PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PENDAMPINGAN PEMANFAATAN BARANG BEKAS

Authors

  • Dian Ayu Pramudiyanti STAI Syubbanul Wathon Magelang
  • Dahlia Dahlia STAI Syubbanul Wathon Magelang
  • Purwanto Purwanto STAI Syubbanul Wathon Magelang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26480

Keywords:

Pengembangan; Kreatifitas; Anak Usia Dini; Barang Bekas

Abstract

Kreativitas merupakan suatu proses individu dalam menciptakan gagasan, proses, metode, ataupun produk baru   yang efektif dan bersifat imajinatif. Pengabdian ini dilakukan untuk mengembangkan kreativitas anak di RA Islamiyah Beseran Kaliangkrik melalui pendampingan pemanfaatan barang bekas. Pengabdian ini menggunakan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD) yang terdiri dari 5 tahapan kegiatan yaitu discovery (menemukan), dream (impian), design (merancang), define (menentukan), dan destiny (melakukan). Pengabdian ini dilakukan di RA Islamiyah Beseran Kaliangkrik Magelang selama kurang lebih 1 bulan tepatnya pada tanggal 1-26  Agustus 2023. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok B yang berjumlah 28 siswa. Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pendampingan pemanfaatan barang bekas di RA Islamiyah Beseran Kaliangkrik mampu efektif dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini. Pemanfaatan barang bekas tidak hanya berdampak pada perkembangan kreativitas anak, tetapi juga dapat meningkatkan kemampuan motorik halus mereka, membantu dalam proses pekerjaan, dan mendukung perkembangan anak secara menyeluruh. Kegiatan pendampingan yang dilakukan dengan memanfaatkan barang bekas secara kreatif mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik, merangsang imajinasi, serta mendorong partisipasi dan antusiasme anak-anak dalam kegiatan belajar.

References

Amri, I. J., & Martuty, A. (2017). Mengembangkan Motorik Anak Usia Dini Melalui Permainan Edukatif. Jurnal Konfiks, 4(2), 128–139.

Andari, G. A. P. W., & Anadhi, I. M. G. (2023). Permainan Squishy Pop Up Sebagai Media Stimulasi Aspek Motorik Halus Anak Usia Dini di TK Lingga Kumara Kelurahan Cempaga Kecamatan Bangli Kabupaten Bangli. Jurnal Ilmiah Potensia, 8(2), 312–323.

Elok, R., Nurul, I., & Badrus, S. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Daur Ulang Sampah Sebagai Media Pembelajaran di Masa Covid-19 Di Ra As-Sabrowi Ledokombo Jember. Al-Ijtim?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 66–81.

Falakhunnisa, Aini, Q., & Wafirah, M. (2021). Pemanfaatan Media Sosial dalam Optimalisasi Pembelajaran Daring di Desa Gunungpring. Khidmatan, 1(2), 166–174. https://doi.org/10.61136/khid.v1i2.23

Hidayati, R., Habibi, I. M. S. A. M., & Astini, B. N. (2021). Penggunaan Media Tumbuh-Tumbuhan Dalam Peningkatan Kreativitas Menggambar Anak Usia 5-6 Tahun Di Desa Ongko Tahun 2020. Journal of Elementary and Childhood Education, 1(1), 208–214. Retrieved from https://journal.publication-center.com/index.php/ijece/article/view/659

Jannah, N. R., & Pratiwi, W. (2021). Pendampingan Kegiatan Belajar Siswa dengan Memanfaatkan Barang Bekas untuk Meningkatkan Minat dan Kreativitas Belajar Siswa pada Era Covid-19. Bulletin of Community Engagement, 1(2), 61–70.

Kasi, R. (2022). Pembelajaran Aktif?: Mendorong Partisipasi Siswa. Jurnal Pembelajaran, 1(1), 1–12.

Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). Perkembangan Kognitif dan Implikasinya dalam Dunia Pendidikan: Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky. Jurnal Madaniyah, 11(1), 1–14.

Kironoratr, L., Ermawati, D., & Riswari, L. A. (2023). Pelatihan Peningkatan Kreativitas Anak Melalui Media Cat Air Dan Barang Bekas Pada Guru Sekolah Dasar Lintang. Amal Ilmiah?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 53–62.

Maghfirah, S. (2019). Pemanfaatan Barang Bekas dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak. A?f?lun?: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(1), 48–52. https://doi.org/10.32505/atfaluna.v2i1.938

Maula, A. U., & Sholeh, D. (2021). Pendampingan Pembelajaran Kitab Uyunul Masail Di Dusun Krutuk Selama Masa Pandemi. Khidmatan, 1(1), 62–79.

Muasmara, R., Abror, M., Sinaga, N. S., & Nela Rosa, N. (2021). Meningkatkan Pemahaman Guru Melalui Pelatihan Online Pembuatan APE pada Kondisi Covid-19 di RA Al Falah Tanjungpinang. JPPM Kepri: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat Kepulauan Riau, 1(1), 65–73.

Mujahidah. (2015). Implementasi Teori Ekologi Brofenbrenner Dalam Membangun Pendidikan Karakter yang Berkualitas. Lentera, 19(2), 171–185.

Nuryati, N., & Fauziati, E. (2021). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di SD Negeri Sumogawe 01 Kab. Semarang. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 86–95. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v3i2.1153

Salsabila, N., Fitri, C. A., Elycia, A. D., Pulungan, W. A., Rizkina, R., & Wahyuni, S. (2023). Pentingnya Keterampilan Kewirausahaan dalam Pendidikan Anak Usia Dini. KHIRANI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 231–238.

Setyawan, W. H., Rahayu, B., Muafiqie, H., Ratnaningtyas, M., & Nurhidayah, R. (2022). Asset Based Community Development (ABCD). Samarinda: PT. Gaptek Media Pustaka.

Sit, M., Khadijah, Nasution, F., Wahyuni, S., & Rohani. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Medan: Perdana Publishing.

Suryana, E., Aprina, M. P., & Harto, K. (2022). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2070–2080. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.666

Tiurlina, R. D. P., Tiurlina, & Fatihaturosyidah. (2023). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di Kelas V SDN Cilegon IX Sebagai Upaya Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Journal of Student Research, 1(2), 394–403. https://doi.org/10.55606/jsr.v1i2.1047

Widiyasari, R., Sundi, V. H., Sriminarti, N., Saraswati, E., & Bellantie, M. P. (2022). Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Alat Peraga Edukatif Dalam Proses Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LP UMJ, 4(2), 139–205. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Downloads

Published

2024-03-27

How to Cite

Pramudiyanti, D. A., Dahlia, D., & Purwanto, P. (2024). PENGEMBANGAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI PENDAMPINGAN PEMANFAATAN BARANG BEKAS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3234–3241. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.26480