PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN BAGI UMKM DI KECAMATAN CILEDUG KOTA TANGERANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25923Keywords:
Pelatihan dan Pendampingan, Laporan Keuangan, UMKMAbstract
Ciledug salah satu Kecamatan yang berpenduduk 168.670 orang adalah salah satu di wilayah Kota Tangerang yang memiliki banyak UMKM yaitu 11000 berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian dengan berbagai macam jenis usaha. Kota Tangerang dengan 48000 UMKM (data Dinas Koperasi dan UMKM 2021), Dengan jumlah UMKM yang cukup banyak ini, masih sedikit yang mampu dalam mengelola keuangannya dengan benar. Begitupula dengan pengetahuan dan keahlian yang terkait digitalisasi masih minim didapat sehingga membuat pelaporan keuangan sering terkendala terdapat laporannya yang kurang akuntabel. Tujuan melakukan pelatihan dan pendampingan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman UMKM dalam tata kelola keuangan manual dan digital yang lebih baik sebagai pembaruan proses bisnis, model bisnis, dan instrumen keuangan sehingga dapat mengembangkan usaha dengan cara 1) Peningkatan tata kelola dan pencatatan laporan keuangan secara manual. Selanjutnya yang 2) Dengan bantuan media digital meningkatkan keterampilan dan keahlian pengoperasian, sehingga laporan keuangan yang disajikan akuntabel dan terkini. Hasil pelatihan dan pendampingan UMKM dapat membuat laporan keuangan dengan baik dan benar. Dengan memiliki laporan keuangan UMKM dapat melakukan pengembangan usahanya dengan mencari permodalan dan memasarkan yang terintegrasi secara digital.References
Achadiyah, B. N. (2019). Otomatisasi pencatatan akuntansi pada UMKM. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 10(1), 188–206.
Andriany, L. M., Murtianingsih, M., Rachmawati, I. K., & Ruspitasari, W. D. (2020). Pelatihan Strategi Bisnis, Pelaporan Keuangan, dan Perpajakan pada CV Safira Media Utama Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.32815/jpm.v1i1.229
Dewi, F. P. (2021). Analisis Penerimaan Software Akuntansi Accurate dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) pada Badan Usaha Non Akademik Universitas Brawijaya. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 7(2), 183– 191.
Dewi, S. R., Sriyono, S., & Sumartik, S. (2021). Pendampingan dan penguatan UMKM Desa Kenongo melalui branding dan legalitas produk di masa pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat IPTEKS, 7(1), 95–101.
Firdaus, S. A., Ilham, I. F., Aqidah, L. P., Firdaus, S. A., Astuti, S. A. D., & Buchori, I. (2020). Strategi UMKM untuk meningkatkan perekonomian selama pandemi COVID-19 pada saat new normal. OECONOMICUS Journal of Economics, 5(1), 46–62.
Hafsah, H., & Hanum, Z. (2021). Penggunaan Akuntansi Dalam Menjalankan Usaha Bagi Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Di Kelurahan Gedung Johor Kecamatan Medan Johor. Prosiding Seminar Nasional Kewirausahaan, 2(1), 307–318.
Kustanto, A. (2022). Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Sebagai: Pilar Ekonomi Kerakyatan Dalam Dimensi Politik Hukum Integratif. QISTIE, 15(1), 17–31.
Manap, Abdul. 2016). Revolusi Manajemen Pemsaran. Jakarta: Mitra Wacan Media.
-----------------. (2018). Manajemen Kewirausahaan. Jakarta: Mitra Wacana Media.
-----------------. (2021). Manajemen Kewirausahaan Era Digital. Jakarta: Mitra Wacana Media
-----------------. (2023). Pemerkasaan Bisnis Era Digital. Palangkaraya: Ruang Karya.
-----------------. (2023). The Role of Fintech in Macro, Small and Medium Enterprises (MSMES). Jurnal Ekonomi, Volume 12 No. 1. 2023. https://ejournal.seaninstitute.or.id/index.php/Ekonomi
Putri, S. (2020). Kontribusi UMKM terhadap Pendapatan Masyarakat Ponorogo: Analisis Ekonomi Islam tentang Strategi Bertahan di Masa Pandemi Covid-19. EKONOMIKA SYARIAH: Journal of Economic Studies, 4(2), 147– 162.
Suarni, A., & Sawal, A. R. (2020). Peran Akuntansi Dalam Rumah Tangga Dan Penerapan Pengelolaan Keuangan Rumah Tangga Secara Islami Di Masa Pandemi Covid-19. Assets: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 10(2), 110–129.
Thaha, A. F. (2020). Dampak covid-19 terhadap UMKM di Indonesia. BRAND Jurnal Ilmiah Manajemen Pemasaran, 2(1), 147–153.
Windusancono, B. A. (2021). Upaya Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Indonesia. Mimbar Administrasi, 18(1), 01–14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Musa Alkadim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.