TOXIC FRIENDSHIP COMMUNICATION BEHAVIOR (STUDI: MAHASISWA BPI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA)

Authors

  • Amsal Qori Dalimunthe Universitas Medan Area
  • Neng Nurcahyati Sinulingga Universitas Medan Area
  • Taufiq Ismail Koto Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Ditya Ananda Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25636

Keywords:

Perilaku Komunikasi, Mahasiswa, Pertemanan Beracun

Abstract

Perilaku komunikasi beracun seringkali terjadi dalam hubungan pertemanan antar teman sekelas. Hal tersebut bisa ditinjau dari segi bahasa yang digunakan kurang baik dan disertai perilaku yang buruk. Hubungan pertemanan yang seharusnya baik  menjadi rusak yang menyebabkan timbulnya sikap apatis. Perilaku komunikasi beracun tidak bisa dianggap sepele karena merugikan diri sendiri dan orang lain yang menyebabkan seseorang kurang percaya diri, memiliki perasaan cemburu yang berlebih bahkan trauma. Sehingga dilakukan penelitian untuk mengidentifikasi perilaku komunikasi beracun yang terjadi diantara mahasiswa bimbingan penyuluhan Islam. Metode penelitian yang digunakan deksriptif kualitatif yaitu penelitian dengan upaya mengungkap realitas atau kenyataan fenomena sosial. Adapun diambil sampel dari mahasiswa BPI UINSU 2022-2023 sebanyak 7 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi literature. Hasil penelitian ini menunjukkan perilaku komunikasi beracun diklasifikasikan dalam beberapa indicator yaitu pengkritik, tidak ada empati, keras kepala dan selalu bergantung. Selain itu perilaku komunikasi beracun menimbulkan dampak kompetisi yang berlebihan, pengkhianatan, kecemburuan, balas dendam, kemarahan, depresi dan insecure. Perilaku komunikasi beracun perlu diatasi agar tidak menimbulkan kerugian lagi dengan cara menetapkan batasan, langsung bicara dan menjauh.

References

Amir, M., Riveni, Wajdi., & Syukri. (2020). Perilaku Komunikasi Toxic Friendship (Studi Terhadap Mahasiswa Fisip Universitas Muhammadiyah Makassar). Jurnal Komunikasi dan Organisasi (J-KO), 2 (2), 93-111.

Jonathan, Alvin., Fladinand, Alfando., & Viviana, Fransisca. (2022). Teman dan Persoalan Hubungan Toxic Dalam Pandangan Etika Persahabatan Aristoteles. Praxis: Jurnal Filsafat Terapan, 1 (1), 45-58.

Kesuma, Ardha. (2021). Merawat Diri Merawat Bumi. Yogyakarta: Pandiva Buku

Praptiningsih, Novi Andayani., & Gilang, Kumari Putra. (2021). Toxic Relationship Dalam Komunikasi Interpersonal Di Kalangan Remaja. COMMUNICATION, 12 (2), 138-149.

Sejati, Sugeng., Lailatul, Badriyah., & Emellia, Afria Juniza. (2023). Dampak Negatif Perilaku Toxic Friendship Dengan Kualitas Pertemanan Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Islam Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu. ISTISYFA: Journal of Islamic Guidance and Counseling, 2 (1), 236-249.

Tanjung, Akbar., Dina, Yulianti., Dewi, Ratna Juwita., Amanda, Oktavia Safitri., & Arla, Alif Aqila. (2024). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Toxic Friendship di SMA Negeri (Studi Kasus di SMA N X). IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 2 (1)

Zubaidah., Putri, Yeni., & Irman. (2022). Assistance Of Toxic Friendship Students In Interpersonal Communication And Its Implications In Counseling. JURNAL MARAWA: MASYARAKAT RELIGIUS DAN BERWAWASAN, 1 (2)

Zulfah, Rania Firdausiah., Della, Wahyu Fitriyah., & Ani, Qotus Zuhro’ Fitriana. (2022). Analisis Dampak Manajemen Konflik Toxic Friendship Pada Santri di Pondok Pesantren Darul Arifin 2. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis (JEMB), 1 (2), 290-299. https://doi.org/10.47233/jemb.v1i2.733

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Dalimunthe, A. Q. ., Sinulingga, N. N. ., Koto, T. I. ., & Ananda, D. . (2024). TOXIC FRIENDSHIP COMMUNICATION BEHAVIOR (STUDI: MAHASISWA BPI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1826–1831. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25636