PELATIHAN OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI ERA KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENUJU SEKOLAH EFEKTIF

Authors

  • Sitti Roskina Mas Universitas Negeri Gorontalo
  • Arwildayanto Arwildayanto Universitas Negeri Gorontalo
  • Arifin Arifin Universitas Negeri Gorontalo
  • Sulkifly Sulkifly Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.26421

Keywords:

Pembelajaran Berdiferensiasi, Kurikulum Merdeka, Sekolah Efektif

Abstract

Hal yang mendasari untuk melaksanakan workshop pendampingan pembelajaran berdiferensiasi dalam implementasi kurikulum merdeka untuk guru-guru sekolah dasar se-Kabupaten Gorontalo dikarenakan beberapa guru belum dapat mengimplementasikan kurikulum merdeka secara optimal tuntutan dalam penyelenggaraan pembelajaran berdiferensiasi serta belum dapat melaksanakan asesmen awal pembelajaran dan asesmen yang berbasis HOTS. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode Pelatihan dalam bentuk workshop dengan rangkaian kegiatan: 1) persiapan, 2) Pelaksanaan, 3) Evaluasi, 4) Rencana tindak lanjut. Hasil kegiatan menunjukkan: 1) Hasil Pre Test dan Post Test Kemampuan dalam menyusun Asesment Awal rata-rata nilai yang diperoleh guru pada Pre Test sebesar 67,24%, sedangkan untuk rata-rata nilai yang diperoleh guru pada Post Test sebesar 70,12%. 2) Hasil Pre Test dan Post Test Kemampuan dalam menyusun Asesment Formatif dan Sumatif Pembelajaran menunjukkan perbandingan yaitu 50,6 % berbanding 61,22 %. Hal ini menunjukkan bahwa pemahaman guru mengalami penurunan dalam menyusun Assessment Formatif dan Sumatif yang dibuktikan dengan perbandingan pemahaman guru dalam menyusun Assessment Awal. 3) Hasil Pre Test dan Post Test Kemampuan dalam merancang Assessment berbasis HOTS (higher order thingking skills) dalam pembelajaran menunjukkan adanya penurunan pemahaman guru yang mengikuti workshop hasil Pre Test sebesar 59,6 % dan Post Test sebesar 36,32 %. Hal ini menunjukkan bahwa kemapuan guru dalam melakukan assessment berbasis HOTS (higher order thingking skills) mengalami penurunan yang sangat rendah dibandingkan dengan diagram assessment awal dan assessment formatif dan sumatif

References

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya Bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Basir, M. R., Muhaqqiqoh, S. S., & Pandiangan, A. P. B. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Strategi Mencapai Tujuan Pembelajaran dalam Kurikulum Merdeka. INOVASI: Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan, 1(2), 132-138.

Breaux, E., & Magee, M. B. (2010). How the best teacher differentiate instruction. Eye on Education.

Fadilla, A. N., Relawati, A. S., & Ratnaningsih, N. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika Daring Di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal jendela pendidikan. 01(02), 48–60.

Fox, J., & Hoffman, W. (2011). The differentiated instruction book of lists. John Wiley & Sons.

Herwina, W. 2021. Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. 2021. Perspektif Ilmu Pendidikan. 35(2). 175-182. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/pip/article/view/22057/11386

Irdhina, D., Suwarma, I. R., Anggraeni, A., Purba, M., Purnamasari, N., & Saad, M. Y. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction) pada Kurikulum Fleksibel sebagai Wujud Merdeka Belajar di SD Cikal Cilandak. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.

Jatmiko, H.T.P & Putra, R. S. (2022). Refleksi Diri Guru Bahasa Indonesia Dalam Pembelajaran Berdiferensiasi Disekolah Penggerak. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya, 6(2), 224–232.

Kamal, S. 2021. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri Barabai. JULAK: Jurnal Pembelajaran & Pendidik. 1. (1).

Marlina, M. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. PLB FIP UNP: Padang.

Purba, M., Purnamasari, N., Soetantyo, S., Suwarna, I. R., & Susanti, E. I. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi (Differentiated Instruction ).

Schiffman dan Kanuk. (2009). Perilaku Konsumen Edisi ke-7. Jakarta: Indeks.

Sumarwan, U. 2018. Perilaku Konsumen Edisi Kedua. Ghalia Indonesia: Bogor

Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. ASCD. Tomlinson. (Modul 2.1 PGP, 2020)

Downloads

Published

2024-07-26

How to Cite

Mas, S. R. ., Arwildayanto, A., Arifin, A., & Sulkifly, S. (2024). PELATIHAN OPTIMALISASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI ERA KURIKULUM MERDEKA UNTUK MENUJU SEKOLAH EFEKTIF. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7011–7022. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.26421