PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN TRANSPORTASI ONLINE MAXIM DI KOTA BATAM
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25977Keywords:
Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan PelangganAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa Maxim di Batam. Penelitian ini menggunakan kualitas pelayanan dan harga sebagai variabel bebas dan kepuasan pelanggan sebagai variabel terikat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden dengan metode purposive random sampling. Peneliti menentukan pengambilan sampel dengan menentukan ciri-ciri tertentu sesuai dengan tujuan penelitian. Penelitian dilakukan pada pengguna jasa lebih dari satu kali penggunaan dengan usia minimal 17 tahun. Analisis data menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian membuktikan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai toleransi 0,733>0,1 dan nilai VIF (varian factor inflation) 1,365 < 1,0 dan harga memiliki pengaruh yang signifikan dan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan dengan nilai toleransi sebesar 0,733>0,1 dan nilai VIF (varian factor inflation) sebesar 1,365 < 1,0.References
Abdul Gofur. 2019. “1. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap.” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 4(1):37–44.
Abdullah, Thamrin; Tantri, Francis. 2016. Manajemen Pemasaran. 1st ed. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Aswad, Syaiful, Realize Realize, and Ronald Wangdra. 2018. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Air Bersih Masyarakat Kampung Air Batam Center.” JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam) 6(2).
Boimau, Hezron, and Juita L. D. Bessie. 2021. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Jasa Transportasi Online Grabbike.” Journal of Management?: Small and Medium Enterprises (SMEs) 14(2):169–87.
Daultani, Yash, Kshitij Goyal, and Saurabh Pratap. 2021. “An Empirical Investigation of the Relationship between Store Attributes and Customer Satisfaction: A Retail Operations Perspective.” Operations and Supply Chain Management 14(1):100–110.
Dewi, Kadek Iin Listyana, Ni Nyoman Yulianthini, and Ni Luh Wayan Sayang Telagawathi. 2019. “Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Bpjs Kesehatan Di Kota Singaraja.” Manajemen 5(2):82–92.
Fajri Muhtadi, Muhammad, Emy Rahmawati, Setio Utomo, ) Magister, and Administrasi Bisnis. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Produk Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Nasabah Tabungan Mudharabah Al Barakah Di Bank KalSel Kantor Cabang Syari’ah Banjarmasin).” Jurnal Bisnis Dan Pembangunan 9(2):14–25.
Halim, Fitria, Ardhariksa Zukhruf Kurniullah, Marisi Butarbutar, Andriasan Sudarso, Bonaraja Purba, Darwin Lie, Hengki Mangiring, Parulian Simarmata, Lalu Adi Permadi, Vina Novela, and Yayasan Kita Menulis. 2021. FullBookManajemenPemasaranJasa.
Handoko, Bagus. 2017. “Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 18(1):61–72.
Happy, Dinawaty Rajagukguk, and Raymond. 2020. “Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Seluler Simpati Di Kota Batam.” Jurnal Akrab Juara 5(3):85–95.
Mariansyah, Alvin, and Amirudin Syarif. 2020. “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Kabalu.” EKOMABIS: Jurnal Ekonomi Manajemen Bisnis 1(01):1–14.
Maryati, Feni, and Nur Elfi Husda. 2020. “Pengaruh Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Holiday Hotel Di Kota Batam.” Magisma: Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis 8(1):19–26.
Munthali, George, N. Chidimbah, and Wu Xuelian. 2020. “A New Decade for Social Changes.” Technium Social Sciences Journal 6(December):101–5.
Nassrulloh, Titik Ambarwati, and Mursidi. 2018. “1561-2893-1-Sm.” Jurnal Ilmu Manajemen 7 No. 2:102–13.
Nasution, Satria Mirsya Affandy, and Asrizal Efendy Nasution. 2021. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Pada Pengguna Aplikasi Jasa Gojek Di Medan.” Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen 4(September):235–44.
Nur, Edwar M., and Chairul Ichsan. 2019. “Kualitas Jasa, Harga Dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Jurnal Humaniora?: Jurnal Ilmu Sosial, Ekonomi Dan Hukum 2(1):10–18.
Roellyanti, Maria Valeria. 2019. “Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Maskapai Lion Air.” Jurnal Manajemen Dirgantara Vol. 12. No. 2 12(2):43–50.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatir, Dan R & D. 16th ed. Bandung: ALFABETA, CV.
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. 4th ed. ANDI.
Utari, Dian, and Nandiansi Rima Amanda. 2021. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Jasa Transportasi Online Maxim Di Kota Palembang.” JEMBATAN (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, Dan Akuntansi) 6(2):121–27.
Yanuar, Masnia Mahardi, Nurul Qomariah, and Budi Santoso. 2017. “Dampak Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Optik Marlin Cabang Jember.” Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia 3(1):61–80
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sri Prastuti Rajagukguk
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.