PENINGKATAN KOMPETENSI LITERASI GURU SMAN 36 JAKARTA DALAM IMPELEMENTASI MODUL BELAJAR GUNA MENUNJANG GERAKAN LITERASI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26707Keywords:
Kompetensi, Literasi, Modul, Guru, SMAN 36 JakartaAbstract
Mitra dalam program pengabdian kepada masyarakat ini adalah para guru SMAN 36 Jakarta. Permasalahan yang dihadapi mitra antara lain: (1) kurangnya pelatihan peningkatan literasi, (2) belum dilakukan pengayaan modul belajar sebagai media pembelajaran, dan (3) lemahnya budaya literasi di sekolah. Tujuan program ini agar mitra meningkat kompetensinya dalam berliterasi sesuai dengan bidang mata pelajaran dan keilmuannya, selanjutnya Guru mampu memberi motivasi yang signifikan kepada peserta didiknya sebagai wujud menggerakkan Gerakan Literasi Sekolah, dan mitra meningkat skillnya dalam pembuatan modul pembelajaran yang inspiratif inovatif sesuai dengan bidang ilmunya. Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode persuasive dan participatory action. Hasil program ini sangat baik, upaya meningkatkan kompetensi literasi mitra telah dilakukan SMAN 36 Jakarta sejalan dengan Gerakan Literasi Sekolah bekerjasama dengan Tim Abdimas Universitas YARSI. Terkait permasalahan Peningkatan Kompetensi Literasi Guru SMAN 36 Jakarta melalui Implementasi Modul Belajar Guna Menunjang Gerakan Literasi Sekolah telah ditangani dengan baik melalui penyuluhan, pelatihan dan pendampingan secara berkesinambungan. Rata-rata angka peningkatan dalam kegiatan Peningkatan Kompetensi Literasi Guru SMAN 36 Jakarta Melalui Implementasi Modul Belajar Guna Menunjang Gerakan Literasi Sekolah sebanyak (40.1%). Mitra pun telah menyiapkan modul pembelajaran sebagai bentuk media pembelajaran guna meningkatkan budaya literasi di sekolah, dan secara bertahap terus diupdate mengikuti kebutuhan pencapaian pembelajaran.References
Purwaningsih, Endang. (2019) et al.HKI dan Investasi, Malang: Setara Pers 2019 hal 36-37
Purwaningsih, Endang. (2012) HKI dan Lisensi Mandar Maju Bandung, 2012. hal 23
Purwaningsih, Endang dan Muslikh, (2022) Sinergi Pembelajaran MBKM pada UMKM dan Peran Stakeholder.Lampung: Pusaka Media Hal 74-75
Oktariani, Evri Ekadiansyah, (2020) Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis, Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi dan KesehatanVol. 1 No. 1 tahun 2020
berliterasi/ diakses 1 Maret 2023
Jurniningsih, (2019) Membangun Budaya Literasi di SDN, Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial vol 29 no. 1 tahun 2019
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Endang Purwaningsih
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.