GAME EDUKATIF SEBAGAI UPAYA MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE ANAK USIA DINI DI GKJ SALIB PUTIH

Authors

  • Eunike Milasari Listyaningrum Universitas Kristen Satya Wacana
  • Merlin Ayu Paulina Kamata Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Risti Supriani Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Meissy Meissy Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Deky Magay Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.25680

Keywords:

Game, Edukatif, Anak Usia Dini

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat pada masa ini membuat berbagai perubahan di setiap lini bidang kehidupan. Teknologi dapat dimanfaatkan untuk semua kalangan umur mulai dari orang dewasa hingga anak usia dini dan dapat menimbulkan dampak positif maupun dampak negatif bagi setiap penggunanya. Anak usia dini juga memanfaatkan teknologi tersebut untuk memainkan permainan yang telah tersedia. Tetapi tidak jarang mereka memilih permainan yang mengandung kekerasan dan tidak memberikan unsur edukatif bagi mereka. Selain itu, mereka sering memainkan game tersebut hingga lupa waktu dan mengesampingkan kewajibannya sebagai seorang anak maupun seorang pelajar. Hal tersebut terjadi pada anak sekolah minggu Gereja Kristen Jawa Salib Putih di Salatiga, mereka sering menggunakan teknologi untuk kesenangan pribadi dan dilakukan pada setiap waktu luang. Mereka akan meminjam gadget orang tua atau gadget milik pribadi untuk memainkan game online tersebut, padahal banyak game yang mereka pilih tidak mengandung unsur edukatif bagi mereka. Mereka memilih game tersebut dikarenakan sedang trend dimainkan oleh teman-teman mereka. Maka dari itu kami melaksanakan pengabdian kepada masyarakat ini sebagai upaya pengenalan game edukatif bagi anak usia dini untuk mengurangi kecanduan game online di GKJ Salib Putih Salatiga. Hasil dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah game edukatif dapat mengurangi kecanduan permainan game online bagi anak usia dini dan menambah pengetahuan mereka melalui game edukatif.

References

Esti Kurniawati Mahardika, T. S. (2023). Strategi Literasi Budaya Anak Usia Dini melalui Pengembangan Game Edukatif. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 80-93.

Sri Anjarwati, A. P. (2023). Efektifitas Aplikasi SI APIK untuk Kebutuhan Laporan Keuangan di Wisata Pemandian Air Panas Gunung Panjang Tumaritis Kabupaten Bogor. Dedikasi : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 232-247.

Sri Haryanto, R. Z. (2024). Pembelajaran Berbasis Game : Pelatihan membuat Media Pembelajaran Menarik dengan Teknologi. Community Development Journal, 868-883.

Tri Nugroho Budi Santoso, K. N. (2021). Pengembangan Media Game Edukasi sebagai Sistem Informasi Alternatif Ice Breaking Pembelajaran di Masa Pandemi. Jurnal Ecodunamika, 1-6.

Yeni Solfiah, H. F. (2022). Game Edukatif Berbasis Android untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2146-2158.

Zahra, A. D. (2023). Dampak Paparan Game Online pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Edukasi Anak, 156-165.

Downloads

Published

2024-02-06

How to Cite

Listyaningrum, E. M. ., Kamata, M. A. P. ., Supriani, R. ., Meissy, M., & Magay, D. . (2024). GAME EDUKATIF SEBAGAI UPAYA MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE ANAK USIA DINI DI GKJ SALIB PUTIH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 2160–2165. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.25680