PENYULUHAN ASI EKSKLUSIF PADA IBU HAMIL DAN IBU YANG MEMILIKI BAYI BERUMUR 0-6 TAHUN

Authors

  • Nurjanna Nurjanna Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap
  • Asmah Sukarta Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap
  • Resky Devi Akib Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap
  • Syahriani Syahriani Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap
  • Nur Laela Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap
  • St. Nurbaya Institut Teknologi Kesehatan dan Sains Muhammadiyah Sidrap

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.26169

Keywords:

ASI Eksklusif, Sosialisasi, Ibu Hamil, Bayi

Abstract

ASI merupakan makanan yang utama bagi bayi karena mengandung nutrisi yang optimal untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. ASI mengandung semua zat gizi yang diperlukan untuk tumbuh kembang anak yang optimal. ASI mengandung taurin suatu bentuk zat putih telur yang hanya terdapat pada ASI. Bayi yang mengalami gangguan tumbuh kembang akan mengalami penyimpangan pertumbuhan dan penyimpangan perkembangan.  Wujud dalam pelaksanaan tridarma dalam perguruan tinggi, dilakukan pengabdian kepada masyarakat tentang Sosialisasi pemberian ASI eksklusif pada ibu hamil dan ibu byang memiliki bayi 0-6 bulan. Harapannya mampu menunjang ketercapaian pemberian ASI Eksklusif dan peningkatan tumbuh kembang pada anak. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan orangtua terutama ibu hamil dalam persiapan menyusui dan ibu bayi. Kegiatan pengabdian ini dilakukan dimana sasarannya adalah orangtua atau ibu yang memiliki anak bayi atau balita. Hasil pengabdian masyarakat ini menunjukkan bahwa orangtua mampu mengetahui dan memahami penilaian tahap tumbuh kembang pada anak. Selain itu diharapkan kedepannya orang tua mempunyai kesiapan dan kewaspadaan dalam keberhasilan pemberian ASI Eksklusif.

References

Caitom, C. D., Rumayar, A. A., Tucunan, A. A. T., Kesehatan, F., Universitas, M., Ratulangi, S., & Sario, P. (2019). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Pemberian Asi Pemberian Asi Eksklusif Di Wilayah Kerja Puskesmas Sario Kota Manado. 8(7), 108–114.

Daryanti, E. (2022). Factors Associated With The Application Of Early Detection Of The Development Of Children Aged 0-72 Months By Community Health Volunteers. International Conference On Health …, 16–27.

Kementrian Kesehatan Ri. (2018). Profil Kesehatan Indonesia 2018.

Kesehatan, S. N. (2019). Penguatan Dan Inovasi Pelayanan Kesehatan.

Mahmudah, S. (2023). Peningkatan Peran Ibu Melalui Pendampingan Dan Edukasi Pemantauan Tumbuh Kembang Balita. Ejoin?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(11), 1326–1332.

Mega Ayu Wulandari. (2020). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Pemberian Asi Eksklusif.

Nurhidayat, M. (2021). Hubungan Riwayat Pemberian Asi Eksklusif, Mp-Asi, Dan Kejadian Penyakit Infeksi Dengan Status Gizi Bayi Usia 6-12 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Tamangapa Kota Makassar.

Silawati, V., Nurpadilah, & Surtini. (2020). Deteksi Dini Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia Dini Di Pesantren Tapak Sunan Jakarta Timur Tahun 2019. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 88–93.

Unique Gita Claudia. (2018). Gambaran Perubahan Pengetahuan Tentang Asi Eksklusif Pada Ibu Hamil Antara Sebelum Dan Sesudah Penyuluhan Menggunakan Media Leaflet Di Puskesmas Parigi Kecamatan Pondok Aren Tahun 2018. In World Development (Vol. 1, Issue 1).

Downloads

Published

2024-02-27

How to Cite

Nurjanna, N., Sukarta, A. ., Akib, R. D. ., Syahriani, S., Laela, N. ., & Nurbaya, S. (2024). PENYULUHAN ASI EKSKLUSIF PADA IBU HAMIL DAN IBU YANG MEMILIKI BAYI BERUMUR 0-6 TAHUN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2618–2621. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.26169