PENDAMPINGAN TATA KELOLA AKUNTANSI PADA BMT NAHDLIYIN GUNUNG LERANG DALAM UPAYA MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE SHARIA BUSINESS

Authors

  • Abd Hafid Institut Agama Islam Negeri Bone
  • Andi Shakila Institut Agama Islam Negeri Bone
  • Andi Ayu Harmayanti Institut Agama Islam Negeri Bone

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26517

Keywords:

BMT Nahdliyin Gunung Lerang, Software Akuntansi, Tata Kelola Keuangan Akuntansi, Good Goverance Sharia Governance

Abstract

Permasalahan yang terjadi yaitu minimnya pengetahuan akuntansi bagi pengelola BMT, belum terintegrasinya dengan software akuntansi serta belum maksimalnya sosialisasi program kebaikan BMT Nahdliyin Gunung Lerang. Pendampingan tata kelola keuangan akuntansi yang akan diberikan yaitu pendampingan berupa diklat terkait tata kelola keuangan akuntansi dan penggunaan software akuntansi nirlaba ISAK 35 bagi pengelola BMT Nahdliyin Gunung Lerang. Tujuan jangka pendek yaitu untuk memenuhi kebutuhan pengelola BMT akan suatu pemberian pemahaman tata kelola akuntansi dan sistem software akuntansi dalam melakukan pengelolaan keuangan sesuai standar yang berterima umum. Pendekatan metode yang digunakan yaitu Community Based Research (CBR) yang melibatkan komunitas dengan metode berupa diklat/pendampingan, dengan melakukan tahapan yaitu tahapan persiapan dan identifikasi, tahapan pelaksanaan tindakan/diklat, tahapan pendampingan lanjutan, dan tahapan evaluasi. Hasil dari kegiatan pendampingan ini bisa dikategorikan berhasil dari segi peningkatan pemahaman akuntansi, peningkatan keterampilan (skills) software akuntansi berbasis ISAK 35, terwujudnya staff yang berpikiran terbuka, serta partisipasi aktif para peserta dalam hal pelaksanaan tugas yang diberikan dengan akuntabel (accountability), dan mampu dipertanggungjawabkan (responsibility) dengan baik. Kegiatan pendampingan ini terkait tata kelola keuangan akuntansi pada BMT Nahdliyin Gunung Lerang baik manual maupun software akuntansi terbukti efektif karena sangat dirasakan manfaatnya selama proses pendampingan.

References

Andi Susilawaty, dkk. “Panduan Riset Berbasis Komunitas (Community Based Research)”. Publikasi SILE/LLD Global Affairs Canada. 2016.

Egi Arvian Firmansyah, Amelia Rizky Alamanda dan Teguh Santoso. “Penyusunan Laporan Keuangan Sesuai PSAK Syariah pada BPR Syariah dan BMT”. Jurnal Pengabdian kepada masyarakat. Vol. 4, No. 1 Tahun 2019.

Mohd Erdiansyah Putra dan Annie Mustika Putri dalam artikel jurnalnya yang berjudul “Peran Software Accounting dalam Memajukan Penyusunan Laporan Keuangan di BMT DMI Kota Pekanbaru”. Jurnal Abdimas Ekodsosiora. Vol. 2 No. 2 Tahun 2022.

Norma Rosyidah. “Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan KSPPS Al-Amanah Sawocangkring Sidoarjo Menggunakan metode CBR”. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dinamis. Vol. 1 No.2, Tahun 2021.

Nurhayati, Linda. “Analisis Penerapan Peyusunan Laporan Keuangan pada Koperasi Syariah Berbasis Standar Akuntansi Keuangan Entitas Tanpa Akuntabilitas Publik dan Syariah”. Jurnal Universitas Muhammadiyah Jember. 2016.

Nugroho, Muh Awal Satrio. “Urgensi Penerapan Islamic Corporate Governance di Baitul Maal Wat Tamwil (BMT)”. Jurnal Kajian Bisnis. Vol. 23, No.1, Tahun 2015.

Rio Andisfa dan Annie Mustika Putri. “Sosialisasi Software Accounting Perkoperasian BMT DMI Kota Pekanbaru”. Jurnal Judikat. Vol. 2, No. 1, Tahun 2022.

Wahyuni, Sri. Abdullah, Wahyuddin. Akuntabilitas Berbasis Syariah Enterprise Theory dalam Mewujudkan Ekonomi Sustainable. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam Volume 3 Nomor 1, Januari – Juni 2021.

www.iaiglobal.or.id.

Zaenudin, etc. “Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia dalam Mengelola Keuangan Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) Sinar Barokah”.

Downloads

Published

2024-04-13

How to Cite

Hafid, A. ., Shakila, A. ., & Harmayanti, A. A. . (2024). PENDAMPINGAN TATA KELOLA AKUNTANSI PADA BMT NAHDLIYIN GUNUNG LERANG DALAM UPAYA MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE SHARIA BUSINESS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3513–3521. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26517