PKM PELATIHAN E-COMMERCE SEBAGAI BEKAL UNTUK BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMA NEGERI 6 MEDAN

Authors

  • Jamaluddin Jamaluddin Universitas Prima Indonesia
  • Herlina Novita Universitas Prima Indonesia
  • Melkyory Andronicus Universitas Prima Indonesia
  • Muhammad Agung Anggoro Universitas Prima Indonesia
  • Mas Intan Purba Universitas Prima Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.26006

Keywords:

E-Commerce, Wirausaha, Siswa

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada para peserta (siswa SMA Negeri 6) berupa pelatihan mengenai digital marketing dan e-commerce. Pelatihan yang diberikan kepada para siswa berupa pembuatan toko online, pembuatan gambar dengan aplikasi Canva, sampai dengan memiliki bisnis online (menjadi dropshipper). Diharapkan setelah terlaksananya kegiatan ini, para siswa dapat menambah penghasilan tanpa memiliki modal, cukup hanya dengan menggunakan handphone saja, yang pada akhirnya akan meningkatkan ekonomi masyarakat. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, yaitu: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap diskusi dan tanya jawab. Pada tahap persiapan, tim pengabdian membuat rencana pelaksanaan dan menyiapkan hal-hal yang dibutuhkan untuk kegiatan. Tahap pelaksanaan berupa pembelajaran dasar teknik digital marketing dan penerapan e-commerce. Para peserta dibekali pelatihan untuk membuat gambar yang menarik dengan menggunakan aplikasi Canva untuk dimasukkan kedalam marketplace. Setelah itu, peserta juga diberikan pelatihan secara langsung dalam pembuatan toko online di marketplace dan teknis menjadi dropshipper. Pada tahap diskusi dan tanya jawab, peserta dibebaskan mengajukan pertanyaan seputar materi pelatihan yang telah diajarkan dan dari sisi tim pengabdian kepada masyarakat juga memberikan pertanyaan kepada peserta untuk mengevaluasi sejauh mana pemahaman peserta dalam menerima materi yang telah diberikan. Dari hasil evaluasi dan penutupan terdapat 25 orang peserta tertarik untuk menjalankan bisnis online menjadi dropshipper dikarenakan melihat peluang bisnis online yang sangat menjanjikan, sedangkan 5 orang peserta tidak tertarik.

References

Hasanudin., dkk. (2020). Pengenalan Digital Marketing Dan Pelatihan E-Commerce Sebagai Bentuk Kewirausahaan Dini Bagi Pelajar SMK Lingga Kencana Depok. Jurnal Absiman Tridharma Manajemen, 1(2), 110-116.

Hidayat, Amin., dkk. (2021). Pelatihan Digital Marketing Dan E-Commerce Dengan Memanfaatkan Teknologi Internet Untuk Menambah Ide Kreatif Siswa Di SMK YAPINKTEK. KOMMAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pamulang, 3(1), 13-19.

Liputan 6.com. Lulusan SMA Dominasi Angka Pengangguran. (2022). Diunduh dari:

Nuraini, A., Syamsuri, et.al. (2023). Edukasi Kewirausahaan Berbasis Digital Marketing di SMK Negeri 3 Pontianak. Jurnal Anugerah, 5(1). 41-48.

Nuraisana., dkk. (2023) PKM Digital Program Kreativitas Kewirausahaan Di CV. Inti Grafika. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 4(3), 2312-2318.

Rahayu, Sri., dkk. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Masyarakat Mandiri (JMM), 5(5), 2217-2230.

Sadiyah, Khotimatus., dkk. (2020). Pengenalan Digital Marketing Dalam Upaya Meningkatkan Penghasilan Ibu Rumah Tangga (IRT) Majlis Taklim Al Auladiyah. Jurnal Dedikasi PKM Unpam, 1(3), 1-8.

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

Jamaluddin, J., Novita, H. ., Andronicus, M. ., Anggoro, M. A. ., & Purba, M. I. . (2024). PKM PELATIHAN E-COMMERCE SEBAGAI BEKAL UNTUK BERWIRAUSAHA PADA SISWA SMA NEGERI 6 MEDAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2463–2467. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.26006