RINTISAN KELOMPOK BELAJAR ANAK DISABILITAS DI DESA KROMENGAN KABUPATEN MALANG

Authors

  • Prayogi Dwina Angga Universitas Mataram https://orcid.org/0000-0002-0296-3105
  • Deddy Whinata Kardiyanto Universitas Sebelas Maret
  • Sugiharto Sugiharto Universitas Negeri Malang
  • Desiana Merawati Universitas Negeri Malang
  • Angga Wahyu Setya Budi Universitas Negeri Malang
  • Firly Imaniar Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2629

Keywords:

Disabilitas, Desa, Kelompok Belajar.

Abstract

Perluasan kesempatan belajar dan persepsi keliru serta kecenderungan mendiskriminasikan anak penyandang disabilitas merupakan persoalan serius yang dihadapi oleh Desa Kromengan. Tujuan kegiatan ini adalah mewujudkan aksesibilitas dan kesetaraan hak untuk memperoleh pendidikan yang layak bagi anak disabiltas dalam bentuk rintisan kelompok belajar di Desa Kromengan, Kecamatan Kromengan, Kabupaten Malang. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dalam beberapa tahapan diantaranya melakukan pendataan dan verifikasi data anak disabilitas usia sekolah yang kemudian dilanjutkan dengan sosialisasi pentingnya pendidikan bagi anak disabilitas serta memberikan pendampingan langsung dalam bentuk kelompok belajar kepada anak-anak disabilitas. Hasil kegiatan ini adalah teridentifikasinya sejumlah anak disabilitas usia sekolah; berhasil memberikan edukasi tentang pentingnya pendidikan bagi anak disabilitas bagi orang tua dan seluruh komponen masyarakat; dan terwujudnya rintisan kelompok belajar bagi anak usia sekolah di Desa Kromengan. Kegiatan ini berdampak sangat besar dalam mewujudkan kepedulian masyarakat Desa Kromengan terhadap layanan pendidikan anak disabilitas usia sekolah dan mewujudkan kesempatan serta wadah belajar bagi anak disabilitas, sehingga diharapkan mampu meningkatkan taraf pendidikan dan kesejahteraan bagi anak disabilitas di Desa Kromengan.

Author Biographies

Prayogi Dwina Angga, Universitas Mataram

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Deddy Whinata Kardiyanto, Universitas Sebelas Maret

Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, Fakultas Keolahragaan

Sugiharto Sugiharto, Universitas Negeri Malang

Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan

Desiana Merawati, Universitas Negeri Malang

Jurusan Ilmu Keolahragaan, Fakultas Ilmu Keolahragaan

Angga Wahyu Setya Budi, Universitas Negeri Malang

Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan

Firly Imaniar, Universitas Negeri Malang

Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan

References

Afifah, W., & Hadi, S. (2018). Pengaturan Hak Pendidikan Disabilitas (Sebagai Persiapan Penerapan Teknologi Berkemanusiaan). IPTEK Journal of Proceedings Series, 0(5), 272. https://doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4446

Albrecht, G. L., Seelman, K. D., & Bury, M. (2001). Handbook of Disability Studies. Sage Publications.

Anzari, M., Sarong, A. H., & Rasyid, M. N. (2018). Hak Memperoleh Pendidikan Inklusif Terhadap Penyandang Disabilitas. Syiah Kuala Law Journal, 2(1), 17.

Astuti, P. (2018). Pentingnya Pembentukan Kelompok Difabel Mandiri di Desa. /baca/4205-pentingnya-pembentukan-kelompok-difabel-mandiri-desa

Bureau international du travail. (2007). The employment situation of people with disabilities: Towards improved statistical information. International Labour Office.

Hanjarwati, A., & Aminah, S. (2014). Evaluasi Implementasi Kebijakan Pemerintah Kota Yogyakarta Mengenai Pendidikan Inklusi. INKLUSI, 1(2), 221. https://doi.org/10.14421/ijds.010206

ILO. (2013). Inklusi Penyandang Disabilitas di Indonesia. ILO. https://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public/---asia/---ro-bangkok/---ilo-jakarta/documents/publication/wcms_233426.pdf

ILO, & World Bank. (2012). Lokakarya Pemetaan Kegiatan Disabilitas. ILO (PROPEL-Indonesia). https://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public/---asia/---ro-bangkok/---ilo-jakarta/documents/meetingdocument/wcms_207837.pdf

INOVASI. (2019). Laporan Studi Kondisi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dan Pendidikan Inklusi di Lombok Tengah. INOVASI – Innovation for Indonesia’s School Children. http://www.inovasi.or.id

Kamil, C. M. (2019). Pentingnya Peran Orangtua di Sekolah Inklusi (1). https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/view&id=249900296

Kementerian Kesehatan RI, P. D. dan I. (2014). Situasi Penyandang Disabilitas. Buletin Jendela Data dan Informasi Kesehatan, Semsester II, 64.

Kristanto, Y. D. (2018). Belajar Menuju Masyarakat Inklusif. http://people.usd.ac.id/~ydkristanto/index.php/2018/01/belajar-menuju-masyarakat-inklusif/

Kustiani, R. (2018, Agustus 29). Sulitnya Lepaskan Pikiran Kolot Keluarga Penyandang Disabilitas. Tempo. https://difabel.tempo.co/read/1121765/sulitnya-lepaskan-pikiran-kolot-keluarga-penyandang-disabilitas

Maftuhin, A. (2016). Mengikat Makna Diskriminasi: Penyandang Cacat, Difabel, dan Penyandang Disabilitas. INKLUSI, 3(2). https://doi.org/10.14421/ijds.030201

Mayasari, M. (2016). Implementasi Kurikulum 2013 pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SD Muhammadiyah Sapen Yogyakarta. INKLUSI, 3(1), 1. https://doi.org/10.14421/ijds.030101

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. (2011). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2011 Tentang Pengesahan Convention on The Rights of Persons with Disabilities (Konvensi Mengenai Hak-Hak Penyandang Disabilitas). Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. https://www.bphn.go.id/data/documents/11uu019.pdf

Ningsih, E. R. (2014). Mainstreaming Isu Disabilitas di Masyarakat dalam Kegiatan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat di STAIN Kudus. Jurnal Penelitian, 8(1), 22.

Nuraeni, S. H., Rachim, H. A., & Gutama, A. S. (2016). Partisipasi Masyarakat dalam Mendukung Pelaksanaan Pendidikan Inklusif untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i2.13653

Pokja Implementasi UU Penyandang Disabilitas. (2017, Juni 1). Penyandang Disabilitas Berhak Bebas Stigma Negatif. https://www.gerakinklusi.id/134-penyandang-disabilitas-berhak-bebas-stigma-negatif

Sholeh, A. (2015). Islam dan Penyandang Disabilitas: Telaah Hak Aksesibilitas Penyandang Disabilitas dalam Sistem Pendidikan di Indonesia. PALASTREN, 8(2).

Stubbs, S. (2008). Inclusive Education Where There Are Few Resources (E. I. Lewis, Ed.). The Atlas Alliance.

Suprihatiningrum, J. (2016). Persepsi Siswa Difabel Terhadap Praktik Pendidikan Inklusif di SMA Inklusi di Yogyakarta. Disability Studies, 3(2), 19.

UNICEF, I. R. C. (2008). Promoting The Rights of Children with Disabilities. UNICEF.

United Nations. (2014). Convention on the Rights of Persons with Disabilities. Committee on the Rights of Persons with Disabilities. https://documents-dds-ny.un.org/doc/UNDOC/GEN/G14/031/20/PDF/G1403120.pdf?OpenElement

United Nations Development Programme. (2018). Disability Inclusive Development in UNDP. United Nations Development Programme, 92.

WHO and World Bank. (2011). World Report on Disability. World Health Organization. https://www.who.int/publications-detail/world-report-on-disability

Widinarsih, D. (2019). Penyandang Disabilitas di Indonesia: Perkembangan Istilah dan Definisi. Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 20(2), 16.

Yulianto, M. J. (2014). Konsepsi Difabilitas dan Pendidikan Inklusif. INKLUSI, 1(1), 20.

Downloads

Published

2021-11-14

How to Cite

Angga, P. D., Kardiyanto, D. W., Sugiharto, S., Merawati, D., Budi, A. W. S., & Imaniar, F. (2021). RINTISAN KELOMPOK BELAJAR ANAK DISABILITAS DI DESA KROMENGAN KABUPATEN MALANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 839–846. https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2629