UPAYA PENGUATAN MERK GUNA MENINGKATAN VOLUME PENJUALAN DAN PENDAPATAN UMKM HIJABGRAK SUMEDANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25891Keywords:
Merk, Volume penjualan, dan Pendapatan,Abstract
Produk yang dihasilkan Hijabgrak antara lain kerudung, gamis, busana muslim dan T. shirt. Produk ini dihasilkan oleh karyawan bagian produksi yang berjumlah 15 orang, dan dibantu oleh staf administrasi sebanyak 5 orang. Usaha ini hampir saja tutup ketika dihadapkan pada masa pandemic, karena bagian produksi tidak bisa menghasilkan barang dan juga tidak bisa berjualan. Pelajaran yang dapat diambil dari masa pandemic tersebut adalah pemilik usaha memberanikan diri untuk melakukan penjualan secara online melalui market place. Hasil dari uji coba tersebut mendapatkan respon dari pasar yang positif sehingga termotivasi untuk mengembangkan usaha yang lebih terintegrasi dalam hal pemasaran dan penjualan. Metode pengabdian yang dilakukan yaitu dengan melakukan survey kelapangan langsung mengunjungi objek PKM sebagai pendahuluan untuk mendapatkan data dan informasi terkait dengan permasalahan yang dihadapi oleh Hijabgrak, melakukan diskusi, menyusun rencana, memberikan pelatihan sederhana, konseling dan pengarahan terkait dengan kebutuhan Hijabgrak. Guna mengatasi permasalahan tersebut di atas, maka solusi yang ditawarkan adalah memberikan arahan tentang strategi penjualan untuk meningkatkan volume penjualan. Dalam upaya penguatan merk maka pihak Hijabgrak untuk melakukan promosi secara intensif dengan memilih biaya yang terjangkau tetapi dapat menjaring pasar. Dengan demikian pendapatan usaha dapat meningkat dan merk dapat tertanam dibenak konsumen.References
Philip Kotler (2012), Marketing Management, 12 edition, Singapore, Pearson Prentice Hall.
Undang – Undang No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro Kecil dan
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rukanda Ahmad Sulanjana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.