PELATIHAN MANAJEMEN WAKTU PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS UDAYANA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.26716Keywords:
Intervensi, Mahasiswa, Manajemen WaktuAbstract
Pada masa perkuliahan, banyak mahasiswa tertarik untuk mengikuti berbagai kegiatan di dalam maupun luar kampus. Keterlibatan dalam organisasi dan kepanitiaan dapat menjadi pengalaman berharga, tetapi juga menimbulkan tekanan tambahan terhadap manajemen waktu mahasiswa. Di Program Studi Psikologi, banyak mahasiswa yang aktif dalam hal organisasi, kepanitiaan, maupun magang. Untuk mengetahui manajemen waktu pada mahasiswa Psikologi, dilakukan asesmen awal melalui wawancara kepada 12 orang mahasiswa semester 3 dan 5 yang mendapatkan hasil bahwa mahasiswa memiliki waktu yang sangat padat di organisasi maupun kepanitiaan, tidak memiliki planning yang jelas, mengerjakan tugas dekat dengan deadline, dan tidak melakukan review terhadap isi tugas. Hal tersebut berdampak pada kecenderungan untuk mengerjakan apa yang dapat terlihat dan yang sangat dekat dengan deadline. Berdasarkan hasil asesmen tersebut, diberikan pelatihan mengenai manajemen waktu kepada 9 mahasiswa semester 3 dengan pertimbangan pada jenjang tersebut mahasiswa sedang aktif untuk mengikuti organisasi dengan banyaknya tugas di perkuliahan. Pelatihan dilakukan dalam empat sesi yang terdiri dari sesi materi, diskusi, bedah kasus, tips and trick, dan monitoring evaluasi. Berdasarkan hasil pelatihan tersebut, didapatkan hasil bahwa 6 dari 9 peserta merasakan perubahan pada manajemen waktunya, yakni: 1) meningkatnya kemampuan dalam menentukan prioritas, 2) mampu memanfaatkan tools manajemen waktu, 3) melakukan review terhadap tugas dan produktivitas, dan 4) melakukan kontrol diri untuk menghindari pemborosan waktu.References
Balamurugan, M. (2013). Structure of Student Time Management Scale (STMS). I-Manager's Journal On School Educational Technology, 8(4), 22-28. doi: 10.26634/jsch.8.4.2248
Gea, A. A. (2014). Time management: Menggunakan waktu secara efektif dan efisien. Humaniora, 5(2), 777-785.
Heuken, A. (1996). Tantangan Membina Kepribadian : Pedoman Untuk Mengenal dan Membina Diri. Jakarta: Cipta Loka Caraka.
Nurrahmaniah, N. (2019). Peningkatan Prestasi Akademik Melalui Manajemen Waktu (Time Management) dan Minat Belajar. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 149-176.
Surur, A. M., & Nadhirin, A. U. (2020). Manajemen waktu pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 pada TK Dharma Wanita 1 Baleturi. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 81-94.
Sarafino, E. P., & Smith. T. W. (2011). Health Psychology; Biopsychosocial Interactions Seventh Edition. New York: John Wiley & Sons.
Stephanie, S., & Ermida, S. (2015). Intensi Sosial loafing pada tugas kelompok ditinjau dari adversity quotient pada mahasiswa. Jurnal Experientia. 3(1), 33-35.
Suni, E., & Sigh, A. (2023). Circadian Rhythm: what it is, what shapes it, and why it’s fundamental
to getting quality sleep (online).
Syardiansah. (2016). Hubungan motivasi belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa mata kuliah pengantar manajemen (studi kasus mahasiswa tingkat 1 EKM A semester II). Jurnal Manajemen dan Keuangan. 5(1), 440-448.
Syelviani, M. (2020). Pentingnya manajemen waktu dalam mencapai efektivitas bagi mahasiswa (studi kasus mahasiswa program studi manajemen Unisi). Jurnal Analisis Manajemen. 6(1), 23-32.
Tarwiyah., Suryati. L., & Sjukun. (2022). Pelatihan penggunaan eisenhower box untuk meningkatkan kualitas belajar bagi siswa SMK Immanuel Medan. PUBARAMA: Jurnal Publikasi Pengabdian Kepada Masyarakat. 2(3), 16-20.
Timpe, A. D. (2002). Seri Sumber Daya Manusia Mengelola Waktu. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Zega, Y. X. G. H., & Kurniawati, G. E. (2022). Pentingnya Manajemen Waktu Bagi Mahasiswa Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di Sekolah Tinggi Teologi Duta Panisal Jember. Metanoia, 4(1), 58-70.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 A. A. Gede Satrya Dinatha Pemayun, Made Selphia Prahasasgita, Dewita Nur Wulandari, Ni Kadek Surinda Herlovina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.