HILIRISASI PRODUK BERBASIS TOMAT PADA PETANI DAN HOME INDUSTRI DI NAGARI ALAHAN PANJANG KECAMATAN LEMBAH GUMANTI

Authors

  • Anni Faridah Universitas Negeri Padang
  • Syamwil Syamwil Universitas Negeri Padang
  • Hasdi Aimon Universitas Negeri Padang
  • Ruhul Rosel Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26708

Keywords:

Alahan Panjang; Hilirisasi tomat; Usaha

Abstract

Tanaman tomat mayoritas ditanam di Nagari Alahan Panjang, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok. Masalah utama produksi tomat pada musim panen adalah rendahnya harga tomat sehingga banyak tomat dibiarkan membusuk pada batangnya dan tidak memiliki nilai ekonomis. Kegiatan hilirisasi produk berbahan dasar tomat bertujuan meningkatkan usaha masyarakat, sehingga meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani tomat di Alahan Panjang. Untuk mencapai tujuan tersebut, (1) Pelatihan promosi dan pemasaran produk berbasis tomat secara online dan offline. (6) melakukan pendampingan pada UMKM Mandiri Sejahtera dan petani tomat. (7) melakukan pelatihan management usaha. (8) Membentuk sentra produk berbasis tomat sebagai sarana untuk mengumpulkan produk berbasis tomat, distribusi dan pemasaran ke wilayah lain). Konseling, diskusi kelompok fokus, pelatihan, dan evaluasi adalah beberapa metode yang digunakan. Kegiatan pengabdian tahun 2 berupa pengembangan dan inovasi hilirisasi produk berbasis tomat berdaya saing ini akan dapat memotivasi petani tomat memproduksi produk hilirisasi tomat bernilai tambah dan mampu meningkatkan pangsa pasar produk tomat yang semakin luas. Telah dilaksanakan pelatihan promosi dan pemasaran produk, pelatihan pembuatan buku kas, dan manajemen usaha. Kemampuan tersebut memicu keinginan peserta pelatihan untuk mengembangkan usahanya, sehingga meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat Alahan Panjang.

References

BPS Kabupaten Solok. (2016). Produksi Tomat Kabupaten Solok.

Kab. Solok: BPS. Bappeda Kab. Solok. (2011). Letak Geografis Alahan Panjang. Kab. Solok: Bappeda

Elfrida, E., Sukirno, S., & Nursamsu, N. (2022). Pelatihan Edukasi Pemanfaatan Bahan Alam Untuk Pembuatan Produk Bioteknologi Bagi Ibu PKK Bina Mufakat. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2), 316–320.

Elizabeth, R., & Anugrah, I. S. (2020). AKSELERASI HILIRISASI PRODUK AGROINDUSTRI BERDAYASAING MENDONGKRAK KESEJAHTERAAN PETANI DAN EKONOMI PEDESAAN. Jurnal Pemikiran Masyarakat Ilmiah Berwawasan Agribisnis. Juli, 6(2), 890–918.

Fadhilah, N., Wajdi, M., & Thahir, R. (2022). Pemanfaatan Sumberdaya Lokal Berupa Pengolahan Tomat Menjadi Saos Tomat di Desa Tompobulu Kecamatan Rumbia. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 172–176.

Kementerian Pekerjaan Umum. (2013). RTBL Alahan Panjang Kabupaten Solok Sumatera Barat. PT. Rekayasapratama Grhayasa Ciptaloka.

Yanti, Y., Busniah, M., Habazar, T., Syarief, Z., & Pasaribu, I. S. (2017). Pengembangan Pertanian Organik melalui Budidaya Tanaman Palawija dengan Aplikasi Teknologi Rizobakteri Indigenos di Nagari Sungai Durian Kabupaten Solok. LOGISTA-Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 88–94.

Yusmeidi, U. (2020). Hilirisasi Kakao Melalui Pola Peningkatan Nilai Tambah Produk Pada Kelompok Tani Mulyojati Mojokerto. E-MAGRI, 8(1), 71–83.

Downloads

Published

2024-03-30

How to Cite

Faridah, A., Syamwil, S. ., Aimon, H. ., & Rosel, R. . (2024). HILIRISASI PRODUK BERBASIS TOMAT PADA PETANI DAN HOME INDUSTRI DI NAGARI ALAHAN PANJANG KECAMATAN LEMBAH GUMANTI . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3418–3422. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26708