PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN DALAM MEMBANGUN KARAKTER SISWA BERLANDASKAN NILAI-NILAI PANCASILA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25763Keywords:
Pengabdian Kepada Masyarakat, Kepemimpinan Berbasis Pancasila, Pelatihan Nilai-Nilai Pancasila, Pembentukan Generasi Berkarakter, ITB SwadarmaAbstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini ditujukan untuk melakukan Pelatihan dan Pengembangan Kepemimpinan dalam Membangun Karakter Siswa Berlandaskan Nilai-Nilai Pancasila di ITB Swadarma. Metode kegiatan mengintegrasikan teknik ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi, kegiatan ini bertujuan membentuk karakter dan kepemimpinan siswa dengan fondasi nilai-nilai Pancasila. Pembekalan melibatkan motivasi dan identifikasi kebutuhan, sementara pemberian materi terfokus pada pengembangan keterampilan kepemimpinan dan implementasi nilai-nilai Pancasila. Melibatkan civitas akademik selama 3 hari, kegiatan ini mencapai tujuannya pada 5-7 Januari 2024. Evaluasi partisipatif menunjukkan keberhasilan dalam menciptakan pengalaman pembelajaran berbasis karakter, menghasilkan siswa yang tidak hanya cerdas intelektual, tetapi juga memiliki karakter dan kepemimpinan yang sesuai dengan nilai-nilai luhur Pancasila.References
Arifin, A., Haryanto, H., Basri, M., & Ansari, A. (2018). Multicultural Approach In Developing Instructional Learning Material At Indonesian Senior High School. Proceedings Of The 65th Teflin International Conference, 65(02).
Ichsan, F. N. (2021). Implementasi Perencanaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Bangsa Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, 13(2), 281–300.
Ismaya, B., Perdana, I., Arifin, A., Fadjarajani, S., & Anantadjaya, S. P. D. (2021). Merdeka Belajar In The Point Of View Of Learning Technology In The Era Of 4.0 And Society 5.0. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 13(3), 1777–1785.
Istianah, A., Mazid, S., Hakim, S., & Susanti, R. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Pancasila Untuk Membangun Karakter Pelajar Pancasila Di Lingkungan Kampus. Jurnal Gatranusantara, 19(1), 62–70.
Kurnia, H. (2023). Upaya Meningkatkan Pendidikan Indonesia Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 472–478.
Kusmaryani, W. (2021). Supporting And Engaging Border Area Teachers In Online Learning. 2nd International Conference On Innovation In Education And Pedagogy (Iciep 2020), 17–21.
Lickona, T. (2022). Mendidik Untuk Membentuk Karakter. Bumi Aksara.
Nur, M., Hardianti, J. A., Syaharuddin, M., & Kasim, A. (2020). Fertilizer Subsidy Policy Implementation Evaluation Government Onion Farmers Increase Productivity In Enrekang.
Nur, M., Musa, A. E. Z., Harifuddin, H., & Zainuddin, R. (2023). Academic Services Based On Minimal Service Standards At Ami Makassar Maritime Polytechnic.
Sakinah, R. N., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Karakter Dasar Para Generasi Muda Dalam Menghadapi Era Revolusi Industrial 4.0. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 152–167.
Sandika, I. K. B., Widiartha, K. K., Sudipa, I. G. I., & Parwita, W. G. S. (2022). Pengelolaan Bank Sampah Sebagai Upaya Edukasi Masyarakat Pada Desa Kukuh, Kecamatan Kerambitan: Waste Bank Management As A Community Education Effort In Kukuh Village, Kerambitan District. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(2), 47–53.
Sopian, A., Usanto, S., & Sauri, R. S. (2023). The Leadership Of The Head Of The Study Program In Efforts To Improve Lecturer Performance. Jhss (Journal Of Humanities And Social Studies), 7(3.), 1222–1229.
Suprayitno, A., & Wahyudi, W. (2020). Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Deepublish.
Usanto, U., Sucahyo, N., Warta, W., Khie, S., & Fitriyani, I. F. (2023). Transformasi Kepemimpinan Yang Bersifat Profetik Dan Pemberdayaan Masyarakat Di Era Society 5.0 Yang Berkelanjutan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 5287–5301.
Warta, W., Usanto, U., Sopian, A., & Sucahyo, N. (2023). The Leadership Style Of The Program Chair In Improving The Performance Of Lectures And Its Relevance To The Quality Of Education: A Case Study Of The Informatics Engineering Program At Itb Swadharma. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 3796–3810.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Usanto S
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.