RINTISAN KELOMPOK BELAJAR ANAK DISABILITAS DI DESA KROMENGAN KABUPATEN MALANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2629Keywords:
Disabilitas, Desa, Kelompok Belajar.Abstract
Perluasan kesempatan belajar dan persepsi keliru serta kecenderungan mendiskriminasikan anak penyandang disabilitas merupakan persoalan serius yang dihadapi oleh Desa Kromengan. Tujuan kegiatan ini adalah mewujudkan aksesibilitas dan kesetaraan hak untuk memperoleh pendidikan yang layak bagi anak disabiltas dalam bentuk rintisan kelompok belajar di Desa Kromengan, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam beberapa tahapan diantaranya melakukan pendataan dan verifikasi data anak disabilitas usia sekolah yang kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi pentingnya pendidikan bagi anak disabilitas serta memberikan pendampingan langsung dalam bentuk kelompok belajar kepada anak-anak disabilitas. Hasil kegiatan ini adalah teridentifikasinya sejumlah anak disabilitas usia sekolah; berhasil memberikan edukasi tentang pentingnya pendidikan bagi anak disabilitas bagi orang tua dan seluruh komponen masyarakat; dan terwujudnya rintisan kelompok belajar bagi anak usia sekolah di Desa Kromengan. Kegiatan ini berdampak sangat besar dalam mewujudkan kepedulian masyarakat Desa Kromengan terhadap layanan pendidikan anak disabilitas usia sekolah dan mewujudkan kesempatan serta wadah belajar bagi anak disabilitas, sehingga diharapkan mampu meningkatkan taraf pendidikan dan kesejahteraan bagi anak disabilitas di Desa Kromengan.References
Afifah, W., & Hadi, S. (2018). Pengaturan Hak Pendidikan Disabilitas (Sebagai Persiapan Penerapan Teknologi Berkemanusiaan). IPTEK Journal of Proceedings Series, 0(5), 272. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4446
Albrecht, G. L., Seelman, K. D., & Bury, M. (2001). Handbook of Disability Studies. Sage Publications.
Anzari, M., Sarong, A. H., & Rasyid, M. N. (2018). Hak Memperoleh Pendidikan Inklusif Terhadap Penyandang Disabilitas. Syiah Kuala Law Journal, 2(1), 17.
Astuti, P. (2018). Pentingnya Pembentukan Kelompok Difabel Mandiri di Desa. /baca/4205-pentingnya-pembentukan-kelompok-difabel-mandiri-desa
Bureau international du travail. (2007). The employment situation of people with disabilities: Towards improved statistical information. International Labour Office.
Hanjarwati, A., & Aminah, S. (2014). Evaluasi Implementasi Kebijakan Pemerintah Kota Yogyakarta Mengenai Pendidikan Inklusi. INKLUSI, 1(2), 221. https://doi.org/10.14421/ijds.010206
ILO. (2013). Inklusi Penyandang Disabilitas di Indonesia. ILO. https://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public/---asia/---ro-bangkok/---ilo-jakarta/documents/publication/wcms_233426.pdf
ILO, & World Bank. (2012). Lokakarya Pemetaan Kegiatan Disabilitas. ILO (PROPEL-Indonesia). https://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public/---asia/---ro-bangkok/---ilo-jakarta/documents/meetingdocument/wcms_207837.pdf
INOVASI. (2019). Laporan Studi Kondisi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dan Pendidikan Inklusi di Lombok Tengah. INOVASI – Innovation for Indonesia’s School Children. http://www.inovasi.or.id
Kamil, C. M. (2019). Pentingnya Peran Orangtua di Sekolah Inklusi (1). https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/view&id=249900296
Kementerian Kesehatan RI, P. D. dan I. (2014). Situasi Penyandang Disabilitas. Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan, Semsester II, 64.
Kristanto, Y. D. (2018). Belajar Menuju Masyarakat Inklusif. http://people.usd.ac.id/~ydkristanto/index.php/2018/01/belajar-menuju-masyarakat-inklusif/
Kustiani, R. (2018, Agustus 29). Sulitnya Lepaskan Pikiran Kolot Keluarga Penyandang Disabilitas. Tempo. https://difabel.tempo.co/read/1121765/sulitnya-lepaskan-pikiran-kolot-keluarga-penyandang-disabilitas
Maftuhin, A. (2016). Mengikat Makna Diskriminasi: Penyandang Cacat, Difabel, dan Penyandang Disabilitas. INKLUSI, 3(2). https://doi.org/10.14421/ijds.030201
Mayasari, M. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. INKLUSI, 3(1), 1. https://doi.org/10.14421/ijds.030101
Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. (2011). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2011 Tentang Pengesahan Convention on The Rights of Persons with Disabilities (Konvensi Mengenai Hak-Hak Penyandang Disabilitas). Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. https://www.bphn.go.id/data/documents/11uu019.pdf
Ningsih, E. R. (2014). Mainstreaming Isu Disabilitas di Masyarakat dalam Kegiatan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat di STAIN Kudus. Jurnal Penelitian, 8(1), 22.
Nuraeni, S. H., Rachim, H. A., & Gutama, A. S. (2016). Partisipasi Masyarakat dalam Mendukung Pelaksanaan Pendidikan Inklusif untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i2.13653
Pokja Implementasi UU Penyandang Disabilitas. (2017, Juni 1). Penyandang Disabilitas Berhak Bebas Stigma Negatif. https://www.gerakinklusi.id/134-penyandang-disabilitas-berhak-bebas-stigma-negatif
Sholeh, A. (2015). Islam dan Penyandang Disabilitas: Telaah Hak Aksesibilitas Penyandang Disabilitas dalam Sistem Pendidikan di Indonesia. PALASTREN, 8(2).
Stubbs, S. (2008). Inclusive Education Where There Are Few Resources (E. I. Lewis, Ed.). The Atlas Alliance.
Suprihatiningrum, J. (2016). Persepsi Siswa Difabel Terhadap Praktik Pendidikan Inklusif di SMA Inklusi di Yogyakarta. Disability Studies, 3(2), 19.
UNICEF, I. R. C. (2008). Promoting The Rights of Children with Disabilities. UNICEF.
United Nations. (2014). Convention on the Rights of Persons with Disabilities. Committee on the Rights of Persons with Disabilities. https://documents-dds-ny.un.org/doc/UNDOC/GEN/G14/031/20/PDF/G1403120.pdf?OpenElement
United Nations Development Programme. (2018). Disability Inclusive Development in UNDP. United Nations Development Programme, 92.
WHO and World Bank. (2011). World Report on Disability. World Health Organization. https://www.who.int/publications-detail/world-report-on-disability
Widinarsih, D. (2019). Penyandang Disabilitas di Indonesia: Perkembangan Istilah dan Definisi. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 20(2), 16.
Yulianto, M. J. (2014). Konsepsi Difabilitas dan Pendidikan Inklusif. INKLUSI, 1(1), 20.