SOSIALISASI LITERASI DIGITAL BERBASIS POWERPOINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF DAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA DINI

Authors

  • Asmayawati Asmayawati STKIP Situs Banten
  • Rachmatullah Jundi Universitas Bina Bangsa
  • Mursyid Irfan Universitas Bina Bangsa
  • Lilis Lilis Universitas Bina Bangsa
  • Amat Hidayat Universitas Bina Bangsa
  • Maulina Rahayu Universitas Primagraha
  • Ahmad Mubarok Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.26068

Keywords:

Anak Usia Dini; Digital Literasi; Powerpoint; Perkembangan Kognitif; Perkembangan Sosial.

Abstract

Penggunaan teknologi dalam pendidikan kini menjadi salah satu indikator penting dalam upaya meningkatkan proses pembelajaran yang berkualitas bagi Pendidikan anak usia dini terutama dalam mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan secara optimal.   tujuan dari penelitian ini mengidentifikasi pengaruh dari kegiatan literasi yang berbasis  digital pada guru Pendidikan anak usia dini yang terdiri dari empat capaian indicator adalah dengan mengakses, kemudian menyeleksi, selanjutnya memahami dan mendistribusikan berbagai informasi.  jenis penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Cakupan populasi 25 guru dari delapan Lembaga PAUD yang berada di kecamatan cibeber Teknik dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling dengan meliputi guru-guru Pendidikan anak usia dini di Kecamatan cibeber. Dari hasil analisis nilai rata-rata guru Pendidikan anak usia dini dengan literasi berbasis digital dapa penelitian ini masuk dalam kategori cukup baik. maka kompetensi pada guru Pendidikan anak usia dini dalam literasi berbasis digital wajib ditingkatkan secara optimal agar bisa menjadi lebih sempurna dalam pemanfaatan perangkat digital sebagai alat  pembelajaran, sehingga perkembangan dan pertumbuhan pada anak usia dini dapat dioptimalkan dengan baik.

References

Daniati, A. M. (2017). Mengintegrasikan TIK dalam Pembelajaran PAUD. Susunan Dewan Redaksi, September, 99.

Fitriani, Y. (2017). Analisis Pemanfaatan Berbagai Media Sosial sebagai Sarana Penyebaran Informasi bagi Masyarakat. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 19(2), 152.

Guntur, S. (2021). Problematika Hukum Penyelesaian Sengketa Pemilihan Kepala Desa Di Desa Kasumewuho Kec.Wawotobi. Varia Hukum, 3(1), 67-88.

Hermawati, N. S., & Sugito, S. (2021). Peran Orang Tua dalam Menyediakan Home Literacy Environment (HLE) pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1367-1381.

Hidayatullah, S., Syihabuddin, S., & Damayanti, V. (2021). Analisis Kebutuhan Media Literasi Berbasis Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1190-1196.

Jones, R. H., & Hafner, C. A. (2021). Understanding Digital Literacies: A Practical Introduction. In Understanding Digital Literacies: A Practical Introduction. Routledge.

Karim Syahputra, A., Kurniawan, E., & Nofriadi, N. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Informasi Upt. Puskesmas Porsea. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Royal, 2(2), 115-120. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v2i2.370 Analisis Literasi Digital Tenaga Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini DOI: 10.31004/obsesi.v6i4.2333 Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2022 | 3577

Kuntarto, H. B., & Prakash, A. (2020). Digital Literacy Among Children in Elementary Schools. Diakom : Jurnal Media Dan Komunikasi, 3(2), 157-170.

Kusumaningtias, I. T., & Hafzotillah, H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Guru PAUD Melalui Video Pembelajaran menggunakan PPT. Prosiding Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif Era Covid 19, September, 103-108.

Kusumawardani, C. T., & Dimyati, D. (2021). Penerapan E-learning pada Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pendemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 622-630.

Nai Cheng, K. (2016). Promoting family literacy through the Five Pillars of Family and Community Engagement (FACE). School Community Journal, 26(1), 199-222.

Ngongo, V. L., Hidayat, T., & Wijayanto. (2019). Pendidikan di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pasca Sarjana Universitas PGRI Palembang, 2, 999-1015.

Novitasari, Y., Reswita, R., & Efastri, S. M. (2021). Analisis Permasalahan Guru Paud Pada Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Di Masa Pandemi Covid-19. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 7(1), 26.

Palunga, R., & Marzuki. (2017). Peran Guru Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Depok Sleman. Pendidikan Karakter, Tahun VII, 109-123.

Payton, S., & Hague, C. (2010). Digital Literacy Professional Development Resource. Development.

Raharja Mauldy, R., Wardhani Kusuma, R. D., & Kusumawardani, R. (2021). Kinerja Guru Paud Dalam Penilaian Perkembangan Anak Di Masa Pandemi Covid-19. JCE (Journal of Childhood Education), 5(2), 460-472.

Raharjo, N. P., & Winarko, B. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital Generasi Milenial Kota Surabaya dalam Menanggulangi Penyebaran Hoaks. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 10(1), 33.

Sawitri, E., Astiti, M. S., & Fitriani, Y. (2019). Hambatan Dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 202-213.

Sintiawati, N. (2020). Perilaku Masyarakat Dalam Menggunakan Media Digital Di Masa Pandemi. Jurnal Akrab, 11(2), 10-19. https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v11i02.341

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sumiati, E., & Wijonarko. (2020). Manfaat Literasi Digital Bagi Masyarakat Dan Sektor Pendidikan Pada Saat Pandemi Covid-19. Buletin Perpustakaan Universitas Islam Indonesia, 3(2), 65-80.

Wegasari, K. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di SDN Cabean 3 Demak. Jurnal Penelitian, 15(1), 27

Wirasti, M. K. (2007). Refleksi Penerapan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan Di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan, 15(VIII), 91-98.

Zulaiha, D. (2013). Peran Guru Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Di Era Teknologi Digital. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689-1699.

Downloads

Published

2024-02-25

How to Cite

Asmayawati, A., Jundi, R. ., Irfan, M. ., Lilis, L., Hidayat, A. ., Rahayu, M. ., & Mubarok, A. . (2024). SOSIALISASI LITERASI DIGITAL BERBASIS POWERPOINT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN KOGNITIF DAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA DINI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2523–2529. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.26068