PELATIHAN QUIZIZZ SEBAGAI SARANA PENGUATAN LITERASI DIGITAL BAGI MAHASISWA

Authors

  • Muhammad Chairil Imran Universitas Islam Makassar http://orcid.org/0000-0001-7596-3651
  • Jusmaniar N Universitas Islam Makassar
  • Sulviana Sulviana Universitas Islam Makassar
  • Rizka Indahyanti Universitas Islam Makassar
  • Muthmainnah Mursidin Universitas Islam Makassar
  • Sitti Nurjannah Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2651

Keywords:

E-Learning, Literasi Digital, Quizizz

Abstract

Di tengah kebijakan Social Distancing atau jaga jarak akibat Covid 19, tanpa disadari baik guru dan siswa di sekolah di tuntut untuk semakin cakap dalam literasi digital. Guru di tuntut untuk semakin kreatif dalam membuat materi pembelajaran dan siswa wajib belajar mandiri di rumah. Melihat fenomena tersebut, guru sebagai fasilitator harus dapat menempatkan E-Learning sebagai pilihan alternatif pembelajaran. Berbagai pihak, terutama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan wajib membekali mahasiswa sebagai calon pendidik dengan berbagai aplikasi digital terkini. Literasi digital berupa kecakapan dalam pemanfaatan aplikasi dan sumber materi ajar akan mampu mendorong mahasiswa sebagai calon pendidik untuk lebih kreatif dan inovatif dalam membuat materi ajar, terlebih lagi adanya aplikasi-aplikasi pengajaran memudahkan mereka dalam manajemen pembelajaran di kelas. Oleh karena itu, di adakan Pelatihan Quizizz yang bertujuan untuk memperkuat literasi digital mahasiswa, pelatihan ini diikuti oleh 29 mahasiswa semester VII Program studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UIM. Hasil pelatihan ini menunjukkan mahasiswa pada umumnya sudah mengetahui ragam E-Learning dan mahasiswa juga menyatakan puas setelah mengikuti pelatihan ini. Selain melihat manfaat aplikasi Quizizz sebagai aplikasi pembelajaran, mereka juga mengungkapkan respon positif apabila aplikasi Quizizz diimplementasikan disekolah ketika mereka menjadi guru. Mahasiswa juga mengungkapkan peran aplikasi Quizizz di dalam penguatan pembelajaran melalui metode blendedlearning yaitu kolaborasi aplikasi Quizizz dengan metode tatap muka di kelas.

Author Biographies

Muhammad Chairil Imran, Universitas Islam Makassar

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Makassar

Jusmaniar N, Universitas Islam Makassar

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Makassar

Sulviana Sulviana, Universitas Islam Makassar

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Makassar

Rizka Indahyanti, Universitas Islam Makassar

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Makassar

Muthmainnah Mursidin, Universitas Islam Makassar

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Makassar

Sitti Nurjannah, Universitas Islam Makassar

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Makassar

References

Anggraini, S. (2016). BUDAYA LITERASI DALAM KOMUNIKASI. WACANA, XV (3), 16.

Imran, M. C., & Nasaruddin. (2021). Using Kids Coloring Fun Application to enhance Children Vocabulary Mastery at Tumbuh Kembang Kindergarten. DIDAKTIKA, 10(3), 6.

Indahyanti, R., & Agussatriana. (2019). LECTURER VOICES TOWARD FUTURE ENGLISH LANGUAGE TEACHING: AUGMENTED REALITY (AR) AND ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI). Exposure: Jurnal Pendidikan Bahasa Inggris, 8, 12.

Jusmaniar, & karmila. (2021). The Effectiveness of Contextual Video in Increasing Students’ English. Journal of Research and Multidisciplinary, 4(1), 7.

Kemdikbud. (2020). SURAT EDARAN NOMOR 4 TAHUN 2O2O TENTANG PELAKSANAAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN DALAM MASA DARURAT PENYEBARAN CORONA VIRUS DISEASE (COVID-19). Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19

Mursidin, M., & Mursidin, I. I. (2021). The Variety of DMS On EFL Students’ English Writing. DIKDAS MATAPPA: Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 4(1), 7.

Nurjannah, S. & Sudarwinoto. (2020). The Use of Debate’s Motion in Improving Students’ English-Speaking Skill through Project-Based Learning using Mix Method. Journal of Physics: Conference Series, 1477, 042008. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1477/4/042008

Puriwigati, A. N. (2020). PENGENALAN E-LEARNING. Research Gate. https://www.researchgate.net/publication/342010431_PENGENALAN_E-LEARNING

Putri, V. D. (2021). Aplikasi Daring Quizizz Sebagai Solusi Pembelajaran Menyenangkan di Masa Pandemi. Linggau Journal Science Education, 2(1), 8–22.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Sulviana. (2019). LECTURERS’ AND LEARNERS’ VIEWS ON CULTURE LEARNING IN EFL CONTEXT. MEDIA BINA ILMIAH, 14(5), 1743–2750.

Utomo, M. C. C., Putra, M. G. L., & Prambudi, D. A. (2021). Perbandingan Fitur Pada Platform Kuis Terpopuler. Inspiration: Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 11(1), 38. https://doi.org/10.35585/inspir.v11i1.2596

Downloads

Published

2021-11-15

How to Cite

Imran, M. C., N, J., Sulviana, S., Indahyanti, R., Mursidin, M., & Nurjannah, S. (2021). PELATIHAN QUIZIZZ SEBAGAI SARANA PENGUATAN LITERASI DIGITAL BAGI MAHASISWA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 876–880. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2651