PENGUATAN PEMASARAN VIRTUAL ECOTOURISM BAGI KELOMPOK SADAR WISATA DI DESA PATAAN, KABUPATEN LAMONGAN

Authors

  • M. Nilzam Aly Universitas Airlangga
  • Damar Kristanto Universitas Airlangga
  • Gagas Gayuh Aji Universitas Airlangga
  • Rizky Amalia Sinulingga Universitas Airlangga
  • Aji Akbar Firdaus Universitas Airlangga
  • Angkita Wasito Kirana Universitas Airlangga
  • Bambang Suharto Universitas Airlangga

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.26232

Keywords:

Ekowisata, Pemasaran Virtual, Desa Wisata, Pokdarwis, Desa Pataan.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi memberi perubahan bagi pertumbuhan ekonomi. Semakin beragam dan mudah informasi yang didapatkan mengakibatkan pertumbuhan ekonomi semakin pesat. Teknologi informasi saat ini tentu membutuhkan sebuah jaringan internet. Sebagian besar masyarakat era 4.0 sekarang ini sudah mengikuti perkembangan teknologi yang pesat, sehingga semua aspek kehidupan dominan mengunakan tekonologi yang canggih khususnya di bidang pariwisata. Tetapi kondisi ini perlu disikapi dengan tetap mengedepankan aspek pengembangan sumber daya manusia dalam memanfaatkan teknologi. Upaya peningkatan kualitas manusia Indonesia dalam mencapai Visi Indonesia Emas 2045 menjadi fokus kebijakan pemerintah. Hal ini tercermin Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2023, yaitu “Peningkatan SDM untuk Pertumbuhan Berkualitas”. Tema ini sangat didukung oleh civitas perguruan tinggi dengan melakukan kegiatan pengabdian masyarakat melalui pelatihan penguatan pemasaran pariwisata virtual untuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Pataan di Kabupaten Lamongan. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk Peningkatan kualitas anggota pokdarwis dalam hal pembuatan konten pariwisata virtual dengan daya tarik ekowisata di Desa Pataan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pelatihan tentang pemasaran digital dan pendampingan penggunaan drone dan handphone untuk pembuatan konten virtual. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta mampu secara terstruktur dan konsisten membuat konten virtual di media sosial milik pokdarwis Desa Pataan

References

Aly, M. Nilzam, and Marlin Pernilawati Susilawati Ruyawari. 2019. "Pemanfaatan Limbah Bonggol Jagung Sebagai Media Budi Daya Jamur Di Desa Pataan Kecamatan Sambeng Kabupaten Lamongan." Darmabakti Cendekia 1 (2): 34-38.

Ariyani, Nafiah, and Kholil. 2022. "Pengembangan Digital Marketing Desa Wisata Boyolayar-Kedung Ombo Pada Masa Pandemi Covid-19." Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan 2 (5): 202-210.

Bappenas, Kementerian PPN/. 2023. Perkembangan Ekonomi Indonesia dan Dunia Triwulan IV Tahun 2022. Vol. 6. 4 vols. Jakarta, Jakarta: Kementerian PPN/ Bappenas.

Damayanti, Putu Widya, I Made Darma Oka, and Fransiska Fila Hidayana. 2023. "Peran Digital Marketing dalam Pengembangan Desa Wisata Di Kabupaten Tabanan." Jurnal Kajian dan Terapan Pariwisata 3 (2): 20-30. doi:10.53356/diparojs.v3i2.78.

Kristiyanti, LMS, Maya Widyana Dewi, Muhammad Cholis, Karina Astari, and Nisfu Syaban. 2023. "Pengembangan Desa Melalui UMKM dan Ekowisata Di Desa Mranggen." Jurnal Budimas 5 (2): 1-6.

Ningrum, Srisetia, Moh. Agus Salim Monoarfa, and Andi Juanna. 2023. "Pengaruh Digital Marketing Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung Di Pantai Botutonuo." Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 6 (1): 225-241.

Rofii, Faqih, Fachrudin Hunaini, Ngudi Tjahjono, and Muhammad Ifan Fanani. 2018. "Drone Untuk Fotografi dan Videografi Bagi Pegiat Wisata Desa Gubugklakah Poncokusumo Kabupaten Malang." Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH 2018). Universitas Widyagama Malang. 305-314.

Thoha, Achmad Siddik, Isnen Fitri, Devi Fitri Yanti, Ogung Hariara Emmanuel Manurung, Atur Muhammad Simamora, Laely Nurfauziah, Nia Kitami Jayanti, and Dicky Firmansyah. 2022. "Pemanfaatan Drone untuk Pemetaan Potensi Ekowisata Mangrove di Percut Sei Tuan Deli Serdang Sumatera Utara." Seminar Nasional Pengabdian dan CSR Ke-2 Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret SurakartaTahun 2022. Surakarta. 145-155.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Aly, M. N. ., Kristanto, D. ., Aji, G. G. ., Sinulingga, R. A. ., Firdaus, A. A. ., Kirana, A. W. ., & Suharto, B. . (2024). PENGUATAN PEMASARAN VIRTUAL ECOTOURISM BAGI KELOMPOK SADAR WISATA DI DESA PATAAN, KABUPATEN LAMONGAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2652–2657. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.26232