PENDAMPINGAN PENGGUNAAN APLIKASI DIGITAL QRIS SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN PADA UMKM
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2612Keywords:
QRIS, UMKM, PembayaranAbstract
Penggunaan alat pembayaran telah mengalami kemajuan yang sangat signifikan. Perbahan tersebut berupa alat pembayaran digital yang sangat membantu dan mempercepat proses pembayaran dan membantu mengurangi kontak fisik sebagai bentuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 yang bisa saja menempel di uang kertas sebagai alat pembayaran. QRIS adalah Quick Response Code Indonesian Standard merupakan standar kode QR Nasional sebagai media pembayaran kode QR di Indonesia yang diluncurkan oleh Bank Indonesia. Dengan penggunaan satu E-Wallet sebagai alat pembayaran untuk beberapa merchant seperti Link Aja, Gopay, OVO, DANA, ShopeePay dan lainnya sangat membantu sebagai alat transaksi pembayaran. Dimana alat pembayaran fisik ke digital dengan mudah, efektif dan efisien mudah dimplementasikan serta mampu berintegrasi dengan software yang menggunakan InterActive QRIS Open API Platform. Kegiatan pengadian masyarakat yang dilakukan STT Dumai menggunakan metode sosialisasi mengenai manfaat menggunakan QRIS dimana para pelaku UMKM masih banyak yang belum mengetahui informasi dan manfaat dari QRIS sehingga diharapkan pengadian masyarakat ini mampu membantu memberikan energi positif kepada masyarakat dalam transformasi menuju cashless society dan hasil kegiatan ini langsung dipraktekkan oleh pelaku UMKM untuk melakukan instalasi dan penggunaan aplikasi QRIS dalam transaksi pembayaran. Sehingga tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan edukasi kepada para pelaku UMKM (usaha mikro kecil menengah) untuk dapat bersaing di dunia global sehingga dapat bertransformasi di era digital bisa tercapai.References
D. Gea and N. I. Al-Azhar, "The Analysis of Factors Affecting Using Interest of QRIS Payment Systems on E-wallet Applications in Indonesia," 2021 International Conference on Information Management and Technology (ICIMTech), 2021, pp. 111-115, doi: 10.1109/ICIMTech53080.2021.9535036.
Kurniawti, E. T., Zuhroh , I. ., & Malik, N. . (2021). Literasi dan Edukasi Pembayaran Non Tunai Melalui Aplikasi QR Code Indonesian Standard (QRIS) Pada Kelompok Milenial. Studi Kasus Inovasi Ekonomi, 5(01). Retrieved from https://ejournal.umm.ac.id/index.php /skie/ article/view/14674
Sari, Nila. Vivi (2020). Revolusi Uang Digital Era 5.0 TRANSAKSI DIGITAL. Sumatera Barat: Insan Cendikia Mandiri.
Sihaloho, J. E., Ramadani, A., & Rahmayanti, S. (2020). Implementasi Sistem Pembayaran Quick Response Indonesia Standard Bagi Perkembangan UMKM di Medan. Jurnal Manajemen Bisnis, 17(2), 287-297. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i2.2384
Situmorang, M. K. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan Uang Elektronik (Dompet Digital) Sebagai Alat Pembayaran Pada Masa Pandemi Covid – 19 di Kota Medan. Maneggio : Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 123–130