EKSISTENSI MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI DAN NUMERASI SISWA MELALUI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR DI SMP N 15 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25734Keywords:
Kampus Mengajar, MBKM, SMP Negeri 15 Kota Bengkulu, MahasiswaAbstract
Kampus mengajar merupakan wadah bagi mahasiswa untuk belajar di luar kampus selama kurang lebih satu semester untuk mengembangkan keterampilan kepemimpinan, kemampuan berkomunikasi, dan rasa tanggung jawab sosial. Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 ini diberikan amanah untuk mengembangkan kemampuan literasi dan numerasi siswa pada jenjang Sekolah Dasar,Sekolah Menengah Pertama,dan Sekolah menengah Kejuruan. Maka dari itu kami merancang program-program yang berkaitan dengan peningkatan literasi dan numerasi melalui media pembelajaran yang kreatif dan interaktif. Sekolah yang menjadi sasaran pelaksanaan program kampus mengajar angkatan 6 ini yaitu SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Adapun program kerja yang sudah dilaksanakan selama penugasan yaitu peningkatan literasi dan numerasi siswa,adaptasi teknologi,revitalisasi perpustakaan,menghidupkan lorong baca,apotik hidup dan sosialisasi karakter siswa. Setelah menjalankan masa penugasan kurang lebih 4 bulan terhitung sejak 14 Agustus 2023 hingga 5 desember 2023,mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 maupun pihak sekolah sama-sama terbantu dengan adanya program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) oleh Kemendikbud. Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 tidak hanya mendapatkan pengetahuan akademis, tetapi juga mendalami nilai-nilai kepedulian sosial dan kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan yang beragam. Pihak sekolah tentunya juga sangat terbantu dengan kehadiran mahasiswa,terutama dalam peningkatan literasi dan numerasi siswa,adaptasi teknologi,pelestarian lingkungan dan pengembangan karakter siswa.References
Elizagoyen, V., & Pons, J. (2008). Agen. ADLFI. Archéologie de La France - Informations, 1(1), 32–43. https://doi.org/10.4000/adlfi.2398
Fitriana, A., & Kurniasih, N. (2021). Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Mahasiswa PAI yang Aktif Berorganisasi Di IAIIG Cilacap). Jurnal Tawadhu, 5(1), 44–58.
Han, W., Susanto, D., Dewayani, S., Pandora, P., Hanifah, N., Miftahussururi., Nento, M. N., & Akbari, Q. S. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Tim GLN Kemendikbud., 8(9), 1–58.
Hidayat, R., Ag, S., & Pd, M. (n.d.). Buku Ilmu Pendidikan Rahmat Hidayat & Abdillah.
Lisnawati, I., & Ertinawati, Y. (2019). Literasi Melalui Presentasi. Metaedukasi, 1(1), 1–12.
Machmudah, N. H. (2023). Pros_171. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Ekonomi, 2(1), 171–180. https://ukitoraja.id/index.php/semnas/article/download/168/158
Rachman, B. A. R., Firyalita Sarah Fidaus, Nurul Lailatul Mufidah, Halimatus Sadiyah, & Ifit Novita Sari. (2021). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Melalui Program Kampus Mengajar Angkatan 2. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(6), 1535–1541. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i6.8589
Rahmat, D. A. (2010). Pengantar Pendidikan Teori, Konsep, dan Aplikasi. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 1–159.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hamidillah Ridha Rahmawat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.