UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MELAKUKAN PENELITIAN PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN GURU DALAM PUBLIKASI KARYA ILMIAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v2i2.2649Keywords:
Kemampuan Guru, Publikasi Karya Ilmiah, Penelitian, Perangkat PembelajaranAbstract
Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru melakukan penelitian pengembangan perangkat pembelajaran dan meningkatkan kemampuan guru untuk mempublikasikan karya ilmiah. Pengabdian ini dilaksanakan di Gedung Laboratorium SMA Negeri 1 Simanindo yang beralamat di Jalan Gereja Desa Ambarita Kecamatan Simanindo Kabupaten Samosir. Peserta pada kegiatan ini adalah seluruh guru SMA Negeri 1 Simanindo sebanyak 26 orang dan narasumber sebanyak 4 orang dosen FKIP Universitas HKBP Nommensen Medan dan 1 orang dosen FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar. Tahapan kegiatan dalam pengabdian ini adalah: 1) Melakukan analisis masalah dan survey lokasi. 2) Merumuskan masalah. 3) Merumuskan Pemecahan Masalah. 4) Menentukan target luaran dari setiap rangkaian pemecahan masalah. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan pengabdian ini diperoleh: 1) Sebanyak 100% atau 26 orang guru memberikan respon positif akan kegiatan pelatihan tersebut. 2) sebanyak 69% atau 18 orang guru mengatakan sangat setuju bahwa kegiatan dapat menambah pengetahuan dan kemampuan guru dalam melakukan penelitian, 3) sebanyak 20% atau 5 orang guru menyatakan setuju bahwa kegiatan dapat menambah pengetahuan dan kemampuan guru dalam melakukan penelitian, dan 4) sebanyak 12% atau 3 orang guru menyatakan cukup menambah pengetahuan dan kemampuan guru dalam melaksanakan peneltian. Selanjutnya berdasarkan kolom komentar yang diisi guru, menyatakan bahwa guru menginginkan kegiatan ini bisa berlangsung terus menerus dan menjadi bentuk kerjasama antara dosen dan guru dalam meningkatkan kemampuan guru untuk melakukan penelitian dan publikasi karya ilmiah sehingga dapat membantu mereka untuk kenaikan golongan jabatan fungsional. Berikut ini disajikan foto ketika kegiatan berlangsung.References
Leonard. Kompetensi Tenaga Pendidik di Indonesia: Analisis Dampak Rendahnya Kualitas SDM Guru dan Solusi Perbaikannya. Jurnal Formatif 5(3): 192-201, ISSN: 2088-351X. 2015
Pangaribuan, F., Sinaga, J. A. B., and Herman. Desain Lembar Aktivitas Siswa (LAS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Memahami Konsep Pembagian Pecahan di SD Negeri 095173 Sihemun. Jubaedah: Jurnal Pengabdian Dan Edukasi Sekolah (Indonesian Journal of Community Services and School Education), 1(1), 69-76. https://doi.org/10.46306/jub.v1i1.15. 2021
Trianto. Pengantar Penelitian bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Kencana. 2010