PENDAMPINGAN PENULISAN CERITA PENDEK BERORIENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA BAGI GURU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25786Keywords:
Cerpen, Pendampingan, Penulisan, Profil Pelajar PancasilaAbstract
Keterampilan menulis adalah kepandaian melakukan komunikasi tidak langsung yang berupa pemindahan pikiran atau perasaan dengan memanfaatkan struktur bahasa dan kosakata sehingga dapat dibaca. Berdasarkan wawancara dengan guru di SMA Islam Kota Batu, guru di sekolah tersebut belum pernah menulis cerita pendek. Sehingga, kegiatan menulis pendek sangat penting dilakukan agar referensi di sekolah semakin beragam dan literasi untuk peserta didik semakin meningkat. Tujuan program pengabdian yang nantinya akan memberi dampak diantaranya (a) pembaharuan pengetahuan bagi kepala sekolah dan guru terkait penulisan cerita pendek, (b) peningkatan produktifitas guru dalam menulis cerita pendek, (c) peningkatan kompetensi guru dalam menulis cerita pendek berorientasi profil pelajar pancasila, (d) peningkatan kegiatan pengembangan ilmu, dan teknologi baik di perguruan tinggi maupun sekolah, (e) memberikan kontribusi positif kepada masyarakat terkait pemanfaatan cerita pendek berorientasi profil pelajar pancasila sebagai referensi bahan ajar di sekolah.References
Angela, L., Indrani, H. C., & Kattu, G. S. (2019). Implementasi Konsep SMART pada Perancangan Interior Coffee Cafe & Roastery Di Surabaya. Intra, 7(2), 610–618.
Hikmatin, T. (2020). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Cerita Pendek. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(03), 286.
Indarwati, N. (2021). Pelaksanaan Workshop untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Membimbing Kegiatan Ekstrakurikuler Tulis dan Baca Puisi Kepada Siswa Melalui Teknik Asosiasi dan Fantasi. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(6), 782–791.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.
Karakter, P. P. (2023). Profil Pelajar Pancasila. https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/profil-pelajar-pancasila/
KBBI, T. P. (2022). Tanggapan atas Kritik terhadap Entri Perempuan di KBBI.
Malik, M. (2023). Contoh Kerangka Cerpen Terbaik untuk Membuat Karya Fiksi Yang Menarik. Muliawan, B. (2020). Analisis Kerangka Dalam Keterampilan Menulis Teks Cerita Pendek. In Jurnal Bahasa.
Nufus, H. (2018). Pembelajaran Membaca Cerita Anak Dengan Strategi Pemetaan Cerita Rumpang Pada Siswa Kelas V Sd Negeri 103 Palembang. Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 1(1).
Palimbong, Y. W., Saud, S., & Saleh, N. (2020). Penerapan Media Video Animasi dalam Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Jerman Siswa Kelas II SMAN 11 Makasar. Diss. Universitas Negeri Makassar, Pembimbing I, 1–10.
Salwa, N. (2023). Mengembangkan Bakat Menulis Siswa SMK: Strategi Inovatif Untuk Menjadi Penulis Cerpen Yang Handal. Protasis.Amikveteran.Ac.Id, 2(1), 229–244.
Sawadi, S. (2019). Peningkatan Kompetensi Sosial Guru Melalui Workshop Guru di SDN-1 Sukajaya Tahun 2018. Anterior Jurnal, 19(1), 97–104.
Subakti, H., & Handayani, E. S. (2020). Pengembangan Menulis Cerita Pendek Kearifan Lokal Menggunakan Model Mind Mapping Siswa SD Kota Samarinda. Jurnal Serambi Ilmu, 21(2), 171–184.
Subekti, E. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Narasi Dengan Menggunakan Media Gambar Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Baturaden. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 5(1), 10–23.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hidayah Budi Qur’ani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.