, E., Yudistara, W., Fuadi, Muliana, Handiman, U., Elistia, Sisca, S., Rimbano, D., Jatiningrum, C., Simarmata, J., Mardia, Purba, B., Fandeli, H., Muadzah, & SN, A. (2022). Teknologi Digital Kewirausahaan dan UMKM (1st ed.). Yayasan Kita Menulis.
Musyawarah, I. Y., & Idayanti, D. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Penjualan Pada Usaha Ibu Bagas di Kecamatan Mamuju. Forecasting: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen, 1(1), 1–13.
Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. KINERJA, 19(1), 170–182. https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10207
Ulya, H. N., Indriani, F., Nurhayati, I. T., & Rahayu, L. D. (2023). Penerapan Digital Marketing Dalam Mendukung Kegiatan Pemasaran Produk UMKM Masyarakat Bekare. Welfare?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(4). https://jurnalfebi.iainkediri.ac.id/index.php/Welfare
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Neri Wijayanti, Agus Budiman, Muhammad Zaki, Muhammad Ilham Abdul Rozaq, Ahmad Al Qodril Gina, Muhammad Fahmi Afiq Din Bin Piazul, Alfian Nugraha Rauf, Muhammad Rifqi Nur Ismail, Ahmad Ali Fauzy, Iqbal Al Hafis Allaudi, Satria Miftahul Firdaus
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.