BIMBINGAN DAN PENYULUHAN PENINGKATAN LITERASI AL-QUR'AN DENGAN METODE 3 T DAN 1 M DI MAJLIS TAKLIM RAUDLATUL IJTIJAD KECAMATAN PULE KABUPATEN TRENGGALEK
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.26244Keywords:
Metode 3T 1M, Peningkatan Literasi Al Qur’an, Penyuluhan.Abstract
Metode 3T+1M merupakan salah satu metode yang mudah, efektif dan sesuai diimplementasikan pada masyarakat. Artikel bertujuan untuk mengkaji bimbingan dan penyuluhan peningkatan literasi Al Qur’an dengan metode 3T+1M (Tasmi’, Tafhim, Tikrar dan Muroja’ah) di Majlis Taklim Raudlatul IJtihad Kecamatan Pule Kabupaten Trenggalek. Metode yang digunakan dalam penyuluhan ini adalah metode kualititatif dengan jenis peneltian lapangan. Teknik analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penyuluhan ini menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan, penyuluh melakukan analisis terhadap masyarakat binaan untuk menyesuaikan pelajaran, dan kondisi kemampuan masyarakat. Pelaksanaannya yakni dengan mendengarkan ayat-ayat dari Al Qur’an yang dibaca penyuluh, menjelaskan pelajaran terkait kaidah bacaan dari ayat tersebut, membaca berulang-ulang hingga masyarakat mempelajari pelajaran yang diberikan, kemudian mengulang kembali pelajaran yang diberikan bersama penyuluh. Evaluasi dari metode ini dilakukan dengan mengadakan refleksi pengajian dan motivasi. Hal ini menyebabkan motivasi mempelajari Al Qur’an semakin membaik dan meningkat, sehingga dari penyuluhan ini terjadi implikasi perubahan perilaku yang semula bosan, malas dan enggan melakukan setoran pelajaran, menjadi bersemangat dan penuh kegembiraan dalam melakukan setoran Al Qur’an.References
Al-Ghazali. (2008). Ringkasan Ihya’ ’Ulumuddin. Akbar Media.
Asqalani, I. H. Al. (n.d.). Fathul Bari.
Azmi, I. R. (2019). Optimalisasi metode muroja’ah dalam program tahfidz Al-Qur’an di SMAN 9 Rejanglebong. Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 04(01). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29300/btu.v4i1.1993
Badwilan, A. S. (2009). Panduan Cepat Menghafal Al Qur’an. Diva Press.
BTR, R. Y. (2020). Implementasi Metode 3T + 1M Melalui Layanan Informasi Dalam Membantu Daya Ingat Pelajaran Al-Quran Siswa MTs Hifzil Quran Yayasan Islamic Centre Medan [Universitas Islam Negeri Sumatera Utara]. http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10626
Hakim, H. (2020). Penerapan Metode One Day One Ayat Mengembangkan Kemampuan Anak Dalam menghafal Juz Amma Di TK FKIP Unsyiah Banda Aceh [UIN Ar-Raniry]. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13977
Hasanah, M. (2021). The Role of Parents in Children Memorizing the Qur’an in Middle School Based on the Amanatul Ummah Islamic Boarding School. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 2(2), 139–156. https://doi.org/10.31538/tijie.v2i2.43
Hidayah, N., Masiyan, & Mubarak, A. (2019). Metode Tahfidz Al-Qur’an Anak Usia Dini Di Pesantren Al-Anwar Desa Teluk Kulbi Kabupaten Tanjung Jabung Barat. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.
Ismail, I., Wardi, M., Supandi, S., & Ridho, A. (2022). Pembelajaran Tahfidh Juz ‘Amma Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 3855–3867. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2015
Keswara, I. (2017). Pembelajaran Tahfidul Qu’ran (Menghafal Al-Qur’an) Di Pondok Pesantren Al Husein Magelang”. Hanata Widya, 6(2), 62–73.
Khairat, J. (2020). Hasil Belajar Santri Menggunakan Metode Talqin Dengan Qiro’Ati Dalam Pembelajaran Al-Quran Materi Tajwid Di Rumah Qur’an Ar …. https://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/handle/123456789/18803%0Ahttps://repo.iainbatusangkar.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/18803/1608107277683_perpus.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Mardhiyah, A. N., & Imran, A. I. (2019). Motivasi Menghafal Al-Qur’an pada Anak melalui Komunikasi Interpersonal. Nyimak: Journal of Communication, 3(2), 97. https://doi.org/10.31000/nyimak.v3i2.1204
Nurbaiti, R., Wahyudin, U. R., & Abidin, J. (2021). Penerapan Metode Muraja’ah Dalam Menghafal Al-Qur’an Siswa. Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 08(02), 55–59. https://doi.org/https://doi.org/10.30599/jpia.v8i2.1091
Nurfitriani, R., Hidayat, M. A., & Musradinur, M. (2022). IMPLEMENTASI METODE KITABAH DAN METODE WAHDAH DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZ SISWA SEKOLAH DASAR. PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN, 11(2). https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.13642
Oktapiani, M. (2020). TINGKAT KECERDASAN SPIRITUAL DAN KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 95–108. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i1.861
Petta Solong, N., & Jazimi, I. (2020). Efektivitas Metode Muraja`ah Dalam Kegiatan Tahfîdz Al-Qur`an di Pondok Pesantren Al-Muttaqiin Taki Niode Kota Gorontalo. Irfani, 16(1), 96–114. https://doi.org/10.30603/ir.v16i1.1783
Romziana, L., Wilandari, W., Aisih, L. A., Nasihah, R. A., Sholeha, I., Haslinda, H., Nadzirotul, J., & Rahmah, K. (2021). Pelatihan Mudah Menghafal Al-Qur’an Dengan Metode Tikrar, Murajaah & Tasmi’ Bagi Siswi Kelas XI IPA Tahfidz Madrasah Aliyah Nurul Jadid. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 5(1), 161–167. https://doi.org/10.22437/jkam.v5i1.14095
Sa’dullah. (2008). 9 Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an. Gema Insani.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Suma’at, Maya, R., & Suretno, S. (2020). Peran Guru Al-Qur ’ an dalam Meningkatkan Hafalan Santri di Kuttab Awwal Usia Satu Sampai Enam Tahun Dengan Metode Talaqqi di Kuttab Al-Fatih Kepala Dua Kota Depok Tahun Ajaran 2019 / 2020. Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, 2(2B), 11–24.
Toyibah, S. A., Sulianti, A., & Tahrir. (2018). Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kesejahteraan psikologis pada mahasiswa penghafal Alquran. Jurnal Psikologi Islam, 4(2), 191—204. https://jpi.api-himpsi.org/index.php/jpi/article/view/49
Ulumiyah, M., Maarif, M. A., & M. Afif Zamroni. (2021). Implementation of the Tallaqi, Tafahhum, Tikrar and Murajaah (3T+1M) Method in the Tahfidz Istana Palace Learning Program. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 6(1), 23–33. https://doi.org/10.35316/jpii.v6i1.342
Wahid, W. A. (2013). Cara Cepat Bisa Menghafal Al-Qur’an. Diva Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ahmad Fathoni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.