PENDAMPINGAN LITERASI DAN NUMERASI SERTA TEKNOLOGI SISWA SEKOLAH DASAR PADA SDN 13 SUNGAI KECIL, KAYONG UTARA

Authors

  • Endah Mayasari Universitas Tanjungpura
  • Karsim Karsim Universitas Tanjungpura
  • Pramana Saputra Universitas Tanjungpura
  • Ikram Yakin Universitas Tanjungpura
  • Heriyadi Heriyadi Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25828

Keywords:

Literasi, Numerasi, Program, Pendidikan, Teknologi, Visi.

Abstract

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan keberagaman bangsa, memiliki visi untuk menjadi negara maju pada tahun 2045. Untuk mencapai visi tersebut adalah Pembangunan Manusia serta Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, melalui percepatan pendidikan rakyat secara merata. Pendidikan merupakan kebutuhan primer setiap individu yang dapat memberikan manfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Untuk mencapai tujuan pendidikan yang diatur dalam UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, dengan mengutamakan pengembangan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berilmu, kreatif, mandiri, dan bertanggung jawab. Untuk mendukung visi Indonesia Emas, diperlukan peningkatan literasi, numerasi, dan penerapan teknologi kepada siswa. Saat ini, pembelajaran di sekolah belum sepenuhnya efektif, sehingga dibutuhkan pembelajaran yang difokuskan pada literasi, numerasi yang mendaptasi teknologi. Literasi bukan hanya tentang kemampuan membaca, tetapi juga kemampuan menganalisis dan memahami konsep dalam suatu bacaan. Di Indonesia, tingkat literasi dan numerasi masih rendah. Maka dari itu Kegitan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan untuk menumbuhkan budaya literasi, numerasi, dan teknologi di era digital, dengan melibatkan Dosen dan Mahasiswa sebagai pendamping. Melalui pendampingan literasi, numerasi, dan teknologi kepada siswa SDN 13 Sungai Raya Kecil, Kayong Utara, diharapkan dapat membantu siswa membudayakan literasi dan numerasi serta memanfaatkan teknologi. Hal ini penting agar generasi penerus bangsa menjadi berwawasan tinggi dan modern, sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman yang semakin maju.

References

Bp Paud Dan Dikmas NTT. (2019, Desember 17). Gerakan Literasi Nasional, Gerakan Bersama Demi Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Dipetik Agustus 19, 2021, dari BP PAUD DAN DIKMAS NTT:

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Direktorat Sekolah Menengah Pertama. (2021). Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Ri.

Gerakan Literasi Nasional. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Gerakan Literasi Nasional. (2019, Desember 3). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya tingkatkan Kualitas. Dipetik Agustus 2021, 2021, dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia: ualitas/.

Gerakan Literasi Nasional. (2021, Februari 9). Kemendikbud Luncurkan Kampus Mengajar Angkatan 1 Tahun 2021. Dipetik Agustus 19, 2021, dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia:

John W. Santrock (2007). Perkembangan Anak. Jilid 1 Edisi kesebelas. Jakarta: PT. Erlangga.

Kasper DL, Fauci AS. Harrison’s Infectious Diseases. Vol. xvii. The McGrawHill Companies, Inc; 2010.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Seri Pendidikan Orang Tua: Mendidik Anak di Era Digital. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Permendikbud Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti.

Prasetyo, H. (2020, Juli). Kemampuan Matematika Siswa Indonesia Berdasarkan TIMMS. Jurnal Padegogik, 3(2), 111-117.

Pusat Asesmen dan Pembelajaran. (2020). Panduan Praktis untuk Meningkatkan Literasi dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Romansyah, (2017). Analisis Daya Serap Zeolit X Hasil Sintesis dari Limbah Cangkang Kelapa Sawit terhadap Ion Logam Cu(II), Skripsi, Jurusan Kimia, FMIPA UNIMED, Medan.

Sidu. (2020, Oktober 22). Ini Dia Hasil Survei PISA Tentang Kualitas Pendidikan di Indonesia Dalam 3 Tahun Terakhir. Dipetik Agustus 2021, 2021, dari Ayo Menulis:

Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan, Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: PT. Bumi Aksara. 52 Sukardi. (2010). Evaluasi Pendidikan, Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Utami, L. D. (2021, Maret 23). Tingkat Literasi Indonesia di Dunia Rendah, Rangking 62 Dari 70 Negara. Dipetik Agustus 14, 2021, dari Perpustakaan Amir Machmud:

Downloads

Published

2024-02-22

How to Cite

Mayasari, E. ., Karsim, K., Saputra, P., Yakin, I. ., & Heriyadi, H. (2024). PENDAMPINGAN LITERASI DAN NUMERASI SERTA TEKNOLOGI SISWA SEKOLAH DASAR PADA SDN 13 SUNGAI KECIL, KAYONG UTARA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2449–2455. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25828