DUOLINGO SEBAGAI ALAT PEDAGOGIS DIGITAL: MENDORONG PENGEMBANGAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA SMK

Authors

  • Rachmawati Novaria 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Emma Martina Pakpahan Universitas Prima Indonesia
  • Ika Setiawati Universitas STIT Al Muslihuun Blitar
  • Puji Asmaul Chusna Universitas STIT Al Muslihuun Blitar
  • Much Deiniatur Universitas IAIN Metro

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25558

Keywords:

Pelatihan Bahasa Inggris, Duolingo, Siswa SMK

Abstract

Hasil pengabdian ini menggambarkan peran Duolingo sebagai alat pedagogis digital dalam mendorong pengembangan kosakata bahasa Inggris pada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Duolingo, sebagai aplikasi pembelajaran interaktif, memberikan akses ke modul pembelajaran yang beragam dan relevan dengan konteks industri, memungkinkan siswa mengasah keterampilan kosakata secara praktis. Interaktivitas aplikasi ini memperkaya pengalaman pembelajaran melalui latihan interaktif dan permainan kuis, menjadikan proses pembelajaran lebih menarik dan efektif. Keunggulan Duolingo terletak pada fleksibilitasnya, memungkinkan siswa SMK mengaksesnya kapan saja dan di mana saja, memberikan ruang untuk pembelajaran mandiri. Aplikasi ini juga memberikan umpan balik instan kepada guru, memungkinkan pemantauan kemajuan siswa dengan lebih efisien. Dengan pendekatan personalisasi, guru dapat menyesuaikan metode pengajaran sesuai dengan kebutuhan individu siswa. Secara keseluruhan, Duolingo bukan hanya sebuah alat pembelajaran bahasa Inggris, tetapi juga mitra strategis dalam mendukung pengembangan kosakata bahasa Inggris pada siswa SMK. Dengan inovasi, interaktivitas, dan fleksibilitasnya, Duolingo membawa pembelajaran bahasa Inggris ke tingkat yang lebih tinggi, membantu siswa SMK membangun keterampilan bahasa yang esensial untuk kesuksesan di dunia kerja global.

References

Afzal, N. (2019). A Study on Vocabulary Learning Problems Encountered by BA English Majors at the University Level of Education. Arab World English Journal. https://doi.org/10.24093/awej/vol10no 3.6

A?çam, R., & Babano?lu, M. (2015). Explicit and implicit types of corrective feedback in Turkish primary education. International Journal of Languages' Education and Teaching, 3(2), 126-132.

Budiharto, R. A., & Syahroni, A. W. (2020). Pendampingan Pemanfaatan Duolingo melalui Smartphone sebagai Alat Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Masyarakat. CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 339-346.

De Castro, A. P., da Hora Macedo, S., & Pinto Bastos, H. P. (2016). Duolingo: An experience in English teaching. Journal of Educational & Instructional Studies in the World, 6(4).

Dewangga, V., Wibowo, M. J., & Susanti, N. (2019). Pelatihan Aplikasi Duolingo bagi Siswa MA As-Shofa di Desa Jubung Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat dan Penelitian Pranata Laboratorium Pendidikan Politeknik Negeri Jember (pp. 266-269). Jember: Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Politeknik Negeri Jember.

Herlina, E., Yundayani, A., & Astuti, S. (2021). Penggunaan Duolingo sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara III (244-253).

Johar, R., & Hanum, L. (2021). Strategi Belajar Mengajar: Untuk Menjadi Guru yang Profesional. Syiah Kuala University Press.

Nalliveettil, G. M & Alenazi, T. H. K. (2016). The Impact of Mobile Phones on English Language Learning: Perceptions of EFL Undergraduates. Journal of Language Teaching and Research, 7(2), 264-272.

Pane, E. S., Novendra, R., Afriansyah, Bunda, Y. P., Bakti, I. R., & Turnandes, Y. (2023). Pelatihan Aplikasi Duolingo Bagi Guru Dan Siswa SMK Negeri 8 Pekanbaru. MEJUAJUA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 21-24.

Syarifah, E. F., Nurhidayat, E., & Fakhruddin, A. (2023). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi DUOLINGO untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Mandiri bagi Anggota Karang Taruna Desa Candrajaya. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 2102-2109.

Utari, D. A., Miftachudin, M., & Hasin, M. K. (2019). Aplikasi Android ‘Smart Technical English’Untuk Meningkatkan Keahlian Bahasa Inggris Mahasiswa Vokasi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 4(2), 51-58.

Yusri, I. K., Robert, G., and Carl, M. (2014). Teachers and mobile learning perception: towards a conceptual model of mobile learning for. Prosedia Social and Behavioral Sciences, 176, 425 – 430.

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Novaria, R. ., Pakpahan, E. M. ., Setiawati, I. ., Chusna, P. A. ., & Deiniatur, M. . (2024). DUOLINGO SEBAGAI ALAT PEDAGOGIS DIGITAL: MENDORONG PENGEMBANGAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA SMK. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1779–1784. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25558